EFEKTIVITAS MODEL PEMBELAJARAN AKTIF TIPE QUIZ TEAM TERHADAP MOTIVASI DAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI HIDROLISIS GARAM

  • Putri Alami Program Studi Pendidikan Kimia FKIP Universitas Lambung Mangkurat
  • Iriani Bakti Program Studi Pendidikan Kimia FKIP Universitas Lambung Mangkurat
  • Syahmani Syahmani Program Studi Pendidikan Kimia FKIP Universitas Lambung Mangkurat
Keywords: Quiz Team, motivasi belajar, hasil belajar, hidrolisis garam

Abstract

Suatu penelitian dilakukan tentang efektivitas model pembelajaran aktif tipe Quiz Team pada materi hidrolisis garam di kelas XI IPA SMA Negeri 10 Banjarmasin untuk mengetahui perbedaan motivasi serta hasil belajar siswa antara kelas yang menerapkan model pembelajaran aktif tipe Quiz Team dan kelas yang menerapkan model pembelajaran Direct Instruction pada materi hidrolisis garam. Penelitian ini menggunakan quasi experiment design dengan rancangan nonequivalent control group design. Data didapatkan dengan menggunakan teknik tes, observasi dan kuesioner. Uji-t untuk menganalisis perbedaan motivasi dan hasil belajar kognitif siswa antara kedua kelas yang diteliti, sedangkan perbedaan hasil belajar afektif dan psikomotor dianalisis menggunakan analisis deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) pembelajaran aktif tipe Quiz Team secara signifikan lebih efektif dalam meningkatkan motivasi belajar siswa dibandingkan model pembelajaran Direct Instruction, (2) pembelajaran aktif tipe Quiz Team secara signifikan lebih efektif dalam meningkatkan hasil belajar kognitif siswa dibandingkan model pembelajaran Direct Instruction.

References

Arikunto, S. (2012). Dasar- Dasar Evaluasi Pendidikan (Edisi 2). Jakarta : Bumi Aksara.

Budiman, A. (2014). Pengaruh Penerapan Metode Quiz Team Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Fiqih Di Mts. Darul Ma’arif Jakarta Selatan. Skripsi Sarjana Universitas Islam Negeri Syarif Hidayatullah.

Cohen, R. (2010). Psychological Testing and Assesment. New York: McGraw-Hill.

Deci, E., Vallerand, R., Pelletier, L., & Ryan, R. (1991). Motivation And Education: The Self-Determination Perspective. Educational Pychologist, 26(3 & 4), 325-346.

Gholami, V. (2013). The Effect Of Weekly Quizzes On Students‘ Final Achievement Score. International Journal Modern Education and Computer Science, 1, 36-41.

Hake, R. (1999). Analyzing Change Gain Scores. Dept. Of Physics, Indiana University.

Huang, S., & Waxman, H. (1995). Motivation and Learning Environment Differences Between Asian-American And White Middle School Students In Mathematics. Journal Of Reseach and Development IN Education, 28(4).

Husna, F., Zahirman, & Hambali. (2015). Pengaruh Strategi Pembelajaran Aktif Team Quiz Terhadap Motivasi Belajar Pkn Siswa Kelas VII SMP Tri Bhakti Pekanbaru. Jurnal Online Mahasiswa (JOM) Bidang keguruan dan Ilmu Pendidikan, 2 (2).

Kitot, A. (2010). The Effectiviteness Of Inquiry Teaching in Enhanching Students' Critical Thinking. Procedia Social and Behavioral Science, 7(C), 264-273.

Marcell, M. (2008). Effectiveness of Regular Online Quizzing in Increasing Class Participation and Preparation. International Journal for The Scholarship of Teaching and Learning, 4(1), 97-105.

Ngalimun. (2016). Strategi dan Model Pembelajaran. Yogyakarta: Aswaja Pressindo.

Nurbani. (2015). Efektivitas Metode Pembelajaran Quiz Team Pada Matakuliah Logika Komputer Ditinjau Dari Motivasi Belajar Mahasiswa. Jurnal Pendidikan Vokasi, 5 (2).

Pintrich, P., Schunk, D., & Meece, J. (2012). Motivasi dalam Pendidikan Teori, Penelitian, dan Aplikasi. Jakarta: Indeks.

Pratiwi, W., Yamtinah, S., & Redjeki, T. (2016). Penerapan Metode Pembelajaran Quiz Team Untuk Meningkatkan Aktivitas Dan Prestasi Belajar Siswa Pada Materi Kelarutan Dan Hasil Kali Kelarutan Di Kelas XI IPA 2 SMA Al Islam 1 Surakarta Tahun Ajaran 2014/2015. Jurnal Pendidikan Kimia (JPK), 5(1).

Setiani, A., & Priansa, D. (2015). Manajemen Peserta Didik dan Model Pembelajaran. Bandung: Alfabeta.

Silberman. (2013). Active Learning: 101 Strategi Pembelajaran Aktif. Bandung: Nuansa Cendika.

Sudarmo, U. (2013). Kimia Untuk SMA/MA Kelas XI Kelompok Peminatan Matematikan dan Ilmu Alam. Jakarta: Erlangga.

Sugiyono. (2015). Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Sukma, A., Amran, E., & Islamias. (2013). Penerapan Strategi Pembelajaran Aktif Tipe Quiz Team Untuk Meningkatkan Prestasi Belajar Kimia Siswa Pada Pokok Bahasan Hidrolisis Garam Di Kelas XI IPA SMA Muhammadiyah Bangkinang. Jurnal Skripsi Pendidikan Kimia Universitas Riau.

Sulistyo, L. (2016). Peningkatan Motivasi Belajar Dengan Menerapkan Model Pembelajaran Kooperatif TGT Pada Pelajaran PKN. Jurnal Studi Sosial, 4(1).

Sutardi, Nuraztia, R., & Saputra, S. (2013). Peningkatan Minat Dan Hasil Belajar Siswa Dengan Metode Pembelajaran Quiz Team "Think Fast Do Best” Pada Materi Reaksi Oksidasi-Reduksi Di Kelas X Man Model Singkawang. Kaunia, IX(2).

Tuan, H., Chin, C., & Shieh, S. (2005). The Development of a Questionnaire to Measure Student’s Motivation Toward Science Learning. International Journal of Science Education, 27 (6), 639-654.

Vij, J., & Lomash, H. (2014). Role of Motivation in Academic Procrastination. International Journal of Scientific & Engineering Research, 5(8).

Weinstein. (2009). Readiness Assessment Tests versus Frequent Quizzes: Student Preferences. International Journal of Teaching and Learning in Higher Education, 21(2), 181-186.

Youssef, A. (2012). Role Of Motivation and Attitude in Introductionand Learning of English as Foreign Language in Libyan High School. International Journal of Linguistics, 4(2).
Published
2022-02-14
How to Cite
Alami, P., Bakti, I., & Syahmani, S. (2022). EFEKTIVITAS MODEL PEMBELAJARAN AKTIF TIPE QUIZ TEAM TERHADAP MOTIVASI DAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI HIDROLISIS GARAM. JCAE (Journal of Chemistry And Education), 5(1), 29-43. https://doi.org/10.20527/jcae.v5i1.1154