PEMBELAJARAN MENULIS TEKS CERITA FANTASI PESERTA DIDIK KELAS VII SMPN 7 BANJARMASIN
Abstract
Tujuan penelitian ini ialah untuk mengetahui proses pembelajaran menulis teks cerita fantasi peserta didik kelas VII SMPN 7 Banjarmasin. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif. Metode yang digunakan ialah metode deskriptif dan teknik pengumpulan data berupa observasi, wawancara, dan dokumentasi. Data penelitian ini berupa rancangan pelaksanaan pembelajaran (RPP) Kurikulum 2013 yang disusun oleh pendidik serta proses pembelajaran menulis teks cerita fantasi peserta didik. Sumber data penelitian ini adalah pendidik dan peserta didik kelas VII E SMPN 7 Banjarmasin yang berjumlah 30 orang. Teknik analisis data dilakukan tiga tahap yaitu reduksi data, penyajian data dan kesimpulan. Hasil penelitian ini mendeskripsikan proses pembelajaran menulis teks cerita fantasi di sekolah. Dalam proses pembelajaran ada dua tahapan di antaranya perencanaan dan tahapan proses pembelajaran menulis cerita fantasi. Kegiatan perencanaan rancangan RPP sesuai dengan Kurikulum 2013. Komponen pada proses pembelajarannya terdapat tiga yaitu kegiatan pendahuluan, kegiatan inti, dan kegiatan penutup.