PENERAPAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING BERVISI SETS TERHADAP KETERAMPILAN BERPIKIR KRITIS PADA MATERI MINYAK BUMI KELAS XI MIPA

  • Dwi Damayanti Program Studi Pendidikan Kimia FKIP Universitas Lambung Mangkurat
  • Leny Leny Program Studi Pendidikan Kimia FKIP Universitas Lambung Mangkurat
  • Abdul Hamid Program Studi Pendidikan Kimia FKIP Universitas Lambung Mangkurat
Keywords: problem based learning, SETS, keterampilan berpikir kritis

Abstract

Tujuan riset ini adalah agar diketahui perbandingan keterampilan berpikir kritis, hasil belajar dan respon peserta didik sesudah mengimplementasikan model problem based learning bervisi SETS. Materi yang digunakan adalah minyak bumi. Sampel diambil dari mempergunakan teknik purposive sampling dengan metode quasi experiment berdesain equivalent pretest-posttest control grup design. Kelas eksperimen mengaplikasikan model problem based learning bervisi SETS, sementara kelas kontrol mengaplikasikan model ekspositori. Teknik analisis data berupa analisis deskrptif dan inferensial menerapkan uji-t. Pengumpulan data menggunakan teknik tes dan non-tes. Hasil riset memperlihatkan bahwa (1) terdapat perbedaan keterampilan berpikir kritis antara peserta didik kelas eksperimen dan kelas kontrol (2) terdapat perbedaan hasil belajar ranah pengetahuan antara peserta didik kelas eksperimen dan kelas kontrol (3) respon peserta didik terhadap model problem based learning bervisi SETS sangat positif.

References

Akcay, H., & Yager. (2010). The Impact of a Science Technology Society Teaching Approach on Student Learning in Five Domains. Journal of Science Education Technology, XIX, 602-611.

Astyana, K., Leny, & Saadi, P. (2017). Pengaruh Model Inkuiri Terbimbing Bervisi SETS terhadap Keterampilan Proses Sains dan Hasil Belajar Larutan Penyangga Peserta Didik Kelas XI PMIA SMAN 3 Banjarmasin. Journal of Chemistry and Education, I(1), 65-72.

Binadja, A. (2005). Pedoman Pengembangan Bahan Pembelajaran Bervisi dan Perpendekatan SETS. Semarang: Laboratorium SETS Universitas Semarang.

Darmini, Y., Kamaluddin, & Lamba, H. A. (2013). Implementasi Model SETS (Science Environment Technology Society) dalam Pembelajaran Fisika Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas IX SMP Negeri 13 Palu. Jurnal Pendidikan Fisika Tadulako, I(4), 49-53.

Diani, R., Saregar, A., & Ifana, A. (2016). Perbandingan Model Pembelajaran Problem Based Learning dan Inkuiri Terbimbing terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Peserta Didik. Jurnal Penelitian Pembelajaran Fisika, 147-155.

Hosnan. (2016). Pendekatan Saintifik dan Kontekstual dalam Pembelajaran Abad 21. Bogor: Ghalia Indonesia.

Ismulyati, S., & Ramadhan, F. (2017). Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning (PBL) Berbasis Lingkungan Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa pada Materi Sistem Koloid. Jurnal Edukasi Kimia, II, 66-71.

Komalasari, K. (2010). Pembelajaran Kontekstual Konsep dan Aplikasi. Bandung: Rafika Aditama.

Lasmawan, & Wayan. (2010). Menelisik Pendidikan IPS dalam Perspektif Kontekstual-Empiris. Singaraja: Mediakom Indonesia Press Bali.

Luzywati, L. (2015). Model Pembelajaran Sains Teknologi Masyarakat (STM) Untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa pada Pencemaran Air. Wacana Didaktika, III(19), 48.

Nugraha, D., Binadja, A., & Supartono. (2013). Pengembangan Bahan Ajar Reaksi Redoks Bervisi SETS Berorientasi Kontruktivistik. Journal of Innofative Science Education, II, 27-34.

Nugraheni, D., Mulyani, S., & Ariani, S. R. (2013). Pengaruh Pembelajaran Bervisi dan Berpendekatan SETS terhadap Prestasi Belajar Ditinjau dari Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Kelas X SMAN 2 Sukoharjo pada Materi Minyak Bumi Tahun Pelajaran 2011-2012. Jurnal Pendidikan Kimia, II, 34-41.

Nuryanto, & Binadja, A. (2010). Efektivitas Pembelajaran Kimia dengan Pendekatan Salingtemas Ditinjau dari Minat dan Hasil Belajar Siswa. Jurnal Inovasi Pendidikan Kimia, IV, 552-556.

Setyorini, U., Sukiswo, S., & Subali, B. (2011). Penerapan Model Problem Based Learning Untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa SMP. Jurnal Pendidikan Fisika Indonesia, VII, 52-56.

Shaer, A. E., & Gaber. (2014). Impact of Problem Based Learning on Student Critical Thinking Disponsitations, Knowledge,and Retention. Journal of Education and Practic, III, 66-75.

Sunaryo, Y. (2014). Model Pembelajaran Berbasis Masalah Untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis dan Kreatif Matematika Siswa di Kota Tasikmalaya. Jurnal Pendidikan dan Keguruan, I(2), 41-51.

Yulistiana. (2015). Penelitian Pembelajaran Berbasis SETS (Science, Environment, Technology and Society) dalam Pendidikan Sains. Jurnal Formatif, V, 76-82.
Published
2022-12-07
How to Cite
Damayanti, D., Leny, L., & Hamid, A. (2022). PENERAPAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING BERVISI SETS TERHADAP KETERAMPILAN BERPIKIR KRITIS PADA MATERI MINYAK BUMI KELAS XI MIPA. JCAE (Journal of Chemistry And Education), 6(1), 13-21. https://doi.org/10.20527/jcae.v6i1.1600