MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA MELALUI MODEL QUANTUM LEARNING BERBANTUAN PREZI PADA MATERI HIDROKARBON KELAS X DI SMA PGRI 6 BANJARMASIN

  • Seri Rejeki Yanti Program Studi Pendidikan Kimia FKIP Universitas Lambung Mangkurat
  • Rilia Iriani Program Studi Pendidikan Kimia FKIP Universitas Lambung Mangkurat
  • Bambang Suharto Program Studi Pendidikan Kimia FKIP Universitas Lambung Mangkurat
Keywords: model quantum learning, prezi, hasil belajar, hidrokarbon

Abstract

Telah dilaksanakan penelitian tentang penggunaan model pembelajaran Quantum Learning berbantuan Prezi materiihidrokarbonnkelas X 3 SMA PGRI 6 Banjarmasin Tahun 2017/2018. Tujuan penelitiannialah mengetahuii(1) kegiatannguru (2) kegiatannpeserta didik (3) meningkatnyaahasillbelajarrpesertaadidik (4) responnpesertaadidik. Penelitiannini menggunakan rancangan penelitian tindakan kelas (PTK) dengan cara bersiklus. Subjek penelitian adalah siswa kelas X3 SMA PGRI 6 Banjarmasin dengan jumlah 29 orang. Instrumen penelitian terdiri dari tes dan non tes. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik observasi dan tes. Hasil penelitian menunjukkan bahwa model pembelajaran Quantum Learning berbantuan Prezi dapat meningkatkan (1) kegiatan guru dari cukup siklus I menjadi baik siklus II (2) kegiatan peserta didik mengalami peningkatan dari cukup aktif siklus I dan aktif siklus II. (3) meningkatkan hasil belajar peserta didik yang rata-rata 74,36 % siklus I menjadi 88,19 % siklus II. (4) respon positif peserta didik terhadap model pembelajaran Quantum Learning berbantuan Prezi pada materi hidrokarbon.

References

Arifin, Z., Sudarti dan Lesmono, A., D. (2016). Pengaruh Model Quantum Learning Disertai Metode Eksperimen Terhadap Hasil Belajar Fisika Siswa Di SMA Negeri KALISAT. Jurnal Pembelajaran Fisika. 365-370.

BSNP (Badan Standar Nasional Pendidikan). 2006. Standar Kompetensi dan Kompetensi Dasar Kimia SMA/MA. Jakarta: Departemen Pendidikan dan Kebudayaan.

Hidayat. (2010). Keefektifan Pendekatan Quantum Learning Dalam Peningkatan Nilai Mata Kuliah Nahwu 1. Jurnal Saung Guru. Vol 1. (2): 67-78.

Rosidah, A. (2016). Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Melalui Model Quantum Learning Pada Materi Pelajaran IPS. Jurnal Pendidikan IPS. 41-46.

Sartika, F., D. (2016). Penerapan Metode Pembelajaran Quantum Learning Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Teknik Listrik Di SMK Negeri 2 Surabaya. Jurnal Pendidikan Teknik Elektro. 229-235.

Setiawan, R., Hairida dan Melati. (2012). Meningkatkan Aktivitas dan Hasil Belajar Siswa Melalui Pembelajaran Quantum Learning Berbantuan Animasi. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran. 1-12.

Shaleh, A. (2005). Madrasah dan Pendidikan Anak. Jakarta: Raja Wali Pers

Suharjanto, A., Sawiji, H., Susilowati, T. (2013). Penerapan Media Pembelajaran dengan Penggunaan Software Prezi Dalam Upaya Meningkatkan Minat Belajar Mata Diklat Komunikasi. Jurnal Pendidikan Ekonomi-BKK Pendidikan Administrasi Perkantoran. 1-15.

Published
2019-05-08
How to Cite
Yanti, S., Iriani, R., & Suharto, B. (2019). MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA MELALUI MODEL QUANTUM LEARNING BERBANTUAN PREZI PADA MATERI HIDROKARBON KELAS X DI SMA PGRI 6 BANJARMASIN. JCAE (Journal of Chemistry And Education), 2(2), 44-49. Retrieved from http://jtam.ulm.ac.id/index.php/jcae/article/view/115