PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN INTERAKTIF TERINTEGRASI ETNOSAINS UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN LITERASI SAINS DAN MOTIVASI BELAJAR PESERTA DIDIK PADA MATERI HIDROLISIS GARAM

  • Nurul Azkia Universitas Lambung Mangkurat
  • Muhammad Kusasi
  • Syahmani Syahmani
Keywords: etnosains, literasi sains, media pembelajaran interaktif, motivasi belajar.

Abstract

Pengembangan media pembelajaran interaktif terintegrasi etnosains perlu dilakukan karena media jenis ini belum tersedia, terutama pada materi hidrolisis garam. Penelitian bertujuan untuk mendeskripsikan kelayakan (validitas, kepraktisan, dan keefektifan) media pembelajaran interaktif menggunakan terintegrasi etnosains untuk meningkatkan kemampuan literasi sains dan motivasi belajar peserta didik. Penelitian ini menggunakan desain model penelitian pengembangan 4D (Define, Design, Developmet, Disseminate). Uji coba media pembelajaran dilakukan di Kelas XI IPA SMA Negeri 3 Martapura tahun ajaran 2021/2022. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pengembangan media pembelajaran berdasarkan pada kriteria: (1) Validitas; ditinjau dari aspek isi, penyajian, bahasa, dan media memperoleh skor rata-rata 95,32 (sangat valid). (2) Kepraktisan, ditinjau dari hasil keterbacaan media pembelajaran pada uji perseorangan sebesar 4,08 (baik) dan uji kelompok kecil sebesar 4,32 (sangat baik), Hasil angket repon peserta didik adalah 3,9 (baik), dan hasil observasi keterlaksanaan pembelajaran adalah 4,51 (sangat baik), (3) Keefektifan, ditinjau dari peningkatan kemampuan literasi sains dengan skor N-gain 0,49 (sedang) dan motivasi belajar dengan skor N-gain 0,61 (sedang). Dengan demikian, media pembelajaran interaktif terintegrasi etnosains pada materi hidrolisis garam layak digunakan untuk meningkatkan kemampuan literasi sains dan motivasi belajar peserta didik pada pembelajaran kimia.

References

Anjalina, E., Khaeruman, & Mashami, R. A. (2018). Pengembangan Multimedia Interaktif Hidrolisis Garam Berbasis Problem Based Learning Untuk Penumbuhan Keterampilan Generik Sains Siswa. JPIn (Jurnal Pendidik Indonesia), 02(02), 1–10. https://doi.org/10.47165/jpin.v2i2.71
Ariningtyas, Agnes, & Wardani, S. (2017). Efektivitas Lembar Kerja Siswa Bermuatan Etnosains Materi Hidrolisis untuk Meningkatkan Literasi Sains Siswa SMA. Jurnal Penelitian Dan Pengembangan Pendidikan, 6(2), 258–273.
Burkhardt, G., Monsour, M., Valdez, G., Gunn, C., Dawson, M., Lemke, C., Coughlin, E., Thadani, V., & Martin, C. (2003). En Gauge 21st Century Skills for 21st Century Learner. Metiri Group.
Hake, R. R. (1998). Analyzing Change/ Gain Scores. Indiana University. http:www.physics.indiana.edu/-sdi/Analyzingchange-Gain.pdf
Ihsan, M. S., & Jannah, S. W. (2021). Analisis Kemampuan Literasi Sains Peserta Didik Dalam Pembelajaran Kimia Menggunakan Multimedia Interaktif Berbasis Blended Learning. EduMatSains : Jurnal Pendidikan, Matematika, Dan Sains, 6(1), 197–206. https://doi.org/10.33541/edumatsains.v6i1.2934
Jefriadi, Sahputra, R., & Erlina. (2014). Deskripsi Kemampuan Representasi Mikroskopik dan Simbolik Siswa SMA Negeri di Kabupaten Sambas Materi Hidrolisis Garam. Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Khatulistiwa, 3(1). https://doi.org/10.26418/jppk.v3i1.4431
Khoiriyah, Z., Astriani, D., & Qosyim, A. (2021). Efektifitas Pendekatan Etnosains dalam Pembelajaran Daring Untuk Meningkatkan Motivasi dan Hasil Belajar Siswa Materi Kalor. Pensa E-Jurnal: Pendidikan Sains, 9(3), 433–442.
Kusasi, M., Fahmi, F., Sanjaya, R. E., Riduan, M., & Anjani, N. (2021). Feasibility of STEM-based basic chemistry teaching materials to improve students ’ science literature in wetland context Feasibility of STEM-based basic chemistry teaching materials to improve students ’ science literature in wetland context. Journal of Physics: Conference Series, 1–8. https://doi.org/10.1088/1742-6596/2104/1/012022
Mardianti, I., Kasmantoni, & Walid, A. (2020). Pengembangan Modul Pembelajaran IPA Berbasis Etnosains Materi Pencemaran Lingkungan Untuk Melatih Literasi Sains Siswa Kelas VII di SMP. Bio-Edu: Jurnal Pendidikan Biologi, 5(2), 97–106. https://doi.org/10.32938/jbe.v5i2.545
Muslim, B., & Soyusiawaty, D. (2019). Pengembangan Multimedia Interaktif Pada Materi Hidrolisis Garam Untuk Siswa Kelas XI SMA/MA (Studi Kasus : SMA Negeri 1 Ngaglik Sleman). JSTIE (Jurnal Sarjana Teknik Informatika) (E-Journal), 7(1), 34–43. https://doi.org/10.12928/jstie.v7i1.15802
Nabilah, L. N. (2020). Pengembangan Keterampilan Abad 21 Dalam Pembelajaran Fisika Di Sekolah Menengah Atas Menggunakan Model Creative Problem Solving. https://doi.org/10.31219/osf.io/6vwhd
Nova, E., Nisa, C., Rusilowati, A., & Wardani, S. (2019). The Analysis of Student Science Literacy in Terms of Interpersonal Intelligence. Journal of Primary Education, 8(2), 161–168.
Nuroso, H., Supriyadi, & Sarwi. (2018). Identification of Indigenous Science in the Brick-Making Process Through Etnoscience Study. Journal of Physics: Conference Series, 983, 1–5. https://doi.org/10.1088/1742-6596/983/1/012172
Purwaningtyas, H., Hartanto, T. J., & Sinulingga, P. (2020). Penerapan Pembelajaran IPA Berorientasi Pendekatan Ilmiah Pada Topik Pesawat Sederhana di SMP. Vidya Karya, 35(1), 11–20. https://doi.org/10.20527/jvk.v35i1.10550
Rahmah, A. (2021). Analisis Korelasi Untuk Menentukan Hubungan Literasi Sains Dan Motivasi Berprestasi Terhadap Hasil Belajar Pendidikan Agama Islam. Al-Munawwarah : Jurnal Pendidikan Islam, 13(2), 1–22.
Rahmi, C., Mujakir, & Febriani, P. (2021). Kemampuan Representasi Submikroskopik Siswa Pada Konsep Ikatan Kimia. Lantanida Journal, 9(1), 62–74. https://doi.org/10.22373/lj.v9i1.9336
Schkeicher, A. (2019). PISA 2018: Insights and interpretations. OECD Publishing.
Simarmata, Passarella, Y. V., Riris, & Duma, I. (2021). Pengaruh Penggunaan Media Pembelajaran Kimia Interaktif iSpring Presenter Terhadap Hasil Belajar dan Motivasi Siswa pada Materi Laju Reaksi. Prosiding Seminar Nasional Kimia & Pendidikan Kimia, 201–211.
Sugiyono. (2010). Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Alfabeta.
Sumarni, W. (2018). Etnosains Dalam Pembelajaran Kimia: Prinsip, Pengembangan dan Imlementasinya. Unnes Press.
Surjono, H. D. (2017). Multimedia Pembelajaran Interaktif Konsep dan Pengembangan. UNY Press.
Sutrisna, N. (2021). Analisis Kemampuan Literasi Sains Peserta Didik SMA di Kota Sungai Penuh. Jurnal Inovasi Penelitianitian, 1(12), 2683.
Syah, R., Winarno, R. A. J., Kurniawan, I., Robani, M. Y., & Nur, N. (2020). Pengaruh Motivasi Belajar dan Pola Asuh Keluarga Terhadap Kemampuan Literasi Sains. Prosiding Seminar Nasional Sains, 1(1), 332–338.
Syahmani, Rahmatilah, J., Winarti, A., Kusasi, M., Iriani, R., & Dwi Prasetyo, Y. (2022). Development of Guided Inquiry Lesson Based on Ethnoscience E-Modules to Improve Students ’ Problem -solving Ability in Chemistry Class. Journal of Innovation and Cultural Research, 3(4), 670–682. https://doi.org/10.24036/ekj.v2.i3.a186
Thiagarajan, S., Semmel, D. S., & Semmel, M. I. (1974). Instructional Development for Training Teachers of Exceptional Children: A Sourcebook. Indiana University.
Wahyuni, A., & Yusmaita, E. (2020). Perancangan Instrumen Tes Literasi Kimia Pada Materi Asam dan Basa Kelas XI SMA/MA. Edukimia, 2(3), 106–111. https://doi.org/10.24036/ekj.v2.i3.a186
Wiyarsi, A., Pratomo, H., & Priyambodo, E. (2020). Vocational High School Students’ Chemical Literacy on Context-Based Learning: A Case of Petroleum Topic. Journal of Turkish Science Education, 17(1), 147–161.
Yunita, A., Saadi, P., & Kusasi, M. (2018). Pemanfaatan Sumber Belajar Dari Lingkungan Lahan Basah Melalui Pendekatan CTL Terhadap Hasil Belajar Pada Pembelajaran Larutan Asam Basa. 20–28.
Zidny, R., & Eilks, I. (2020). Integrating Perspectives from Indigenous Knowledge and Western Science in Secondary and Higher Chemistry Learning to Contribute to Sustainability Education. Sustainable Chemistry and Pharmacy, 16, 1–9. https://doi.org/10.1016/j.scp.2020.100229
Published
2024-04-13
How to Cite
Azkia, N., Kusasi, M., & Syahmani, S. (2024). PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN INTERAKTIF TERINTEGRASI ETNOSAINS UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN LITERASI SAINS DAN MOTIVASI BELAJAR PESERTA DIDIK PADA MATERI HIDROLISIS GARAM. JCAE (Journal of Chemistry And Education), 6(3), 117-128. https://doi.org/10.20527/jcae.v6i3.1825