PENERAPAN STRATEGI BLENDED LEARNING DAN STRATEGI EKSPOSITORI PADA PEMBELAJARAN KESETIMBANGAN KIMIA
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan hasil belajar peserta didik antara kelas yang menggunakan strategi blended learning dengan strategi ekspositori serta untuk mengetahui respon peserta didik terhadap media pembelajaran edmodo. Penelitian ini menggunakan metode kuasi eksperimen. Sampel penelitian ini adalah peserta didik kelas XI MIPA 1 dan XI MIPA 3 SMA Negeri 1 Martapura yang dipilih dengan menggunakan teknik cluster random sampling. Data penelitian didapatkan setelah memberikan perlakuan di kelas eksperimen dan kelas kontrol serta pengisian angket respon, kemudian data dianalisis secara deskriptif dan inferensial. Hasil analisa data menunjukkan: 1) Terdapat perbedaan hasil belajar yang signifikan antara kelas kontrol yang menggunakan strategi ekspositori dan kelas eksperimen yang menggunakan strategi blended learning. Kelas eksperimen memiliki rata-rata yang lebih baik dibandingkan kelas kontrol. 2) Peserta didik memberikan respon yang positif terhadap pembelajaran blended learning yang menggunakan media pembelajaran edmodo.
References
Ainiyah, Z. 2015. Penggunaan Edmodo Sebagai Media Pembelajaran E-Learning pada Mata Pelajaran Otomatisasi Perkantoran di SMKN 1 Surabaya. JPAP. 3 (3): 1-13.
Allen, I. E., J. Seaman dan R. Garret. 2007. Blending in The Extent and Promise of Blended Education in the United States. Sloan-CTM, USA.
Al-Huneidi, A. M. Dan Schreues, J. 2012. Constructivism Based Blended Learning in Higher Education. iJET. 2 (1): 4-9.
Al-Said, K. M. 2015. Student's Perception of Edmodo and Mobile Learning and their Real Barriers Towards them. iJET. 14 (2): 167-180.
Alshawi, S. T. dan F. A. Alhomoud. 2016. The Impact of Using Edmodo on Saudi University EFL Students' Motivation and Teacher-Student Communication. International Journal of Education. 8 (4): 105-121.
Arifin, M. 1995. Pengembangan Program Pengajaran Bidang Bidang Studi Kimia. Airlangga University Pres, Jakarta.
Gastelú, C.A.T., A.L. Dominguez, M.A.F. Garcia, G. Kiss dan A.R.A. Espinoza. 2015. Student's Perception about Online Interaction, Access and Publishing Content for Academic Use. TOJET. 14 (3): 138-144.
Herlambank, M.A. 2015. Hubungan Penggunaan Media Pembelajaran Edmodo dengan Hasil Belajar Siswa pada Pelajaran Simulasi Digital Di Smk Negeri 1 Gombong. Skripsi Sarjana. Universitas Negeri Yogyakarta, Yogyakarta. Dipublikasikan.
Kamarga, H. 2011. Constructing Online Based History Learning: Comparison Of Learning Content Management System (LCMS) To Learning Management System (LMS). International Journal of History Education. XII (2): 255-273.
Middlecamp dan E. Kean. 1985. Panduan Belajar Kimia Dasar. PT Gramedia Jakarta, Jakarta.
Mujib, M. 2013. Pengaruh Penggunaan Internet Terhadap Hasil Belajar Siswa Sekolah Menengah Atas Di Kota Yogyakarta. Skripsi sarjana. Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga Yogyakarta, Yogyakarta. Dipublikasikan.
Naimah, N.J., Supartono dan S. Wardani. 2015. Penerapan Pembelajaran Berbasis Proyek Berbantuan E-learning untuk Meningkatkan hasil Belajar Siswa. Jurnal Inovasi Pendidikan Kimia. 9 (2): 1566-1574.
Pradnyawati, L. I., I. N. Suparta dan Sariyasa. 2014. Pengaruh Strategi Blended Learning dalam Pembelajaran Kooperatif Terhadap Motivasi Belajar Matematika Ditinjau dari Gaya Belajar Siswa di SMPK 2 Harapan. JPPU. 3 (1): 1-11.
Schober, A. dan Keller, L. 2014. Impact Factors for Learner Motivation in Blended Learning Environments. iJET. 7 (2): 37-41.
Sumargo, E. dan Leny Yuanita. 2014. Penerapan Media Laboratorium Virtual (PhET) pada Materi Laju Reaksi dengan Model Pengajaran Langsung. Unesa Journal of Chemical Education. 3 (1): 119-133.
Suriadhi, G., D.W Tastra, dan I.W Suwatra. 2014. Pengembangan E-learning Berbasis Edmodo pada Mata Pelajaran IPA Kelas VIII di SMP Negeri 2 Singaraja. Journal Edutech Universitas Ganesha. 2 (1).
Toffler, A. 1980. Future Shock The Third Wave. Batam Books, New York.