TINDAK BAHASA GURU DALAM PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA DI KELAS VIII SMPN 7 BANJARMASIN
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan atau menggambarkan tindak bahasa guru dalam pembelajaran bahasa Indonesia di kelas VIII SMPN 7 Banjarmasin dengan merekam awal pembelajaran sampai akhir. Jenis Penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian kualitatif dengan menggunakan metode deskriptif. Hasil penelitian ini membuktikan bahwa tindak bahasa guru dalam pembelajaran bahasa Indonesia di kelas VIII SMPN 7 Banjarmasin terdapat tiga tindakan ilokusi, seperti: tindak asertif (tindak pemberitahuan, tindak mengucap salam, tindak menjelaskan, tindak menyatakan contoh, tindak membual, tindak menunjuk), tindak direktif (tindak bertanya,
tindak ajakan, tindak suruhan, tindak mengulang, tindak perintah, tindak mengizinkan, tindak nasihat), dan tindak ekspresif (tindak menyalahkan).