PERSEPSI PESERTA DIDIK TERHADAP PEMBELAJARAN DARING BAHASA INDONESIA KELAS VII-I SMPN 2 BANJARMASIN
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan persepsi peserta didik terhadap pembelajaran daring Bahasa Indonesia Kelas VII SMPN 2 Banjarmasin. Penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif yang berfokus pada persepsi peserta didik terhadap pembelajaran daring Bahasa Indonesia. Hasil penelitian ini menunjukkan persepsi peserta didik terhadap pembelajaran daring bahwa kegiatan yang sering mereka lakukan yakni mengerjakan tugas semua mata pelajaran termasuk Bahasa Indonesia sebanyak 10 responden (32,3%). Beberapa responden tidak merasa keluhan fisik sebanyak 9 responden (29%) dan sebanyak 13 responden tidak merasakan keluhan psikologis (41,9%). Media paling membantu sebagai perantara pembelajaran daring yakni Google Classroom sebanyak 15 responden (48,4%). Sebanyak 7 responden menyukai metode kuis (22,6%). Pemahaman peserta didik pada pelajaran Bahasa Indonesia telah paham sebanyak 20 responden (64,5%) dan sebanyak 18 responden menilai pembelajaran Bahasa Indonesia yang dilaksanakan secara daring telah efektif (58,1%). Hasil perolehan nilai PAS Bahasa Indonesia secara daring berada pada kategori cukup mampu.