KEEFEKTIVAN STRATEGI PEMBELAJARAN KOLABORATIF TERINTEGRASI MULTIPLE INTELLIGENCE DALAM PENGEMBANGAN KEMAMPUAN KERJASAMA, MOTIVASI DAN HASIL BELAJAR KOGNITIF PADA MATERI HIDROLISIS GARAM SISWA KELAS XI IPA SMAN 11 BANJARMASIN
Abstract
Telah dilakukan penelitian tentang keefektivan strategi pembelajaran kolaboratif terintegrasi multiple intelligence pada materi hidrolisis garam siswa kelas XI IPA. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan kemampuan kerjasama, motivasi, dan hasil belajar antara kelas dengan penerapan strategi pembelajaran kolaboratif terintegrasi multiple intelligence dan kelas dengan penerapan pembelajaran konvensional di SMA Negeri 11 Banjarmasin. Penelitian ini menerapkan metode eksperimen semu (quasi experiment) dengan control group pre-test-post-test design. Pengumpulan data menggunakan teknik tes, observasi, dan kuesioner. Teknik analisis data menggunakan analisis deskriptif dan inferensial. Analisis deskriptif digunakan untuk mengetahui perbedaan kemampuan kerjasama dan motivasi siswa. Analisis inferensial menggunakan uji-t untukĀ menganalisis perbedaan hasil belajar kognitif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat perbedaan kemampuan kerjasama, motivasi, dan hasil belajar kognitif antara siswa kelas eksperimen dengan kelas kontrol.
References
Catharina, T.A. (2006). Psikologi Belajar. Semarang: Universitas Negeri Semarang Press.
Cohen, R. J. (2010). Psychological Testing and Assesment. New York: McGraw-Hill.
Fajarfanni, D. (2014). Pengaruh Strategi Pembelajaran Kolaboratif Terhadap Hasil Belajar Siswa Mata Pelajaran Membaca Gambar Teknik Program Keahlian Teknik Pemesinan Smk Muhammadiyah Prambanan. Skripsi Sarjana. Universitas Negeri Yogyakarta. Tidak Dipublikasikan.
Fauzi, R.M. (2013). Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Kolaboratif dalam Pembelajaran Matematika Terhadap Peningkatan Kemampuan Berpikir Kritis Matematika Pada Siswa SMP. Skripsi Sarjana. Universitas Pendidikan Indonesia. Tidak Dipublikasikan.
Gardner, H. (2003). Multiple Intelligence: Kecerdasan Majemuk Teori Dalam Praktek Batam: Interaksara.
Goleman, D.l. (2005). Kecerdasan Emosi: Untuk Mencapai Puncak Prestasi. Jakarta: PT. Gramedia Pusataka Utama.
Karimah, N.I. (2014). Model Two Stay Two Stray Melalui Pendekatan Multiple Intelligence. Jurnal UNIMUS. Volume 1, Nomor 1.
Nutfitriah. (2006). Pengembangan keterampilan sosial anak TK melalui penerapan metode pembelajaran kooperatif. Bandung: UPI.
Oktavia, Y. (2013). Perbandingan Pembelajaran Berbasis Multiple Intelligences Dengan Pembelajaran Konvensional Ditinjau Dari Hasil Belajar Biologi Di SMP Negeri 2 Kartasura Kabupaten Sukoharjo Tahun Ajaran 2012/2013. Skripsi Sarjana. Universitas Muhammadiyah Surakarta. Tidak Dipublikasikan.