ANALISIS KUALITAS GURU PENDIDIKAN JASMANI DITINJAU DARI KOMPETENSI PROFESIONAL PADA MTsN 4 HULU SUNGAI TENGAH
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menggambarkan kompetensi profesional guru pendidikan jasmani pada MTsN 4 Hulu Sungai Tengah. Metode yang dipakai adalah metode penelitian deskriptif kualitatif. Penelitian ini bertuju guru pendidikan jasmani pada MTsN 4 Hulu Sungai Tengah. Instrumen yang digunakan berupa wawancara, observasi, dokumentasi dan lembar penilaian RPP.
Berdasarkan pembahasan pada analisis kualitas guru pendidikan jasmani dilihat dari kompetensi profesional peneliti menyimpulkan bahwa kedua subjek pada penelitian ini masih sangat banyak yang harus dipenuhi, sehingga dapat dikatakan bahwa kedua guru pendidikan jasmani pada MTsN 4 Hulu Sungia Tengah tersebut secara kualitas dilihat dari kompetensi profesional dinyatakan tidak terpenuhi sesuai acuan Permendiknas Nomor 16 tahun 2007 tentang standar kualifikasi dan kompetensi guru.
References
Ibrahim. (2015). Metodologi Penelitian Kualitatiif. Bandung: Alfabeta
JPOK FKIP ULM. (2018). Pedoman Penulisan Karya Ilmiiah Skripsi, Tesis Edisi 2. Banjarbaru Kalimantan Selatan: JPOK FKIP ULM
Mashud, M. (2020). The Effectiveness of Physical Education Learning in Elementary School Located in Wetland Environment. Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, dan Pengembangan, 5(2), 265-270.
Mulyasa. (2009). Standar Kompeitensi dan Sertifikasi Guru. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya
Permendiknas RI No 16 Tahun (2017). Standar Kualifikasi Akademik dan Kompetensi Guru. Jakarta: Depdiknas RI
Sugiyono. (2015). Metode Penelitian dan Pengiembangan.Bandung: Alfabeta
Warni, Herita. (2014). Kedisiplinan sebagai karakter tangguh dalam pembentuk Pendidikan Jasmani dan Olahraga. In: Internasional Seminar On Character Education Building Nation Character Through Education, 24 May 2014, Universitas Lambung Mangkurat
Warni, Herita. Pendiidikan Jasmani dan Olahraga Sebagai Wadah Karakter Tangguh. Pasca UPI Bandung
Arifin, R., & Warni, H. (2017). Character Building Values in Sports Development. Character Building Values in Sports Development, 1(2).