PENGGUNAAN MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM SOLVING BERBANTUAN PETA KONSEP UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR DAN KETERAMPILAN METAKOGNISI PESERTA DIDIK PADA MATERI STOIKIOMETRI

  • Siti Zubaidah Program Studi Pendidikan Kimia FKIP Universitas Lambung Mangkurat
  • Syahmani Syahmani Program Studi Pendidikan Kimia FKIP Universitas Lambung Mangkurat
  • Abdul Hamid Program Studi Pendidikan Kimia FKIP Universitas Lambung Mangkurat
Keywords: keterampilan metakognisi, model problem solving, peta konsep, stoikiometri

Abstract

Penelitian yang dilakukan mengenai penggunaan model pembelajaran problem solving yang dibantu dengan media peta konsep pada materi stoikiometri kelas X SMA Negeri 9 Banjarmasin. Tujuan penelitian untuk mengetahui (1) kegiatan guru, (2) kegiatan peserta didik, (3) keterampilan metakognisi, (4) hasil belajar aspek kognitif, dan afekti (5) respon peserta didik terhadap pembelajaran menggunakan model Problem Solving berbantuan Peta Konsep. Rancangan penelitian ini menggunakan penelitian tindakan kelas yang dilakukan dalam dua siklus. Subjek penelitian adalah peserta didik kelas X MIA 1 dengan jumlah 35 peserta didik. Instrumen penelitian berupa instrumen tes keterampilan metakognisin dan hasil belajar peserta didik, sedangkan instrumen non tes menggunakan lembar observasi dan angket. Analisis data menggunakan teknik deksriptif kuantitatif dan kualitatif. Hasil penelitian menunjukan bahwa (1) kegiatan guru meningkat dengan kategori kurang baik menjadi kategori sangat baik; (2) kegiatan peserta didik meningkat dengan kategori aktif menjadi kategori sangat aktif; (3) keterampilan metakognisi peserta didik meningkat dari kategori mulai berkembang menjadi sudah berkembang dengan baik; (4) kognitif peserta didik meningkat dari 68,89% menjadi 86,81%, afektif peserta didik meningkat dari 8,97 menjadi 10,97, (5) respon peserta didik menunjukan respon dengan kategori sangat baik.

References

Aprilia, F., & Sugiarto, B. (2013). Keterampilan Metakognitif Siswa Melalui Penerapan Model Pembelajaran Inkuiri Terbimbing pada Materi Hidrolisis Garam. Unesa Journal of Chemical Education, 36-41.

Carolin, Y., Saputro, S., & Saputro, A. N. (2015). Penerapan Metode Pembelajaran Problem Solving Dilengkapi LKS untuk Meningkatkan Aktivitas dan PrestasiBelajar pada Materi Hukum Dasar Kimia Siswa Kelas X MIA 1 SMA Bhinneka Karya 2 Boyolali Tahun Pelajaran 2014/2015. Jurnal Pendidikan Kimia (JPK), 4(4), 46-53.

Danial, M. (2010). Pengatur Strategi PBL Terhadap Keterampilan Metakognisi dan Respon Mahasiswa. Jurnal Chemical, 1(2), 1-10.

Delvecchio, F. (2011). Students Use Metakognitive Skills While Problem Solving in High School Chemistry. Canada: Queen's University.

Hopkins, D. (2011). Panduan Guru Penelitian Tindakan Kelas (A Teacher's Guide to Classroom Research. Yogyakarta: Pustaka Belajar.

Kemendikbud. (2016). Aplikasi Pamer UN 2016. Jakarta: Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan.

Livingstone, J. A. (2003). Metakognitive: An Overvie. Journal Eric, 273-474.

Metcalfe, J. (1998). Cognitive Optimism: Self-Deception or Memory-Based Processing Heuristick? Journal Personality and Social Psychologi Review, 2(2), 100-110.

Polya, G. (1973). How To Solve It. Amerika: Princeton University Press.

Putrianingsih, K. S., Hobri, & Setiawan, T. B. (2015). Analisis Keterampilan Metakognisi Siswa dalam Menyelesaikan Soal Cerita Matematika pada Pokok Bahasan Sistem Persamaan Linear Dua Variabel Kelas X IPA 2 di SMA Negeri 3 Jember. Artikel Ilmiah Mahasiswa , 1-6.

Rohmah, S. (2011). Penerapan Pendekatan Problem Solving dalam Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Terhadap Konsep Mol dalam Stoikiometri. Skripsi, Tidak dipublikasikan.

Rosyidah, F., Zubaidah, S., & Mahanal, S. (2016). Keterampilan Metakognitif dan Hasil Belajar Kognitif Siswa dengan Pembelajaran Reading Concept Map-Timed Pair Share (REMAP-TMPS). Jurnal Pendidikan, 1(4), 622-627.

Schraw, G., & Dennison, R. S. (1994). Assesing Metacognitive Awreness. Contemporary Educational Psycology, 19, 460-476.

Setyoko, H., Mulyani, S., & Yamtimah, S. (2017). Penerapan Model Pembelajaran Problem Solving Menggunakan Strategi Peta Konsep untuk Meningkatkan Minat dan Prestasi Belajar Peserta Didik Kelas Lintas Minat Kimia. Jurnal Kimia dan Pendidikan Kimia, 2(3), 178-190.

Syahmani, & Borneo, D. C. (2017). The Differences of Students Learning Outcomes and Metacognitive Skills by Using PBL and Metacognitive-PBL. Education and Humanities Research, 100, 249-255.

Syahmani, Irhasyuarna, Y., & Kusasi, M. (2013). Analisis Kebutuhan Bahan Ajar dan Asesmen Pembelajaran yang Melatihkan Kemampuan Metakognisi dalam Pemecahan Masalah Kimia SMA Kelas XI Semester 1. Vidya Karya Jurnal Kependidikan, 27(03), 325-340.

Wibowo, Y. (2009). Analisis Tingkat Kemampuan Metakognitif Guru MIPA MAN Mualimin Yogyakarta. Diakses melalui http://staff.uny.ac.id pada tanggal 29 Januari 2018.

Widoyoko, E. P. (2012). Teknik Penyusunan Instrumen Penilaian. Yogyakarta: Pustaka Belajar.
Published
2022-06-29
How to Cite
Zubaidah, S., Syahmani, S., & Hamid, A. (2022). PENGGUNAAN MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM SOLVING BERBANTUAN PETA KONSEP UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR DAN KETERAMPILAN METAKOGNISI PESERTA DIDIK PADA MATERI STOIKIOMETRI. JCAE (Journal of Chemistry And Education), 5(3), 115-122. https://doi.org/10.20527/jcae.v5i3.1295