PENGEMBANGAN MEDIA ELECTRONIC CHEMISTRY POCKET BOOK (E-CPB) TERINTEGRASI MIND MAPPING SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PADA MATERI KOLOID BERKONTEN LAHAN BASAH

  • Badriyah Badriyah Universitas Lambung Mangkurat
  • Iriani Bakti Program Studi Pendidikan Kimia FKIP Universitas Lambung Mangkurat
  • Almubarak Almubarak Program Studi Pendidikan Kimia FKIP Universitas Lambung Mangkurat
Keywords: electronic chemistry pocket book, lahan basah, mind mapping, hasil belajar

Abstract

Pengembangan Electronic Chemistry Pocket Book (E-CPB) terintegrasi mind mapping pada materi koloid berbasis lahan basah bertujuan untuk mengetahui validitas, praktikalitas dan efektifitas. Metode penelitian yang digunakan adalah PPE yang terdiri dari (planning) (production), dan (evaluation). Subjek penelitian ini yaitu 32 orang peserta didik kelas XI MIPA 2 SMA Negeri 2 Banjarmasin. Hasil penelitian menunjukkan bahwa e-book yang dikembangkan dinyatakan valid dari aspek kelayakan  isi 94,54%, penyajian 87,27%, bahasa 86,81% dan media 93,75% dengan kategori masing-masing sangat valid. E-book yang telah memenuhi memenuhi aspek praktikalitas dilihat dari angket keterbacaan e-book pada uji perorangan memperoleh rata-rata 3,44 dan kelompok kecil memperoleh rata-rata 3,4 dengan  kategori sangat baik. Angket respon guru dan peserta didik memperoleh skor masing-masing 3,4 dengan ketegori sangat baik. Lembar praktikalitas menggunakan e-book rata rata 3,42 hari pertama, 3,60 hari kedua, 3,67 hari ketiga kategori sangat baik serta lembar praktikalitas guru mengelola kelas rata-rata 3,31 hari pertama, 3,64 hari kedua, 3,71 hari ketiga dengan ketegori sangat baik. E-book juga telah memenuhi aspek efektifitas yang dilihat berdasarkan N-gain 0,86 termasuk dalam kategori tinggi.

References

Akbar, S. (2013). Instrumen Perangkat Pembelajaran. Bandung: Rosdakarya

Astuti, I. A. D., Dasmo, D., & Sumarni, R. A. (2018). Pengembangan media pembelajaran berbasis android dengan menggunakan aplikasi Appypie di SMK Bina Mandiri Depok. Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 24(2), 695-701.https://doi.org/10.24114/jpkm.v24i2.10525.

Buzan, T. (2006). Buku Pintar Mind Mapping. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama.

Eli, R. N., & Sari, S. (2018). Pembelajaran Sistem Koloid Melalui Media Animasi untuk Meningkatkan Aktivitas dan Hasil Belajar Siswa. JTK (Jurnal Tadris Kimiya), 3(2), 135-144. http://doi/10.15575/Jtk.V3i2.3713.

Hamalik, O. (2009). Proses Belajar Mengajar. Jakarta: Pt Bumi Aksara.

Hendriana, E. C. (2018). Pengaruh Keterampilan Guru Dalam Mengelola Kelas Terhadap Hasil. Jurnal Pendidikan Dasar Indonesia, 3(2) 46-49. https://dx.doi.org/10.26737/jpdi.v3i2.780.

Hilmiyah, P. J., Krisdiana, I., Susanti, V. D., & Andari, T. (2020, February). Development of mind mapping pocket book in quadrangular materials to improve self regulated learning of grade VII junior high school students. In Journal of Physics: Conference Series (Vol. 1464, No. 1, p. 012004). IOP Publishing. https://doi: 10.1088/1742-6596/1464/1/012004.

Irawati, A. E., & Setyadi, D. (2021). Pengembangan E-Modul matematika pada materi perbandingan berbasis android. Jurnal Cendekia: Jurnal Pendidikan Matematika, 5(3), 3148-3159. https://doi.org/10.31004/cendekia.v5i3.467

Kurniawati, L., & Mitarlis, M. (2020). PENGEMBANGAN MEDIA CPB DENGAN STRATEGI MIND MAPPING MATERI HIDROKARBON UNTUK MENINGKATKAN MINAT BACA PESERTA DIDIK. UNESA Journal of Chemical Education, 9(3), 379-386. https://doi.org/10.26740/ujced.v9n3.p379-386

Komite, L. B. (2004). Strategi Nasional Dan Rencana Aksi Pengelolaan Lahan Basah Indonesia. Jakarta: Perpustakaan Nasional.

Masgumelar, N. K., & Mustafa, P. S. (2021). Teori Belajar Konstruktivisme dan Implikasinya dalam Pendidikan dan Pembelajaran. GHAITSA: Islamic Education Journal, 2(1), 49-57.

Pradilasari, L., Gani, A., & Khaldun, I. (2019). Pengembangan media pembelajaran berbasis audio visual pada materi koloid untuk meningkatkan motivasi dan hasil belajar siswa SMA. Jurnal Pendidikan Sains Indonesia (Indonesian Journal of Science Education), 7(1), 9-15. https://doi.org/ 10.24815/Jpsi.V7i1.13293.

Safitri, W., Budiarso, A. S., & Wahyuni, S. (2022). Uji Kelayakan E-LKPD Berbasis Problem Based Learning (PBL) Untuk Meningkatkan Keterampilan Proses Sains Siswa SMP. Jurnal Penelitian Pembelajaran Fisika, 13(1), 59-70. http://doi.org/10.26877/Jp2f.V13i1.11389.

Setiadi, T., & Zainul, R. (2019). Pengembangan E-Modul Asam Basa Berbasis Discovery Learning untuk Kelas XI SMA/MA. EduKimia, 1(1), 1-9. https://doi.org/10.24036/ekj.v1i1.104019.

Sugiyono. (2019). Metode Penelitian Dan Pengembangan Research And Development . Bandung: Cv Alfabeta.

Sulfemi, W. B. (2019). Model pembelajaran kooperatif mind mapping berbantu audio visual dalam meningkatkan minat, motivasi dan hasil belajar IPS. Jurnal PIPSI (Jurnal Pendidikan IPS Indonesia), 4(1), 13-19. https://dx.doi.org/10.26737/jpipsi.v4i1.1204.

Widoyoko, E. P. (2018). Teknik Penyusunan Instrumen Penelitian. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Zebua, S. N., Siahaan, E., & Erlina, E. (2021). Pengaruh Kecerdasan Emosional, Kreativitas, dan Kemampuan Menyesuaikan Diri terhadap Kinerja Guru SMA. Edukatif: Jurnal Ilmu Pendidikan, 3(6), 3509-3519. https://doi.org/10.31004/edukatif.v3i6.923.

Published
2023-04-15
How to Cite
Badriyah, B., Bakti, I., & Almubarak, A. (2023). PENGEMBANGAN MEDIA ELECTRONIC CHEMISTRY POCKET BOOK (E-CPB) TERINTEGRASI MIND MAPPING SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PADA MATERI KOLOID BERKONTEN LAHAN BASAH. JCAE (Journal of Chemistry And Education), 6(2), 98-108. https://doi.org/10.20527/jcae.v6i2.1772