IMPLEMENTASI SYSTEMS THINKING LEARNING CYCLE (STLC) TERHADAP KEDALAMAN KONSEP DAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI KELARUTAN DAN HASIL KALI KELARUTAN

  • Amalia Septhyanda Program Studi Pendidikan Kimia FKIP Universitas Lambung Mangkurat
  • Maya Istyadji Program Studi Pendidikan Kimia FKIP Universitas Lambung Mangkurat
  • Rusmansyah Rusmansyah Program Studi Pendidikan Kimia FKIP Universitas Lambung Mangkurat
Keywords: systems thinking learning cycle (STLC), kedalaman konsep, hasil belajar

Abstract

Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui (1) pengaruh systems thinking learning cycle (STLC) terhadap kedalaman konsep siswa pada materi kelarutan dan hasil kali kelarutan (Ksp), (2) pengaruh systems thinking learning cycle (STLC) terhadap hasil belajar pada materi kelarutan dan hasil kali kelarutan (Ksp), (3) respon siswa terhadap systems thinking learning cycle (STLC)  pada materi kelarutan dan hasil kali kelarutan (Ksp) di SMAN 1 Martapura.Penelitian menggunakan metode Quasi Experimental (eksperimen semu) dengan pretest-posttest nonequivalent control group design dan teknik sampling yaitu cluster random sampling. Sampel penelitian adalah 35 siswa kelas XI MIPA 3 sebagai kelas eksperimen dan 35 siswa kelas XI MIPA 4 sebagai kelas kontrol. Pengumpulan data menggunakan teknik tes, observasi, dan kuesioner. Teknik analisis data menggunakan  Uji-t untuk menganalisis pengaruh Systems Thinking Learning Cycle (STLC) terhadap kedalaman konsep dan hasil belajar kognitif siswa, dan analisis deskriptif untuk menganalisis pengaruh Systems Thinking Learning Cycle (STLC) terhadap hasil belajar afektif, psikomotor serta respon siswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) terdapat pengaruh terhadap kedalaman konsep siswa (2) terdapat pengaruh terhadap hasil belajar siswa (3) Implementasi Systems Thinking Learning Cycle (STLC) pada pembelajaran kimia mendapat respon positif dari siswa.

References

Ali, M., & Asrori, M. (2014). Metodologi dan Aplikasi Riset Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara.

Ben-Zvi, A. O., & Orion, A. (2015). Understanding the earth systems : Expressions of Dynamic and Cyclic Thinking Among University Students. Journal of Science Education and Technology.

Evagorou, M., Korfiatis, K., & Nicolaou, C. (2009). An investigation of the potential of interactive simulations for developing thinking skills in elementary school: A case study with fifth-grades and sixth-grades. International Journal of Science Education, 655-674.

Orion, A., & Ben-Zvi, A. O. (2005). Development of system thinking skills in the context of earth system education. Journal of Research in Science Teaching, 518-560.

Rejeki, D. P., Hasan, M., & Gani, A. (2015). Penerapan Model Pembelajaran Learning Cycle 5E Pada Materi Kelarutan dan Hasil Kali Kelarutan Untuk Meningkatkan Hasil Belajar dan Sikap Peserta Didik SMAN 1 Krueng Barona Jaya. Jurnal Pendidikan Sains Indonesia, 19-26.

Salisbury, D. F. (1996). Five technologies for Educational change : systems thinking, systems design, quality science, change management, industrial technology. Englewood Cliffs, New Jersey: Educational Technology Publications.

Sugiyono. (2014). Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R & D. Bandung: Alfabeta.

Ulfah, T., Rusman, & Khaldun, I. (2016). Analisa Kesulitan Pemahaman Konsep Kelarutan dan Hasil Kali Kelarutan Pada Siswa SMA Inshafuddin Tahun Ajaran 2015/2016. Jurnal Ilmiah Mahasiswa Pendidikan Kimia (JIMPK), 43-51.

Vachliotis, T., Salta, K., & Tzuograki, C. (2013). Meaningful Understanding and Systems Thinking in Organic Chemistry : Validating Measurement and Exploring Relationships. Research in Science Education , 239-266.

Published
2019-05-09