KETERAMPILAN MENULIS TEKS ANEKDOT MENGGUNAKAN INSTAGRAM AKUN “KOMIKIN_AJAH” PADA PESERTA DIDIK KELAS X SMAN 7 BANJARMASIN
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan keterampilan menulis teks anekdot pada peserta didik Kelas X SMA Negeri 7 Banjarmasin berdasarkan aspek struktur dan aspek kebahasaan. Metode deskriptif kualitatif dan kuantitatif. Pengumpulan data utama dalam penelitian ini berupa tes hasil tulisan peserta didik dalam menulis teks anekdot dengan dua data. Hasil penelitian menunjukkan bahwa keterampilan menulis teks anekdot tanpa media ada 14 (40%) peserta didik dalam kategori baik, ada 11 (31,43%) peserta didik dalam kategori cukup baik, dan ada 10 (28,57%) peserta didik dalam kategori kurang baik. Dari yang menggunakan media, ada 16 (44,45%) peserta didik dalam kategori baik, ada 12 (33,33%) peserta didik dalam kategori cukup baik, dan ada 8 (22,22%) peserta
didik dalam kategori kurang baik. Berdasarkan perolehan tersebut, dapat diketahui bahwa keterampilan menulis teks anekdot menggunakan media termasuk lebih baik daripada tanpa media.