PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN INTERAKTIF BERBASIS MICROSOFT POWERPOINT PADA MATERI BANGUN RUANG UNTUK SISWA SMP/MTS
Abstract
Pendidikan penting dalam membentuk generasi muda yang cerdas dan kompeten. Salah satu tantangan utama dalam pendidikan adalah kurang optimalnya metode pembelajaran matematika. Pembelajaran efektif menekankan pemberdayaan peserta didik melalui interaksi aktif. Media pembelajaran seperti Microsoft PowerPoint dapat meningkatkan pemahaman dengan animasi dan hipertaut, menjadikannya solusi efisien karena mudah digunakan, relatif murah, dan tersedia di setiap desktop. Penelitian Ini bertujuan untuk mengembangkan media pembelajaran interaktif berbasis Microsoft PowerPoint pada materi bangun ruang untuk siswa SMP/MTs yang valid, praktis, dan efektif. Metode yang digunakan adalah R&D dengan model ADDIE oleh Lee & Owens, yang meliputi tahap penilaian/analisis, perancangan, pengembangan, implementasi, dan evaluasi. Instrumen penelitian berupa wawancara, angket, dan tes. Uji coba dilakukan di SMP Negeri 5 Banjarmasin dengan 8 peserta didik dan 1 pendidik. Teknik analisis data menggunakan statistik deskriptif dan pengukuran skala likert. Media pembelajaran dinyatakan valid dengan persentase kevalidan sebesar 100% dari hasil angket validasi ahli media dan 86,73% dari hasil angket validasi ahli materi, dinyatakan praktis dengan persentase kepraktisan sebesar 97,6% dari hasil angket respon pendidik dan 99,76% dari hasil angket respon peserta didik, dan dinyatakan efektif dengan persentase keefektifan sebesar 75% dari hasil tes sumatif peserta didik. Dengan demikian, media pembelajaran yang dihasilkan dapat digunakan dalam pembelajaran matematika.
References
Arikunto, S. (2018). Dasar-dasar Evaluasi Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara.
Arsyad, A. (2015). Media Pembelajaran. Jakarta: Raja Grafindo Persada.
BSNP. (2014). Instrumen Penilaian Buku Teks Pelajaran Tahun 2014. Jakarta: Badan Standar Nasional Pendidikan.
Fakhrurrazi. (2018). Hakikat Pembelajaran yang Efektif. At-Tafkir: Jurnal Pendidikan, Hukum dan Sosial Keagamaan, 11(1), 85-99.
Fandinata, M. R. D., Karim, & Sari, A. (2023). Pengembangan Media Pembelajaran PowerPoint Interaktif Berbasis Etnomatematika Budaya Banjar pada Materi Segiempat. Jurmadikta: Jurnal Mahasiswa Pendidikan Matematika, 3(2), 11-22.
Hikmah, S. N., & Maskar, S. (2020). Pemanfaatan Aplikasi Microsoft PowerPoint pada Siswa SMP Kelas VIII dalam Pembelajaran Koordinat Kartesius. JI-MR: Jurnal Ilmiah Matematika Realistik, 1(1), 15-19.
Irliyanti, Sukmawati, R. A., & Mahardika, A. I. (2021). Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Web pada Materi Persamaan Garis Lurus Menggunakan Metode Drill and Practice untuk Siswa SMP Kelas VIII. CSEJ: Computer Science Education Journal, 1(1), 1-14.
Kemdikbudristek. (2021). Matematika untuk Sekolah Menengah Pertama Kelas VII. Jakarta: Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi.
Khairunnisa, Ansori, H., & Suryaningsih, Y. (2023). Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif Berbasis HOTS Materi Bangun Ruang Sisi Datar untuk Siswa SMP Kelas VIII. Jurmadikta: Jurnal Mahasiswa Pendidikan Matematika, 3(1), 33-45.
Nursyamsiah, G., Savitri, S., Yuspriyati, D. N., & Zanthy, L. S. (2020). Analisis Kesulitan Siswa SMP Kelas VIII dalam Menyelesaikan Soal Materi Bangun Ruang Sisi Datar. MAJU: Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika, 7(1), 98-102.
Purba, H. S., Drajat, M., & Mahardika, A. I. (2021). Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif Berbasis Web pada Materi Fungsi Kuadrat Kelas IX dengan Metode Drill and Practice. EDU-MAT: Jurnal Pendidikan Matematika, 9(2), 131-146.
Rajendra, G. S. & Margaret, A. B. (2016). Quality Assurance for Reusable Learning Objects on a Peer-To-Peer Network. iJET: International Journal of Emerging Technologies in Learning. 10(11), 4-10.
Riduwan. (2010). Skala Pengukuran Variabel-variabel Penelitian. Bandung: Alfabeta.
Rofiāah, N., Ansori, H., & Mawaddah, S. (2019). Analisis Kesalahan Siswa dalam Menyelesaikan Soal Cerita Matematika Berdasarkan Langkah Penyelesaian Polya. EDU-MAT: Jurnal Pendidikan Matematika, 7(2), 120-129.
Rusman, D. K., & Riyana, C. (2012). Pembelajaran Berbasis Teknologi Informasi dan Komunikasi. Jakarta: Rajawali Pers.
Suardi, M. (2018). Belajar & Pembelajaran. Yogyakarta: Deepublish.
Sugiyono. (2019). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R & D. Bandung: Alfabeta.
Suryadi, R. A. (2018). Ilmu Pendidikan Islam. Yogyakarta: Deepublish.
Susanti, Y. Y., Hodiyanto, & Ardiawan, Y. (2021). Pengembangan Media Pembelajaran PowerPoint Interaktif terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis. JEID: Journal of Educational Integration and Development, 1(4), 224-235.
Copyright (c) 2024 JURMADIKTA
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International License.