PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN QUANTUM BERBASIS GAYA BELAJAR KINESTETIK TERHADAP HASIL BELAJAR KOGNITIF SISWA PADA MATERI HIDROKARBON KELAS X SMA PGRI 1 BANJARMASIN
Abstract
Penelitian tentang penerapan model pembalajaraan Quantum berbasis gaya belajar kinestetik terhadap hasil belajar kognitif pada materi hidrokarbon kelas 10 SMA PGRI 1 Banjarmasin dilakukan. Tujuan penelitian untuk mengethui perbedaan hasil belajar kognitif antara kelas eksperimen (kelas yang diterapkan model pembelajaran Quantum berbasis kinestetik) denggan kelas kontrol yang menggunakan cara pembelajaran konvensional. Metode penelitian menggunakan meetode eksperimen semu (quuasy eksperiment) dengan desain pre-test and post-test non-equivalent control group design. Sampel penelitian adalah kelas X,.2 dengan jumlah 40 siswa sebagai kelas eksperimen dan kelas X.1 dengan jumlah 40 siswa sebagai kelas kontrol. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah teknik tes. Teknik analisis data menggunakan uji Mann-Whitney untuk menganalisis hasil belajar kognitif siswa. Data hasil penelitian menunjukkan adanya perbedaaan hasil belajar kognitif antara siswa yang belajar dengan mengunaakan model pembelajaraan Quantum berbasis gaya belajar kinestetik dengan siswa yang belajar dengan menggunakan cara pembelajaraan konvensional.
References
Amalana, H. (2012). Pengaruh Model Pembelajaran Quantum Teaching Berbantuan Modul QT-Bilingual Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas X SMAN 1 Kedungwuni Pada Materi Pokok Hidrokarbon. Diakses melalui http://www. http://lib.unnes.ac.id/15027/. pada 6 Juni 2012.
Asiry, A. M. (2015). Learning Styles of Dental Student. The Saudi Journal for Dental Research. Vol (7).
Gunarhadi., Kassim, M., & Shaari, S.A. (2014). The Impact of Quantum Teaching Strategy on Student Academic Achievments and Self-Esteem Inclusive School. Malaysian Journal of Learning and Intruction. Vol 11.
Qurnain, D. N. A., & Peni, H. (2013). Pengaruh Teknik Pembelajaran Quantumteaching Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Standar Kompetensi Menerapkan Sistem Mikroprosesor. Jurnal Pendidikan Teknik Elektro. Vol 2, No 3.