PENERAPAN STRATEGI PEMBELAJARAN POE (PREDICT-OBSERVE-EXPLAIN) UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR DAN KETERAMPILAN BERPIKIR KRITIS SISWAPADA MATERI LARUTAN PENYANGGA

  • Ryan Setiawan Program Studi Pendidikan Kimia FKIP Universitas Lambung Mangkurat
  • Bambang Suharto Program Studi Pendidikan Kimia FKIP Universitas Lambung Mangkurat
  • Rilia Iriani Program Studi Pendidikan Kimia FKIP Universitas Lambung Mangkurat
Keywords: POE, keterampilan berpikir kritis, hasil belajar

Abstract

Penelitian tentang penerapan strategi pembelajaran POE (predict-observe-explain) pada materi larutan penyangga bertujuan untuk mengetahui peningkatan (1) aktivitas , (2) keterampilan berpikir kritis, dan (3)hasil belajar siswa. Penelitian ini menerapkan jenis penelitian tindakan kelas (PTK) yang terdiri 2 siklus. Objek penelitian adalah 22 siswa kelas XI IPA 1 SMAN 1 Tamban. Instrumen penelitian berupa lembar observasi, tes hasil belajar dan keterampilan berpikir kritis. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwadengan penerapan stratgei POE terjadi peningkatan dari siklus I ke siklus II yang meliputi (1) terjadi peningkatan skor aktivitas siswa dari 58,6% (cukup aktif) pada siklus I menjadi 77,3% (aktif) pada siklus II (2) terjadi peningkatan keterampilan berpikir kritis siswa dari 70,5% (kritis) pada siklus I menjadi 86,4%  (sangat kritis) pada siklus II (3) hasil belajar aspek pengetahuan siswa meningkat dengan skor 73,9 (kurang) pada siklus I menjadi 84,05 (baik) pada siklus II (4) hasil belajar aspek sikap siswa meningkat dari 2,53 (baik) pada siklus I menjadi 3,05 (baik) pada siklus II (5) terjadi peningkatan hasil belajar aspek keterampilan siswa dari 78,40 (cukup) pada siklus I menjadi 88,63 (baik) pada siklus II.

Published
2019-04-23
How to Cite
Setiawan, R., Suharto, B., & Iriani, R. (2019). PENERAPAN STRATEGI PEMBELAJARAN POE (PREDICT-OBSERVE-EXPLAIN) UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR DAN KETERAMPILAN BERPIKIR KRITIS SISWAPADA MATERI LARUTAN PENYANGGA. JCAE (Journal of Chemistry And Education), 1(1), 143-150. Retrieved from https://jtam.ulm.ac.id/index.php/jcae/article/view/76