PENERAPAN MODEL DISCOVERY LEARNING DALAM PEMBELAJARAN MATEMATIKA UNTUK MEMBINA KARAKTER TANGGUNG JAWAB DAN RASA INGIN TAHU SISWA SEKOLAH MENENGAH ATAS
Abstract
Model Discovery Learning yaitu model yang menekankan pada pemahaman konsep dengan menggali pengetahuannya secara mendalam. Kondisi ini memberikan dorongan bagi para siswa untuk meningkatkan rasa ingin tahu dan mampu menghilangkan ketergantungan kepada orang lain sehingga siswa mampu melakukan tanggung jawabnya masing-masing saat proses pembelajaran. Model ini berpotensi mengembangkan rasa ingin tahu dan tanggung jawab siswa saat pembelajaran. Tujuan penelitian ini yaitu (1) membina karakter rasa ingin tahu dan tanggung jawab serta (2) mengetahui hasil belajar siswa kelas XI SMA Negeri 8 Banjarmasin melalui penerapan model discovery learning, dan (3) mengetahui hubungan karakter rasa ingin tahu dan tanggung jawab siswa dengan hasil belajar siswa. Penelitian ini dilaksanakan dengan metode Quasi Experimental dengan desain penelitian time series. Populasi pada penelitian ini yaitu semua siswa kelas XI MIPA SMA Negeri 8 Banjarmasin dan sampelnya yaitu siswa kelas XI MIPA 3 berdasarkan teknik Purposive Sampling. Teknik dalam mengumpulkan data yaitu observasi dan tes. Data yang didapat akan dianalisis menggunakan uji korelasi bivariate dan korelasi berganda. Hasil penelitian memperlihatkan bahwa (1) penerapan model Discovery Learning dalam pembelajaran matematika dapat membina karakter rasa ingin tahu dan tanggung jawab siswa kelas XI SMA Negeri 8 Banjarmasin, (2) dapat meningkatkan hasil belajar siswa, dan (3) terdapat hubungan yang kuat positif antara karakter rasa ingin tahu dan tanggung jawab siswa dengan hasil belajar siswa kelas XI SMA Negeri 8 Banjarmasin.