IMPLEMENTASI MODEL PEMBELAJARAN PROJECT BASED LEARNING PADA PEMBELAJARAN MATEMATIKA SMP/MTS

  • Berkatullah Amin Universitas Lambung Mangkurat
  • Karim Karim Universitas Lambung Mangkurat
  • Asdini Sari Universitas Lambung Mangkurat
Keywords: Implementasi, Pembelajaran Matematika, Project Based Learning

Abstract

Penggunaan model pembelajaran yang kurang tepat saat kegiatan belajar mengajar dapat menimbulkan kebosanan, pembelajaran yang monoton dan kurang dipahami oleh siswa, sehingga siswa kurang termotivasi untuk belajar. Hal tersebut dapat menimbulkan banyak ketidakpahaman pada siswa dan berdampak pada hasil belajar siswa. Oleh karena itu, dibutuhkan variasi dalam kegiatan belajar mengajar, salah satunya melalui model pembelajaran Project based learning (PjBL). Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan proses implementasi model pembelajaran PjBL pada pembelajaran matematika pada pokok bahasan statistika. Metode yang digunakan pada penelitian ini adalah metode deskriptif. Subjek dalam penelitian ini adalah 30 siswa yang terdiri dari 17 siswa laki-laki dan 13 siswa perempuan dari kelas VIII D di SMPN 15 Banjarmasin. Objek pada penelitian ini adalah proses pembelajaran matematika dan hasil belajar siswa setelah dibelajarkan dengan model pembelajaran PjBL. Teknik pengambilan data yang dilakukan yaitu melalui observasi keterlaksanaan RPP, observasi aktivitas siswa, tes hasil belajar siswa dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan persentase untuk keterlaksanaan RPP dan statistik deskriptif untuk mendeskripsikan hasil belajar siswa. Berdasarkan hasil penelitian yang sudah dilaksanakan dapat diambil kesimpulan bahwa implementasi model pembelajaran PjBL dalam pembelajaran matematika pada pokok bahasan statistika berada pada kriteria baik dengan persentase 79,29% dan hasil belajar siswa berada pada kategori baik dengan nilai akhir 69,26.

References

Arikunto, S. (2015). dasar-dasar evaluasi pendidikan. Jakarta: PT Bumi Aksara.

Cahyadi, M. R., Danaryanti, A., Amalia, R. (2021). Pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe Numbered Head Together terhadap hasil belajar matematika siswa kelas VII. Jurnal Mahasiswa Pendidikan Matematika, 1(1): 1-6. https://doi.org/10.20527/jurmadikta.v1i1.724.

Dewi, R. (2020). Penerapan model pembelajaran project based learning (PjBL) untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa. Jurnal Pendidikan dan Penelitian, 4(1). https://doi.org/10.51499/cp.v4i1.147.

Jusita, M.L. (2019). Implementasi model pembelajaran berbasis proyek (project based learning) untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa. Jurnal Teori dan Praksis Pembelajaran IPS, 4: 90-95.

http://dx.doi.org/10.17977/um022v4i22019p090.

Kurniasih. (2014). Sukses mengimplementasikan kurikulum 2013. Jakarta: Kata Pena.

Lestari, D. P., Fatchan, A., & Ruja, I. N. (2016). Pengaruh model pembelajaran project based learning berbasis outdoor study terhadap hasil belajar Geografi siswa SMA. Jurnal Pendidikan, 1(3): 475–479. http://dx.doi.org/10.17977/jp.v1i3.6175.

Mulyawati, S., Suwandono., Rohman, M.S. (2018). Keefektifan model pembelajaran berbasis proyek (Project based Learning) terhadap komunikasi matematis dan prestasi belajar matematika. Jurnal Penelitian Pendidikan Matematika. http://dx.doi.org/10.24905/jppm.v1i1.17.

Noorbaiti, R., Fajriah, N., Sukmawati, R. A. (2018). Implementasi model pembelajaran visual-auditori-kinestetik (VAK) pada mata pelajaran matematika di kelas VII E MTSN Mulawarman Banjarmasin. EDU-MAT Jurnal Pendidikan Matematika, 6(1): 108-116. 10.20527/edumat.v6i1.5130.

Nurfitriyanti, M. (2016). Model pembelajaran project based learning terhadap kemampuan pemecahan masalah matematika. Program Studi Pendidikan Matematika, Fakultas Teknik Matematika dan IPA Universitas Indraprasta PGRI, Jurnal Formatif, 6(2): 153-155. http://dx.doi.org/10.30998/formatif.v6i2.950.

Sani, R.A. (2014). Pembelajaran saintifik. Jakarta: Bumi Aksara.

Sari, T. I., Ansori, H., Mawaddah, S. (2021). Hasil belajar siswa pada materi operasi hitung bentuk aljabar di kelas VII SMP. Jurnal Mahasiswa Pendidikan Matematika, 1(2): 39-44. https://doi.org/10.20527/jurmadikta.v1i2.797.

Setyowati, N & Mawardi. (2018). Sinergi project based learning dan pembelajaran bermakna untuk meningkatkan hasil belajar matematika. Pendidikan Profesi Guru Universitas Kristen Satya Wacana. https://doi.org/10.24246/j.js.2018.v8.i3.p253-263.

Sukiman. (2011). Pengembangan media pembelajaran. Yogyakarta: Pustaka Insan Madani.

Susanto, A. (2013). Teori belajar & pembelajaran di Sekolah Dasar, Jakarta:Kencana Prenada Media Group. Universitas Pancasakti Tegal.

Widoyoko, S. E. P. (2009). Evaluasi program pembelajaran. Yogyakarta:Pustaka Belajar.

Yulina. (2018). Pengaruh model pembelajaran Project Based Learning berbantuan multimedia interaktif berbasis android terhadap kemampuan pemecahan masalah matematika pada siswa Kelas XI Sekolah Menengah Atas Negeri 3 Kotabumi Tahun Pelajaran 2016/2017. Jurnal Ilmiah Komputasi, Pendidikan Matematika Sekolah Tinggi Keguruan dan Ilmu Pendidikan (STKIP) Muhammadiyah Kotabumi, 17(1). https://doi.org/10.32409/jikstik.17.1.2354.

Zainab. (2019). Penerapan model pengajaran langsung untuk meningkatkan keterampilan pemecahan masalah dan hasil belajar siswa pada materi usaha dan pesawat sederhana kelas VIII-F SMPN 21 Banjarmasin.

Zulkarnain, I., Dewi, W. E. (2017). Implementasi model Problem Based Learning pada pembelajaran matematika siswa SMPN 23 Banjarmasin. EDU-MAT Jurnal Pendidikan Matematika, 5(2): 170-179. http://dx.doi.org/10.20527/edumat.v5i2.4641.

Published
2023-03-30
How to Cite
Amin, B., Karim, K., & Sari, A. (2023). IMPLEMENTASI MODEL PEMBELAJARAN PROJECT BASED LEARNING PADA PEMBELAJARAN MATEMATIKA SMP/MTS. JURMADIKTA, 3(1), 23-32. https://doi.org/10.20527/jurmadikta.v3i1.1589
Section
Articles