KEMAMPUAN MENGANALISIS STRUKTUR TEKS CERAMAH MENGGUNAKAN MEDIA YOUTUBE PADA PESERTA DIDIK KELAS XI IPS 1

  • Desi Aprianty Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia FKIP Universitas Lambung Mangkurat
  • Rustam Effendi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia FKIP Universitas Lambung Mangkurat
  • Sainul Hermawan Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia FKIP Universitas Lambung Mangkurat
Keywords: kemampuan menganalisis, teks ceramah, media youtube

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengukur kemampuan menganalisis struktur teks ceramah
menggunakan media youtube pada peserta didik kelas XI IPS 1. Metode yang digunakan pada
penelitian ini adalah metode deskriptif dan jenis penelitian yang digunakan adalah kuantitatif.
Penelitian ini berupa hasil kerja peserta didik menjawab soal stuktur teks dengan pokok bahasan teks ceramah. Penelitian ini diambil di kelas XI IPS 1 SMAN 4 Banjarmasin. Teknik pengumpulan data melalui observasi dan tes. Kemudian langsung dianalisis dengan teknik analisis deskriptif kuantitatif. Hasil kemampuan menganalisis struktur teks ceramah peserta didik
menunjukkan bahwa nilai mean yang didapat adalah 82,1 berada dalam kategori tinggi. Pada
aspek pokok bahasan setiap paragraf, nilai mean yang didapat adalah 78,1 berada dalam kategori cukup. Pada aspek menyusun struktur teks ceramah, nilai mean yang didapat adalah
78,0 berada dalam kategori cukup.

Published
2019-09-09