IMPLEMENTASI MODEL DISCOVERY BASED LEARNING BERBANTUAN MIND MAPPING TERHADAP SIKAP ILMIAH DAN HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK PADA MATERI KOLOID

  • Fitria Irliyani Program Studi Pendidikan Kimia FKIP Universitas Lambung Mangkurat
  • Muhammad Kusasi Program Studi Pendidikan Kimia FKIP Universitas Lambung Mangkurat
  • Abdul Hamid Program Studi Pendidikan Kimia FKIP Universitas Lambung Mangkurat
Keywords: discovery based learning, mind mapping, sikap ilmiah, hasil belajar, koloid

Abstract

Penelitian ini tentang implementasi model discovery based learning berbantuan mind mapping pada materi koloid. Tujuan dari penelitian adalah untuk melihat ; (1) perbedaan sikap ilmiah peserta didik (2) perbedaan hasil belajar (pengetahuan, sikap, keterampilan) (3)respon siswa terhadap model discovery based learning berbantuan mind mapping pada materi koloid. Metode yang digunakan penelitian ini ialah pretest-posttest nonequivalent control group design. Sampel penelitian sebanyak 56peserta didik, dari dua kelas IPA, yakni XI IPA 1 dan XI IPA 2. Sampel diambil dengan teknikcluster random sampling. Teknik pengumpulan data menggunakan tes hasil belajar pengetahuan, observasi, dan angket. Analisis data yang didapat menggunakan analisis deskriptif dan analisis inferensial. Hasil dari penelitian menunjukkan bahwa ; (1) terdapat perbedaan sikap ilmiah yakni di kelas XI IPA 1 sebesar 70,16% sedangkan di kelas XI IPA 2 sebesar 64,45% (2) terdapat perbedaan hasil belajar, yakni perbedaan hasil belajar pengetahuan yang signifikan serta perbedaan hasil belajar sikap dan keterampilan (3) peserta didik memberikan respon positif terhadap model discovery based learning berbantuan mind mapping pada materi koloid.

References

Agustawan, I. G. N., Sutresna, I. B., & Yasa,I. N. (2014). Penggunaan tekhnik mind mapping untuk meningkatkan kemampuan siswa dalam menentukan fakta dan opini pada tajuk rencana Bali Post di kelas XI IPA SMA Negeri 1 Sawan. Jurnal Pendidikan,Bahasa dan Sastra Indonesia, 2(1), 1-12.

Anisa, N. D., Masykuri. M. & Yamitnah, S. 2013. Pengaruh Model Pembelajaran POE (Predict, Observe, and Explanation) dan Sikap Ilmiah terhadap Prestasi Belajar Siswa pada Materi Asam, Basa dan Garam Kelas VII Semester 1 SMPN 1 Jaten Tahun Pelajaran 2012/2013.Jurnal Pendidikan Kimia. 2 (2).

Choirun N.& Suliyanah. 2014. Pengaruh Penerapan Pembelajaran Penemuan Terbimbing Dengan Mengintegrasikan Keterampilan Proses Sains Terhadap Hasil Belajar Siswa SMP Negeri 1 Kamal. Jurnal Inovasi Pendidikan Fisika (JIPF). 3(1) : 30-34.

Kemendikbud. (2013). Model Pembelajaran Penemuan (Discovery Learning). Jakarta : Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.

Nirmalasari. D., Mulyani, B., & Utami, B. (2013). Studi Komparasi Penggunaan Media Mind Map Dan Crossword Puzzle Pada Metode Proyek Ditinjau Dari Kreativitas Siswa Terhadap Prestasi Belajar Pada Materi Pokok Sistem Koloid Kelas XI Semester Genap Sma N 1 Banyudono Tahun Pelajaran 2012/2013. Jurnal Pendidikan Kimia (JPK). Vol. 2 No. 4.

Pluck, G & H. Johnson. 2011. Stimulating Curiosity To Enhance Learning. GESJ: Education Science and Psychology 2 (19): 24-31.

Sa’diah, H., Kusasi, M. dan Hamid, A. (2017). Meningkatkan Aktivitas dan Hasil Belajar Menggunakan Kolaborasi Model Discovery Learning dan Number Head Together (NHT) pada Materi Hidrolisis Garam Di Sma Negeri 12 Banjarmasin. Journal of Chemistry And Education. 1(1). 52-57

Suciati, N. N. A., Arnyana, I. B. P. & Setiawan, I. G. A. N. (2014). Pengaruh Model Pembelajaran Siklus Belajar Hipotetik Deduktif dengan Setting 7E terhadap Hasil Belajar IPA ditinjau dari Sikap Ilmiah Peserta didik SMP. e-journal Program Pascasarjana Universitas Pendidikan Ganesha. 4.

Sudjana, N. (2014). Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Susiwi, S. (2007). Pendekatan Pembelajaran dalam Pembelajaran Kimia Handout. Universitas Pendidikan Indonesia, Jakarta.

Widiadyana, I. W., Sadia, I. W. & Suastra, I. W. 2011. Pengaruh Model Discovery Learning terhadap Pemahaman Konsep IPA dan Sikap Ilmiah Peserta didik SMP. E-journal Program Pascasarjana Universitas Pendidikan Ganesha Program Studi IPA.

Ulumi, D.F., Maridi dan Y. Rinanto. 2015. Pengaruh Model Pembelajaran GDLterhadap Hasil Belajar Biologi di SMA Negeri 2 Sukoharjo Tahun Pelajaran 2013/2014. Jurnal Pendidikan Biologi. 7(2) : 68–79.

Uside, N.U, K.H Barchock & O.G. Abura. 2013. Effect of Discovery Method on Secondary School Student’s Achievement in Physics in Kenya. Chuka University Journal, Kenya. Vol. 2 No. 3.

Published
2019-05-08
How to Cite
Irliyani, F., Kusasi, M., & Hamid, A. (2019). IMPLEMENTASI MODEL DISCOVERY BASED LEARNING BERBANTUAN MIND MAPPING TERHADAP SIKAP ILMIAH DAN HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK PADA MATERI KOLOID. JCAE (Journal of Chemistry And Education), 2(1), 17-24. Retrieved from http://jtam.ulm.ac.id/index.php/jcae/article/view/112