PEMANFAATAN WAKTU LUANG DILUAR JAM SEKOLAH PADA PESERTA DIDIK SEKOLAH MENENGAH PERTAMA NEGERI DI HULU SUNGAI UTARA

  • Muhammad Syauqi Universitas Lambung Mangkurat
  • Rahmadi Rahmadi Universitas Lambung Mangkurat
  • Syamsul Arifin Universitas Lambung Mangkurat
Keywords: Pemanfaatan Waktu Luang, Diluar Jam Sekolah, Peserta Didik

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui (1) aktifitas-aktifitas peserta didik diluar jam sekolah; (2) tingkat aktifitas fisik peserta didik diluar jam sekolah; (3) gambaran tentang aktifitas peserta didik diluar jam sekolah; (4) minat peserta didik dalam prestasi hasil dari kegiatan aktifitas untuk mengisi waktu diluar jam sekolah. Penelitian ini merupakan penelitian deskiptif kuantitatif dengan metode survey menggunakan ex-post facto. Sample dalam penelitian ini adalah peserta didik kelas 7 dan 8 Sekolah Menengah Pertama Negeri di Kabupaten Hulu Sungai Utara yang berjumlah 23 sekolah sebanyak 881 peserta didik dengan teknik purposive sampling. Hasil penelitian dan pembahasan dapat ditarik kesimpulan: bahwa tingkat aktifitas fisik pada kategori tinggi. Dengan jenis kegiatan yang dilakukan peserta didik yaitu; 1) kegiatan relaksasi yang paling tinggi yaitu membersihkan rumah dan menonton Tik tok, 2) kegiatan hiburan yang paling tinggi yaitu bermain game Mobile legend dan Bersepeda, 3) kegiatan pengembangan diri yang paling tinggi yaitu mengikuti kegiatan ekstrakurikuler olahraga dan kesenian. Berdasarkan minatnya peserta didik ingin berprestasi dibidang olahraga yaitu pada bulutangkis dan sepak bola/futsal, untuk dibidang kesenian yaitu pada menyanyi dan memainkan alat musik.

References

Arikunto,Suharsimi. (2014). prosedur penelitian suatu pendekatan praktik. Rineka Cipta.
Arikunto, S. (2006). prosedur penelitian. Rineka Cipta.
Arikunto, S. (2013). prosedur penelitian suatu pendekatan praktik (P. R. Cipta (ed.); revisi).
Hadi, S. (1991). Analisis butir untuk instrument angket, tes, dan skala nilai dengan BASICA. Andi Ofset.
Lakein, A. (2007). Manajemen Waktu. In :Mata Khatulistiwa.
Mingo, I., & Montecolle, S. (2014). Subjective and objective aspects of free time: The Italian case. Journal of Happiness Studies, 15(2), 425–441.
Monks, F.J., Knoers, A. M. P., & Haditono, S. R. (2002). Psikologi Perkembangan Pengantar Dalam Berbagai Bagiannya. Gadjah Mada University Press.
Sugiyono. (2014). Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Alfabeta.
Published
2024-12-04