RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP) MATEMATIKA BERMUATAN KARAKTER KOMUNIKATIF DAN TANGGUNG JAWAB DENGAN MODEL PEMBELAJAR

  • Ahmad Muhajir
  • Chairil Faif Pasani
  • Siti Mawaddah
Keywords: pengembangan, RPP, karakter, model teams games tournament

Abstract

Pada era globalisasi ini kita ketahui banyak terjadinya peristiwa yang mengindikasikan terjadinya penurunan nilai moral yang menandakan nilai-nilai karakter pada siswa sekarang perlahan memudar. Dimana dua diantaranya karakter komunikatif dan tanggung jawab siswa. Masih sering kita jumpai siswa yang kurang aktif dalam bertanya kepada guru/teman saat pembelajaran ataupun kerjasama dalam suatu diskusi kelompok, dan juga masih dijumpai siswa yang kurang serius dalam mengerjakan sesuatu di kelas ataupun dalam hal menyelesaikan tugas dan latihan yang telah diberikan. Sehingga, sangat diperlukan pengembangan nilai-nilai karakter pada siswa sekarang ini melalui pendidikan karakter. Menyediakan perangkat pembelajaran berupa RPP bermuatan karakter dengan model teams games tournament adalah salah satu solusi dari permasalahan tersebut. Menghasilkan RPP bermuatan karakter materi garis dan sudut dengan model teams games tournament di kelas VII Sekolah Menengah Pertama yang valid merupakan tujuan penelitian ini. Penelitian pengembangan ini menggunakan model pengembangan Plomp yang disederhanakan menjadi empat tahap yaitu investigasi awal, perancangan, realisasi/ kontruksi, dan tes,evaluasi, dan revisi. Pada tahap tes, evaluasi, dan revisi dilakukan uji validitas oleh tiga validator. Hasil uji validitas terhadap RPP yang dikembangkan menunjukkan RPP memenuhi kriteria valid. Sehingga, dihasilkan RPP bermuatan karakter materi garis dan sudut dengan model teams games tournament di kelas VII Sekolah Menengah Pertama yang valid.

Published
2021-12-14
How to Cite
Muhajir, A., Pasani, C., & Mawaddah, S. (2021). RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP) MATEMATIKA BERMUATAN KARAKTER KOMUNIKATIF DAN TANGGUNG JAWAB DENGAN MODEL PEMBELAJAR. JURMADIKTA, 1(3), 48-55. https://doi.org/10.20527/jurmadikta.v1i3.971
Section
Articles