PENDEKATAN SAINTIFIK PADA PEMBELAJARAN TEKS DRAMA DI KELAS VIII SMP NEGERI 1 BANJARMASIN TAHUN AJARAN 2018/2019
Abstract
Penelitian ini bermaksud untuk menggambarkan pelaksanaan implementasi pendekatan ilmiah dalam pembelajaran teks drama di kelas VIII A SMP Negeri 1 Banjarmasin. Penelitian ini adalah penelitian deskriptif kualitatif dengan sasaran penelitian guru Bahasa Indonesia dan peserta didik kelas VIII A. Secara keseluruhan, proses kegiatan berjalan dengan baik dan sesuai harapan. Guru sudah menerapkan kegiatan mengamati/ memperhatikan dengan teliti, mengajukan pertanyaan, mengumpulkan/menggabungkan data, menghubungkan, dan mengkomunikasikan/menyampaikan pada pembelajaran drama dengan baik. Peserta didik melakukan pengamatan dengan suasana kondusif. Peserta didik dipisahkan menjadi beberapa kelompok untuk mencoba berdiskusi agar menemukan informasi dan menuliskan hasil temuannya. Guru mengarahkan peserta didik untuk aktif. Namun pada teknik mengkomunikasikan belum terlaksana secara maksimal, dikarenakan ada sedikit kendala.