https://jtam.ulm.ac.id/index.php/mpj/issue/feed STABILITAS: Jurnal Pendidikan Jasmani dan Olahraga 2024-06-10T00:40:47+08:00 Ramadhan Arifin ramadhan.arifin@ulm.ac.id Open Journal Systems STABILITAS: Jurnal Pendidikan Jasmani dan Olahraga https://jtam.ulm.ac.id/index.php/mpj/article/view/2630 EVALUASI PEMBINAAN OLAHRAGA DAYUNG DI KALIMANTAN SELATAN 2024-06-10T00:40:47+08:00 Lazuardy Akbar Fauzan lazuardy.fauzan@ulm.ac.id Edwin Wahyu Dirgantoro lazuardy@ulm.ac.id Rahmadi Rahmadi rahmadi@ulm.ac.id Arie Rakhman arierakhman@ulm.ac.id Perdinanto Perdinanto perdinanto@ulm.ac.id Ramadhan Arifin ramadhan.arifin@ulm.ac.id Eka Purnama Indah Eka.Indah@ulm.ac.id <p>Olahraga dayung merupakan cabang olahraga perairan yang berkembang di wilayah Kalimantan Selatan. Berkembangnya olahraga dayung di Kalimantan Selatan didukung oleh kondisi wilayah Kalimantan Selatan yang memiliki sebagian besar wilayah perairan, baik berupa sungai, rawa, pantai, dan danau. Dukungan pencapai prestasi olahraga menjadi faktor berkembang dan berprestasinya suatu cabang olahraga. Penelitian ini bertujuan untuk mengevaluasi pembinaan prestasi olahraga dayung di Kalimantan Selatan. Metode penelitian yang digunakan pada penelitian ini yaitu deskriptif kualitatif. Pendekatan evaluasi yang digunakan dengan model CIPP yang meliputi pembahasan tentang Context, Input, Process, dan Product dari proses pembinaan olahraga dayung yang telah berjalan. Teknik pengumpulan data dengan cara melakukan wawancara, observasi dan studi dokumentasi. Data yang diperoleh dianalisis secara kualitatif dengan langkah-langkah sebagai berikut: 1) reduksi data, 2) penyajian data, dan 3) penarikan kesimpulan. Hasil penelitian diperoleh bahwa 1) evaluasi context sudah sesuai dengan program pembinaan, 2) evaluasi input sudah sesuai dengan program pembinaan. 3) evaluasi proses belum sesuai dengan kriteria yang ditetapkan 4) evaluasi product masih belum sesuai masih perlu ditingkatkan prestasinya di kejuaraan yang lebih bergengsi</p> 2024-03-29T00:00:00+08:00 ##submission.copyrightStatement##