PENGEMBANGAN E-LKPD BERBASIS MODEL PROBLEM SOLVING UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS PESERTA DIDIK PADA MATERI LARUTAN ELEKTROLIT DAN NON ELEKTROLIT DALAM KONTEKS LAHAN BASAH

  • Evi Rosalinda Universitas Lambung Mangkurat
  • Abdul Hamid
  • Muhammad Kusasi
Keywords: E-LKPD; larutan elektrolit dan non elektrolit; berpikir kritis

Abstract

Penelitian pengembangan ini bertujuan untuk mengetahui validitas, praktikalitas, dan efektivitas produk E-LKPD yang dikembangkan. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian pengembangan ini adalah Research and Development (R&D) dengan model pengembangan 4D yaitu: define (pendefinisian), design (perancangan), develop (pengembangan), dan disseminate (penyebaran). E-LKPD yang dikembangkan diuji cobakan pada 38 orang peserta didik kelas X MIPA 2 SMAN 7 Banjarmasin. Hasil penelitian menunjukkan bahwa E-LKPD yang dikembangkan dinyatakan sangat valid dilihat dari hasil validasi aspek kelayakan isi (99%), penyajian (96,25%), bahasa (99,3%), dan media (98,75%). E-LKPD yang dikembangkan juga telah memenuhi aspek praktikalitas yang dilihat dari hasil angket keterbacaan E-LKPD pada uji coba perorangan (81,67%) dan kelompok kecil (94%) yang termasuk kategori sangat praktis. Angket respon peserta didik memperoleh rata-rata skor 3,4 dengan persentase 85,65% yang termasuk kategori sangat praktis dan angket respon guru memperoleh rata-rata skor 3,3 dengan persentase 82,5% yang termasuk dalam kategori sangat praktis. Lembar observasi kemampuan guru menggunakan E-LKPD memperoleh persentase 87,5% dengan rata-rata skor 3,5 yang termasuk kategori sangat baik dan lembar observasi kemampuan guru mengelola kelas memperoleh persentase 96,25% dengan rata-rata skor 3,85 yang termasuk kategori sangat baik. E-LKPD juga telah memenuhi aspek efektivitas yang dilihat dari hasil rata-rata N-gain kemampuan berpikir kritis peserta didik yaitu 0,77 yang termasuk kategori tinggi. Hasil dari penelitian ini menunjukkan produk yang dikembangkan yaitu E-LKPD berbasis model Problem Solving telah memenuhi aspek validitas, praktikalitas, dan efektivitas.

 

References

Akbar, S. (2013). Instrumen Perangkat Pembelajaran. Bandung: Rosdakarya.

Almubarak, Nawidi, M. F., Nurrusshobah, & Sadiah, S. D. (2021). Validitas & Praktikalitas: Modul Kibas Asah (Kimia Berbasis Lahan Basah) Terintegrasi AR-Sparkol pada Materi Larutan Penyangga sebagai Media Pembelajaran Inovatif. Journal of Mathematics, Science, and Computer Education (JMSCEdu), 1 (1), 1-14. https://doi.org/10.20527/jmscedu.v1i1.3398

Apriyanto, C., Yusnelti, & Asriial. (2019). Pengembangan E-LKPD Berpendekatan Saintifik Larutan Elektrolit dan Non Elektrolit. Journal of the Indonesia Society of Integrated Chemistry, 11 (1), 1-39. https://doi.org/10.22437/jisic.v11i1.6843

Arikunto, S. (2009). Dasar-dasar Evaluasi Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara.

Asmaryadi, A. I., Darniyanti, Y., & Nur, N. (2022). Pengembangan Bahan Ajar E-LKPD Berbasis MIKiR dengan Menggunakan Live Worksheets pada Muatan IPA di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 6 (4), 7377-7385. https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i4.3521

Ati, T. P., & Setiawan, Y. (2020). Efektivitas Problem BAsed Learning-Problem Solving Kemampuan Berpikir Kritis Dalam Pembelajaran Matematika Siswa Kelas V. Jurnal Cendekia: Jurnal Pendidikan Matematika, 04 (01), 294-303. https://doi.org/10.31004/cendekia.v4i1.209

Farman, Hali, F., & Rawal, M. (2021). Development of E-LKPD Using Live Worksheets for Online Mathematics Learning During COVID-19. Journal of Mathematics Education, 6 (1), 36-42. https://doi.org/10.31327/jme.v6i1.1626

Hami, R. P. (2021). Pengembangan LKPD Berbasis Chemo-Edutainment (CET) pada Materi Stoikiometri. Lantanida Journal, 9 (1), 38-49. http://dx.doi.org/10.22373/lj.v9i1.8727

Handayani, E. T., Herdini, & Susilawati. (2021). Pengembangan LKPD Berbasis ICARE (Introduction, Connect, Apply, Reflect, Extend) pada Materi Penentuan Perubahan Entalpi Untuk SMA/MA. Journal of Research and Rducation Chemistry (JREC), 3 (1), 1-13. https://doi.org/10.25299/jrec.2021.vol3(1).6210

Iriani, R., Herlina, A., Irhasyuarna, Y., & Sanjaya, R. E. (2019). Modul Pembelajaran Problem-Based Learning Berbasis Lahan Basah untuk Mempersiapkan Calon Pendidik Berwawasan Lingkungan Lahan Basah. Jurnal Inovasi Pendidikan IPA, 5 (1), 54-68. http://dx.doi.org/10.21831/jipi.v5i1.23337

Kasmiati, Tahril, & Tiwow, V. A. (2020). Effect of problem Based Learning Model on the Chemical Reaction Rate toward Critical Thinking Ability of Students. Jurnal Akademika Kimia, 9 (4), 183-190. https://doi.org/10.22487/j24775185.2020.v9.i4.pp183-190

Liani, M. A., Irhasyuarna, Y., & Hamid, A. (2020). Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Group Investigation Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis dan Hasil Belajar Siswa Pada Materi Hidrokarbon. Journal of Chemistry and Education, 4 (2), 46-51. https://doi.org/10.20527/jcae.v4i2.621

Ma'sumah, A., & Mitarlis. (2021). Pengembangan LKPD Berorientasi STEM dengan Model PjBL Materi Larutan Elektrolit Nonelektrolit dengan Memanfaatkan Bahan Sekitar. Jurnal Inovasi Pembelajaran Kimia, 3 (1), 22-34. https://doi.org/10.24114/jipk.v3i1.23222

Mulyani, R., Rudibyani, R., & Efkar, T. (2018). Efektivitas LKS Berbasis Multipel Representasi dalam Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis. Jurnal FKIP UNILA, 1 (1), 1-12.

Ni'mah, S., Lestari, N. C., & Adawiyah, R. (2018). Pengembangan dan Uji Validasi Perangkat Pembelajaran SMA Berbasis Kurikulum 2013 pada Konsep Sistem Pencernaan. Jurnal Pendidikan Hayati, 4 (1), 22-30. https://doi.org/10.33654/jph.v4i1.446

Normalasarie, & Aulia, S. (2019). Pengembangan Media Pembelajaran Ilmu Sosial Budaya Berbasis Kearifan Lokal (Kain Sasirangan Khas Kalimantan). Elementa: Jurnal Prodi PGSD STKIP PGRI Banjarmasin, 1 (1), 61-70. https://doi.org/10.33654/pgsd.v1i1.495

Prastika, Y., & Masniladevi, M. (2021). Pengembangan E-LKPD Interaktif Segi Banyak Beraturan dan Tidak Beraturan Berbasis Liveworksheets Terhadap Hasil Belajar Peserta Didik Kelas IV Sekolah Dasar. Journal of Basic Education Studies, 4 (1), 2601-2614.

Rahma, Y., Solehah, G. H., & Mashuri, M. T. (2019). Implementasi Media Permainan Ular Tangga pada Materi Tata Nama Senyawa Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas X SMA Negeri 10 Banjarmasin. Dalton: Jurnal Pendidikan Kimia dan Ilmu Kimia, 2 (1), 28-37. http://dx.doi.org/10.31602/dl.v2i1.1997

Riduwan. (2015). Skala Pengukuran Variabel-variabel Penelitian. Bandung: Alfabeta.

Sugiyono. (2015). Metode Penelitian & Pengembangan. Bandung: Alfabeta.

Tazkia, Z., Sahyar, S., & Juliani, R. (2019). Web-Based Interactive Multimedia Feasibility at High School Level. Jurnal Pendidikan Fisika, 8(1), 19-28. https://doi.org/10.22611/jpf.v8i1.12651

Wardani, O. P. (2017). Analisis Kelayakan Iis dan Bahasa Pada Buku Tesk SMA "Bahasa Indonesia Ekspresi Diri dan Akademik" Kelas X SMA. Jurnal Pendidikan Bahasa Indonesia, 75-82.

Winoto, Y. C., & Prasetyo, T. (2020). Efektivitas Model Problem Based Learning dan Discovery Learning Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 4 (2),228-238. https://doi.org/10.31004/basicedu.v4i2.348

Published
2023-04-15
How to Cite
Rosalinda, E., Hamid, A., & Kusasi, M. (2023). PENGEMBANGAN E-LKPD BERBASIS MODEL PROBLEM SOLVING UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS PESERTA DIDIK PADA MATERI LARUTAN ELEKTROLIT DAN NON ELEKTROLIT DALAM KONTEKS LAHAN BASAH. JCAE (Journal of Chemistry And Education), 6(2), 64-76. https://doi.org/10.20527/jcae.v6i2.1685