PENGEMBANGAN BAHAN AJAR BERUPA VIDEO PEMBELAJARAN DENGAN KONTEKS PASAR TERAPUNG BANJARMASIN PADA MATERI SPLDV UNTUK SISWA KELAS VIII SMP
Abstract
Matematika merupakan ilmu dasar yang berperan penting dalam penguasaan ilmu dan teknologi. Komponen pembelajaran yang memegang peranan penting adalah bahan ajar. Bahan ajar dapat berupa tertulis maupun tidak tertulis, salah satunya adalah video pembelajaran. Video memberikan pengalaman baru dan membuat orang lebih tertarik dengan yang ditampilkan. Oleh karena itu, penggunaan video pembelajaran dapat menarik minat dan membantu siswa memahami materi. Tujuan penelitian ini adalah menghasilkan bahan ajar berupa video pembelajaran dengan konteks Pasar Terapung Banjarmasin pada materi sistem persamaan linear dua variabel untuk siswa kelas VIII Sekolah Menengah Pertama yang valid dan praktis. Penelitian ini menggunakan model 4D yang kemudian disederhanakan menjadi 3 tahap yaitu tahap define (pendefinisian), tahap design (perancangan), dan tahap develop (pengembangan). Dilakukan uji validitas oleh 2 orang validator dan uji kepraktisan yang diukur dengan angket guru dan siswa. Data yang diperoleh yaitu data kualitatif berupa saran dan masukan dari validator serta data kuantitatif berupa skor dari lembar validasi dan lembar angket. Hasil uji validitas video pembelajaran diperoleh rata-rata sebesar 3,38 dengan kriteria valid dan hasil uji kepraktisan video pembelajaran diperoleh rata-rata sebesar 3,40 yang berada pada kriteria praktis.
References
As’ari, A. R., M. Tohir, E. Valentino, Z. Imron, dan I. Taufiq. (2017). Buku Guru Matematika. Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.
Aunurrahman.(2010). Belajar dan pembelajaran. Bandung: Penerbit Alfabeta.
Batubara, H. H. dan D. N. Ariani (2016). Pemanfaatan Video sebagai Media Pembelajaran Matematika SD/MI. MUALLIMUNA: Jurnal Madrasah Ibtidaiyah. 2(1). 48.
Desmita.(2009). Psikologi Perkembangan Peserta Didik. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
Fadhli, M. (2015). Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Video Kelas IV Sekolah Dasar. Jurnal Dimensi Pendidikan dan Pembelajaran, 3(1), 24-29.
Garini, A. D., Karim, dan Y. Suryaningsih.(2021). Pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik Materi Aritmatika Sosial Berbasis Masalah Matematika Kontekstual Dengan Konteks Lingkungan Lahan Basah Pada Sekolah Menengah Pertama Kelas VII. Jurmadikta: Jurnal Mahasiswa Pendidikan Matematika, 1(3), 2.
Inayah, N. R., R. A. Sukmawati, dan R. Amalia. (2021). Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Video Menggunakan Platform Powtoon pada Materi Bangun Ruang Sisi Lengkung. Computing and Education Technology Journal (CETJ). 1(1). 3-5.
Mawaddah, S., I. Budiarti, dan M. Aulia.(2021). Pengembangan Perangkat Pembelajaran Matematika Konteks Lingkungan Lahan Basah Berorientasi HOTS. EDU-MAT: Jurnal Pendidikan Matematika, 9(1), 16-17.
Munir.(2012). Multimedia Konsep & Aplikasi dalam Pendidikan. Bandung: Alfabeta.
Putri, N. (2012). Efektifitas Penggunaan Media Video untuk Meningkatkan Pengenalan Alat Musik Daerah Pada Pembelajaran IPS Bagi Anak Tunagrahita Ringan Di SDLB 20 Kota Solok. Jurnal Ilmiah Pendidikan Khusus, 1(2), 318-328.
Rahmah, dkk.(2022). Pengembangan LKPD Berbasis Masalah dengan Konteks Lingkungan Lahan Basah pada Materi Sistem Persamaan Linear Dua Variabel Kelas VIII SMP/MTS. Jurmadikta (Jurnal Mahasiswa Pendidikan Matematika), 2(1), 76.
Rosiyanti,Adriansyah, R. Widiyasari, dan N. S. Dewi.(2020). Analisis Persepsi Peserta didik Terhadap Video Pembelajaran Matematika Kelas VIII Pada Masa Pandemi. Seminar Nasional Penelitian LPPM UMJ (1-10). Diperoleh dari: http://jurnal.umj.ac.id/index.php/semnaslit.
Suriyani, I. (2016). Pengembangan Video Pembelajaran Menggunakan Model Problem Solving Berbantu Wondershare Pada Materi Statistika di SMP. AKSIOMA: Jurnal Matematika dan Pendidikan Matematika, 7(1), 1-13.
Suseno, P, U. Ismail, Y. Ismail, S. (2020). Pengembangan Media Pembelajaran Matematika Video Interaktif berbasis Multimedia. Jambura Journal Of Mathematics Education, 1(2), 73.
Copyright (c) 2024 JURMADIKTA
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International License.