PENGEMBANGAN TES DIAGNOSTIK FIVE-TIER UNTUK MENGIDENTIFIKASI MISKONSEPSI PESERTA DIDIK DALAM MATERI HIDROKARBON KELAS XI MIPA

  • Muhammad Rizky Fajar Universitas Lambung Mangkurat
  • Muhammad Kusasi Program Studi Pendidikan Kimia FKIP Universitas Lambung Mangkurat
  • Almubarak Almubarak Program Studi Pendidikan Kimia FKIP Universitas Lambung Mangkurat
Keywords: Model 4D, Tes Diagnostik Five-Tier, Miskonsepsi, Hidrokabon

Abstract

Telah dilakukan penelitian pengembangan instrument tes diagnostik  five-tier model 4D pada materi hidrokarbon. Penelitiaan ini bertujuan untuk mengetahui kevalidan, kepraktisan dan keefektifan dalam pengembangan menggunakan instrumen tes diagnostik five-tier untuk untuk mengetahui tingkat miskonsepsi pada peserta didik materi hidrokarbon. Subjek penelitian adalah peserta didik kelas XI MIPA 2 SMAN 1 Sungai Tabuk dengan jumlah siswa 23 orang. Pengambilan sampel menggunakan teknik random sampling. Hasil penelitian menunjukkan (1) Terdapat empat konsep hidrokarbon yang memiliki persentase diatas 50% mengalami miskonsepsi konsep-konsep hidrokarbon tersebut iyalah pengelompokan hidrokarbon, tata nama hidrokarbon, sifat fisik hidrokarbon dan isomer. Dari tingkat kevalidan diperohel hasil sangat valid yang dipeoleh dari para ahli dan jawaban siswa yang diukur menggunakan SPSS. Kepraktisan diperoleh dari peserta didik yang mengisi angket dengan memberi skor 4 hingga 5 yang menandakan intrumen sudah dapat diterima dan diperkuat dengan wawancara kebeberapa peserta didik. Keefektifan  diperoleh hasil dimana instrument sudah dinyatakan efektif karna sudah dapat mengukur tingkat pemahaman peserta didik dan diperkuat dengan hasil dari tingkat kesukaran, daya pembeda, reabilitas, dan validitas. Oleh karena itu, instrument tes diagnostik five-tier ini layak digunakan untuk mengukur dalam materi hidrokarbon.

 

References

Inggit, S. M., Liliawati, W., & Suryana, I. (2021). identifikasi miskonsepsi dan penyebabnyamenggunakan instrumen five-tier fluid static tes (5TFST) pada peserta didik kelas XI sekolah menengah atas. Journal of teaching and learning physics, 6(1), 49-68.

Kamal, S., & Mulhayatiah, D. (2019). identifikasi miskonsepsi menggunakan tes diagnostik three-tier pada hukum newton dan penerapannya. Journal of teaching and learning physics, 1(1), 34-39.

Liliawati, W., & Ramalis, T. R. (2019). identifikasi miskonsepsi materi IPBA di SMA dengan menggunakan CRI (Certainly of Respons Indekx) dalam upaya perbaikan dan pengembangan materi IPBA pada KTSP . jurnal pendidikan dan penerapan MIPA fakultas MIPA, Universitas Negeri Yogyakarta, 159-168.

Mellyzar, Fakhrah, & Isnani. (2022). Analisis Miskonsepsi Siswa SMA: Menggunakan Instrumen Three Tier Multiple Choice pada. EDUKATIF: JURNAL ILMU PENDIDIKAN, 2556-2564.

Mubarokah, A. R., & Hakim, D. L. (2022). MISKONSEPSI MATEMATIS DALAM PEMAHAMAN KONSEP PADA MATERI ARITMATIKA SOSIAL. Sesiomadika, 476.

Nurhidayah, Suharto, B., & Leny. (2020). PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN INKUIRI TERBIMBING MATERI REAKSI REDOKS. JCAE (journal of chemistry and education), 4(2), 67-72.

Rokhim, D. A., Rahayu, S., & Dasna, W. (2023). Analisis Miskonsepsi Kimia dan Instrumen Diagnosisnya: Literatur Review. Jurnal Inovasi Pendidikan Kimia, 26.

Published
2024-04-13
How to Cite
Fajar, M., Kusasi, M., & Almubarak, A. (2024). PENGEMBANGAN TES DIAGNOSTIK FIVE-TIER UNTUK MENGIDENTIFIKASI MISKONSEPSI PESERTA DIDIK DALAM MATERI HIDROKARBON KELAS XI MIPA. JCAE (Journal of Chemistry And Education), 6(3), 129-138. https://doi.org/10.20527/jcae.v6i3.1836