IMPLEMENTASI METODE DRILL AND PRACTICE BERBANTUAN MEDIA QUESTION CARD PADA MATERI HIDROLISIS GARAM TERHADAP KETERAMPILAN PROSES SAINS DAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS XI IPA SMA NEGERI 8 BANJARMASIN

  • Linda Ellisa Program Studi Pendidikan Kimia FKIP Universitas Lambung Mangkurat
  • Mahdian Mahdian Program Studi Pendidikan Kimia FKIP Universitas Lambung Mangkurat
  • Atiek Winarti Program Studi Pendidikan Kimia FKIP Universitas Lambung Mangkurat
Keywords: drill and practice, question card, keterampilan proses sains, hidrolisis garam

Abstract

Telah dilakukan penelitian yang bertujuan untuk mengetahui: (1) keterampilan proses sains siswa, (2) hasil belajar pada materi hidrolisis garam, (3) respon siswa terhadap penggunaan metode pembelajaran drill and practice berbantuan media question cardpada materi hidrolisis garam. Dengan menggunakan metode eksperimen semu (quasi experiment), sampel penelitian ini adalah kelas XI IPA 4 sebagai kelas eksperimen (n=36) dan kelas XI IPA 2 sebagai kelas kontrol (n=36) di SMA Negeri 8 Banjarmasin. Analisis statistik menggunakan uji-t, sedangkan analisis hasil angket menggunakan teknik persentase.Kesimpulan penelitian ini adalah: (1) pembelajaran menggunakan metode drill and practice berbantuan media question card dapat melatih keterampilan proses sains pada aspek mengamati, menafsirkan, mengkomunikasikan, dan menarik kesimpulan, (2) siswa kelas eksperimen yang menggunakan metode pembelajaran drill and practice berbantuan media question card 9,44% lebih tinggi dari siswa kelas kontrol yang menggunakan pembelajaran konvensional pada materi hidrolisis garam di SMA Negeri 8 Banjarmasin, (3) pembelajaran menggunakan metode drill and practice berbantuan media question card pada materi hidrolisis garam memperoleh respon positif dari siswa.

References

Adiswara, M. F. (2015). Perancangan Game Kuis Interaktif sebagai Multimedia Pembelajaran Drill and Practice untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa. Jurnal Informatika Vol.2 No.1, 205.

Ardhi, F. U. (2012). Implementasi Metode Pembelajaran Drill sebagai Upaya Meningkatkan Aktivitas dan Prestasi Belajar Mata Diktat Programmable Logic Control SMK Muhammadiyah 3 Yogyakarta. Skripsi Sarjana Program Studi Pendidikan Teknik Mekatronika Fakultas Teknik Universitas Negeri Yogyakarta.

Khasanah, A. (2013). Penerapan Pembelajaran Kooperatif Tipe Numbered Head Dilengkapi Kartu Soal untuk Meningkatkan Keaktifan dan Hasil Belajar Siswa Kelas XI IPA MA Ali Maksum . Skripsi Sarjana Yogyakarta Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga.

Nugroho, S. A. (2014). Penerapan Metode Drill and Practice Dilengkapi Modul untuk Meningkatkan Kreatifitas dan Prestasi Belajar pada Materi Pokok Hidrolisis Garam Kelas XI IPA 5 SMA Negeri 7 Surakarta. Jurnal Pendidikan Kimia Vol.3 No.4.

Rahayu, E. Susanto. (2011). Pembelajaran Sains dengan Pendekatan Keterampilan Proses untuk Meningkatkan Hasil Belajar dan Kemampuan Berpikir Kreatif Siswa. Jurnal Pendidikan Fisika Indonesia Vol.7, 107-110.

Sadiman, A. S. (2011). Media Pendidikan. Jakarta : Rajawali Press.

Sugiyono. (2010). Metode Penelitian Kombinasi (Mixed-Methods). Bandung: Alfabeta.

Susiwi, A Hinduan; Liliasari, S Ahmad. (2009). Analisis Keterampilan Proses Sains Siswa SMA pada Model Pembelajaran Praktikum D-Ei-Hd. Jurnal Pengajaran MIPA UPI Vol.14 No.2.

Syafitri, W. (2011). Analisis Katerampilan Proses Sains Siswa Melalui Pendekatan Inkuiri pada Konsep Sistem Koloid . Skripsi Sarjana Universitas Islam Negeri Syarif Hidayatullah Jakarta.

Wahyudi, L. E. (2012). Penerapan Model Pembelajaran Inkuiri Terbimbing pada Pokok Bahasan Kalor untuk Melatih Keterampilan Proses Sains terhadap Hasil Belajar di SMAN 1 Sumenep . Jurnal Inovasi Pendidikan Fisiska Vol.2, 62-65.

Yuliani, N; K, Dwiningsih;. (Januari 2014). Melatih Keterampilan Proses Sains Siswa pada Materi Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Laju Reaksi Melalui Model Pembelajaran Inkuiri . Unesa Jurnal of Chemical Education Vol.3 No.1, 35-40.

Published
2019-05-09