MENINGKATKAN SELF EFFICACY DAN HASIL BELAJAR MELALUI PENGGUNAAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING PADA MATERI LARUTAN ELEKTROLIT DAN NONELEKTROLIT

  • Riska Melinda Halnas Program Studi Pendidikan Kimia FKIP Universitas Lambung Mangkurat
  • Muhammad Kusasi Program Studi Pendidikan Kimia FKIP Universitas Lambung Mangkurat
  • Arif Sholahuddin Program Studi Pendidikan Kimia FKIP Universitas Lambung Mangkurat
Keywords: self efficacy, hasil belajar, problem based learning, larutan elektrolit dan nonelektrolit

Abstract

Telah dilakukan penelitian tentang penggunaan model problem based learning pada materi elektrolit dan non-elektrolit. Peneleitian ini bertujuan meningkatkan self efficacy serta hasil belajar peserta didik pada pembahasan larutan elektrolit dan nonelektrolit. Penelitian ini termasuk penelitian tindakan kelas (PTK) dengan 2 siklus pembelajaran dimana tiap siklusnya memiliki tahapan perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi, dan refleksi. Peserta didik kelas X Teknik Komputer Jaringan C SMK Negeri 2 Banjarmasin Tahun Pelajaran 2017/2018 sebagai subjek penelitian. Instrumen penelitian berupa tes dan non-tes. Hasil penelitian memperlihatkan terjadi peningkatan dari siklus I ke siklus II yang meliputi self efficacy peserta didik dari kategori cukup baik dengan skor 49,69 meningkat menjadi 58,58 dan dikategorikan baik, hasil belajar aspek pengetahuan peserta didik dari ketuntasan 51,43% menjadi 88,57%, penilaian aspek sikap peserta didik meningkat dari kategori cukup baik dengan skor 6,325 menjadi kategori baik dengan skor 10,08, keterampilan peserta didik meningkat dari kategori cukup terampil dengan skor 51,04% menjadi terampil dengan skor 71,04%, serta respon positif yang diberikan peserta didik dengan penerapan model problem based learning dikategorikan baik yaitu dengan skor sebesar 38,74.

References

Agus, S. (2009). Cooperative learning teori dan aplikasi PAIKEM. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Agustina, R. P., Ashadi, & Mulyani, B. (2017). Penerapan model problem based learning (PROBLEM BASED LEARNING) untuk meningkatkan sikap ilmiah dan prestasi belajar peserta didik pada materi sistem koloid kelas XI MIA SMA Negeri 1 Sukoharjo tahun pelajaran 2015/2016. Jurnal Pendidikan Kimia (JPK), 6 (2), 144-153.

Akinoglu, O., & Tandongan, R, O. (2007). The effects of problem- based active learning in science education on students' academic achievement, attitude and concept learning. Eurasia Journal of Mathematics, Science & Technology Education, 3 (1), 71-81.

Akram, B., & Ghazanfar, L. (2014). Self efficacy and academic perfomance of the students of Gujrat University, Pakistan. Academic Research Internasional, 5 (1), 283-289.

Amir, M.T. (2013). Inovasi pendidikan melalui problem based learning. Jakarta: Kencana Prenada Media.

Anandari, D.S. (2013). Hubungan persepsi peserta didik atas dukungan sosial guru dengan self efficacy pelajaran matematika pada peserta didik SMA Negeri 14 Surabaya. Jurnal Psikologi Pendidikan dan Perkembangan, 2 (3), 210-217.

Arikunto, S., Suhardjono, & Supardi. (2012). Penelitian tindakan kelas. Jakarta: PT Bumi Aksara.

Baanu, T.F., Oloyede, S.O., &Adekunle, S.O. (2016). Self efficacy and chemistry students’ academic school in north-central, Nigeria. The Malaysian Online Journal of Educational Science, 4(1), 1-83

Bandura, A. (1986). Social foundations of thought and acion: A socizl cognitive theory. New York: Prentice- Hall, Inc.

Guzeller, C., & Nese, O. (2013). Effect of perfomance based status determination techniques on self efficacy, concern and permanence in PRIMARY school science and technology course. Journal of
Baltic Science Education, 12 (1), 285-297.
Hanifah, N., & Agustini. (2012). Peningkatan self efficacy dan berpikir kritis melalui penerapan model pembelajaran inkuiri materi pokok asam basa kelas XI SMAN 9 Surabaya. UNESA Journal of Chemical Education, 1 (1), 27-33.

Hartini, E. M., Kusasi, M., & Iriani, R. (2017). Meningkatkan keterampilan proses sains dan hasil belajar melalui model problem solving dengan pendekatan saintifik pada materi hidrolisis garam. Journal of Chemistry And Education, 1 (1), 37-45.

Hilmi, M., Ikawati, A., Nurhayati, S., & Widodo, A. T. (2015). Penerapan model problem based learning untuk meningkatkan aktivitas dan ketercapaian kompetensi peserta didik. Journal Chemistry in Education, 4 (2), 42-49.

Izzati, S. (2015). Penerapan model pembelajaran simayang tipe II berbasis multiple representasi dalam meningkatkan efikasi diri dan penguasaan konsep asam basa. Dalam Skripsi. Bandar Lampung: FKIP Unila.

Maghfiroh, L., Subchan, W., & Iqbal, M. (2016). Aplikasi problem based learning berbantuan MOODLE untuk menumbuhkan self regulated learning peserta didik dan meningkatkan hasil belajar peserta didik pada materi ekologi kelas X IPA 2 (SMA Negeri 3 Jember). Jurnal Edukasi, 3 (1), 5-11.

Mahmudah, U., & Sholahuddin, A. (2016). Pemnafaatan sumber belajar berbasis lingkungan pada pembelajaran elektrolit dan non elektrolit menggunakan model inkuiri terbimbing untuk meningkatkan motivasi, pemahaman konsep, dan keterampilan proses sains peserta didik. Jurnal Inovasi Pendidikan Sains, 7 (1), 46-54.

Mataka, L. M., & Kowalske, M. G. (2015). The influence of PROBLEM BASED LEARNING on students ' self- efficacy beliefs in chemistry. Journal Royal Society Of Chemistry, 1 (16), 929-938.

Rerung, N., Sinon, I. L. S., Widyaningsih, S. W. (2017). Penerapan model pembelajaran problem based learning (PROBLEM BASED LEARNING) untuk meningkatkan hasil belajar peserta didik SMA pada materi usaha dan energi. Jurnal Ilmiah Pendidikan Fisika Al-BiruNi, 6 (1), 47-55.

Rokhmawati, J. D., Djatmika, E. T., & Wardana, L. (2016). Implementation of problem based learning model to improve sudents' problem solving skill and self-efficacy ( A study on IX class students of Smp Muhammadiyah). IOSR Journal of Research & Method in Education, 6 (3), 51-55.

Setyorini, U., Sukiswo, S. E., & Subali, B. (2011). Penerapan model problem based learning untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis SMP. Jurnal Pendidikan Fisika Indonesia, 7 (1), 52-456.

Sudiana, I.K. (2012). Upaya pengembangan soft skills melalui implementasi model pembelajaran kooperatif untuk peningkatan aktivitas dan hasil belajar mahapeserta didik pada pembelajaran kimia dasar. Jurnal Pendidikan Indonesia, 1 (2), 91-101.

Utari, D. W., Maridi., & Sugiharto, B. (2015). Peningkatan hasil belajar dan academic self efficacy peserta didik melalui model pembelajaran problem based learning (PROBLEM BASED LEARNING) pada kelas X IA-4 SMA Batik 1 Surakarta tahun pelajaran 2013/2014. Jurnal Pendidikan Biologi, 7 (1), 101-112.

Wati, R., Rusmansyah., & Sholahuddin, A,. (2014). Meningkatkan kemampuan berpikir kritis dan hasil belajar peserta didik kelas XI IPA 2 SMA PGRI 4 Banjarmasin pada konsep sistem koloid melalui model problem based learning. Jurnal Inovasi Pendidikan Sains, 5 (2), 20-31.

Widodo, & Widayanti, L. (2013). Peningkatan aktivitas belajar dan hasil belajar peserta didik dengan metode problem based learning pada peserta didik kelas VIIA MTs Negeri Donomulyo Kulon Progo tahun pelajaran 2012/2013. Jurnal Fisika Indonesia, 49 (17), 32-35.

Wiratmaja, C., Sadia, I., & Suastra, I. (2014). Pengaruh model pembelajaran berbasis masalah terhadap self-efficacy dan emotional intelegence peserta didik SMA. e-Journal Program Pascasarjana Universitas Pendidikan Ganesha Program Studi IPA, 4 (1), 1-11.

Yoannita, B., Budi, E., & Rustana, C. (2016). Pengaruh self efficacy terhadap hasil belajar fisika melalui penggunaan model problem based learning. E- Journal SNF, 5 (1), 9-14.

Yuniara, P., & Surya Edy. (2017). Application of problem based learning to students improving on mathematics concept of ability. International Journal of Sciences Basic and Applied Research, 33 (3), 261-269.

Yunita, L., Kusmiati, R., & Afria D, N. (2016). Upaya meningkatkan hasil belajar kimia peserta didik melalui problem based learning pada konsep sistem koloid. E-Journal SNPIB, 6 (1), 72-80.

Zuhriyah, M. (2017). Problem based learning to improve students grammar Competence. Register Journal, 10(1), 48-61.
Published
2022-12-07
How to Cite
Halnas, R., Kusasi, M., & Sholahuddin, A. (2022). MENINGKATKAN SELF EFFICACY DAN HASIL BELAJAR MELALUI PENGGUNAAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING PADA MATERI LARUTAN ELEKTROLIT DAN NONELEKTROLIT. JCAE (Journal of Chemistry And Education), 6(1), 42-53. https://doi.org/10.20527/jcae.v6i1.1599