PENERAPAN MODEL LEARNING CYCLE 5E DALAM MENINGKATKAN MOTIVASI DAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN KOLOID DI KELAS XI MIA-3 MAN 1 BANJARMASIN

  • Nurwahyu Ningsih Program Studi Pendidikan Kimia FKIP Universitas Lambung Mangkurat
  • Parham Saadi Program Studi Pendidikan Kimia FKIP Universitas Lambung Mangkurat
  • Yudha Irhasyuarna Program Studi Pendidikan Kimia FKIP Universitas Lambung Mangkurat
Keywords: learning cycle 5e, motivasi, hasil belajar, koloid

Abstract

Telah dilaksanakan riset tentang penerapan model Learning Cycle 5E dalam meningkatkan motivasi dan hasil belajar siswa pada mata pelajaran koloid di kelas XI MIA-3 MAN 1 Banjarmasin. Riset ini bertujuan untuk mengetahui tindakan yang tepat untuk menangani masalah dalam kelas. Setelah tindakan yang tepat diketahui, maka memeriksa kesesuaian tindakan yang disertai dengan peningkatan motivasi dan hasil belajar. Riset ini menggunakan sebuah rancangan classroom action research. Riset ini dilaksanakan dengan dua siklus. Subjek riset adalah siswa kelas XI MIA-3 MAN 1 Banjarmasin dengan jumlah 35 orang. Instrumen riset terdiri atas instrumen tes dan non tes. Data dikumpulkan melalui teknik observasi, tes hasil belajar dan angket motivasi serta respon siswa. Hasil riset dapat diketahui bahwa tindakan kepembimbingan menggunakan model Learning Cycle 5E mampu menyelesaikan masalah dalam kelas. Setelah tindakan yang tepat diterapkan akan disertai dengan peningkatan motivasi yakni di siklus I sebesar 62% kategori sedang kemudiandi siklus II menjadi 73% kategori tinggi serta peningkatan hasil belajar pengetahuan siswa secara klasikal di siklus I sebesar 69% meningkatdi siklus II menjadi 83%.

References

Aiken, L. R. (1985). Three Coefficients For Analyzing The Reliability and Validity of Ratings. Journal of Educational and Psychological Mea-Surement, 45, 131-142.

Anil, O., & Batdi, V. (2015). A Comparative Meta-Analysis of 5E and Traditional Approaches in Turkey. Journal of Education and Training Studies, III(6), 212-219.

Cemerci, C., & Batdi, V. (2015). A Meta-Analysis of Constructivist Learning Approach on Learners’ Academic Achievements, Retention and Attitudes. Journal of Education and Training Studies, III(2), 171-180.

Emelya, D. N., Atmono, D., & Nor, B. (2018). Efektivitas Lingkungan Sekolah Terhadap Motivasi Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Ekonomi Di SMA Negeri 12 Banjarmasin Pada Tahun Pelajaran 2016/2017. Jurnal Pembelajaran Pendidikan Ekonomi, 7(1), 27-31.

Hopkins, D. (2011). Panduan Guru: Penelitian Tindakan Kelas. Yogyakarta: Pustaka.

Kemdikbud. (2016). Materi Pelatihan Implementasi Kurikulum 2013. Jakarta: Kemdikbud.

Novitasari, Suherman, dan Mirna. (2014). Pengaruh Model Pembelajaran Learning Cycle terhadap Pemahaman Konsep Matematika Siswa Kelas X SMA Negeri 15 Padang Tahun Pelajaran 2013/2014. Jurnal Pendidikan Matematika, 60-64.

Rosalina, F., Suratno, Hadi, R., & Melly, A. (2018). Pengaruh Motivasi Belajar Terhadap Hasil Belajar Praktikum Siswa Kelas XII IPS SMA Korpri Banjarmasin Tahun Ajaran 2017/2018. Jurnal Pembelajaran Pendidikan Ekonomi, 7(1), 22-26.

Sadia, I. W. (2014). Model-Model Pembelajaran Sains Konstruktivistik. Yogyakarta: Graha Ilmu.

Waseso, H. P. (2018). Kurikulum 2013 Dalam Prespektif Teori Pembelajaran Konstruktivis. Jurnal Studi Pendidikan Islam, 1(1), 59-72.

Winarti, E. (2017). Meningkatkan Motivasi dan Hasil Belajar Siswa Melalui Model Pembelajaran AIR Pada Materi Larutan Penyangga di Kelas XI IPA SMA Muhammadiyah 1 Banjarmasin Tahun Ajaran 2016/2017. FKIP ULM Banjarmasin: Tidak Dipublikasikan.

Published
2019-05-07
How to Cite
Ningsih, N., Saadi, P., & Irhasyuarna, Y. (2019). PENERAPAN MODEL LEARNING CYCLE 5E DALAM MENINGKATKAN MOTIVASI DAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN KOLOID DI KELAS XI MIA-3 MAN 1 BANJARMASIN. JCAE (Journal of Chemistry And Education), 1(3), 209-217. Retrieved from http://jtam.ulm.ac.id/index.php/jcae/article/view/102