KEEFEKTIFAN MEDIA PREZI DAN FLASH TERHADAP HASIL BELAJAR KOGNITIF SISWA DENGAN MODEL PEMBELAJARAN CONNECTING, ORGANIZING, REFLECTING & EXTENDING MATERI HIDROLISIS GARAM DI SMA NEGERI 6 BANJARMASIN

  • Hj Eva Raihana Program Studi Pendidikan Kimia FKIP Universitas Lambung Mangkurat
  • Rilia Iriani Program Studi Pendidikan Kimia FKIP Universitas Lambung Mangkurat
  • Leny Leny Program Studi Pendidikan Kimia FKIP Universitas Lambung Mangkurat
Keywords: model pembelajaran CORE, prezi, flash, hidrolisis garam, hasil belajar kognitif

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui (1) perbedaan hasil belajar kognitif yang signifikan (2) media pembelajaran mana yang lebih efektif digunakan antara media prezi dan media flash, di kelas XI SMA Negeri 6 Banjarmasin. Penelitian ini menggunakan metode eksperimen semu (quasy experiment) dengan desain pretest-posttest nonequivalent control group design. Sampel penelitian adalah kelas XI MIA 1 sebagai kelas kontrol, XI MIA 2 sebagai kelas eksperimen 2, dan XI MIA 3 sebagai kelas eksperimen 1. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik tes. Teknik analisis data menggunakan uji Anava 1 jalur dan uji N-gain untuk menganalisis hasil belajar kognitif siswa yang belajar menggunakan model CORE berbantuan media prezi, CORE berbantuan media flash, danmodel CORE saja. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) terdapat perbedaan hasil belajar kognitif yang signifikan antara siswa pada kelas eksperimen 1, eksperimen 2, dan kontol (2) penggunaan model pembelajaran CORE berbantuan media prezi dan model pembelajaran CORE berbantuan media flash sama-sama efektif diterapkan pada proses pembelajaran dibandingkan dengan penggunaan model CORE saja.

Published
2019-04-23
How to Cite
Raihana, H. E., Iriani, R., & Leny, L. (2019). KEEFEKTIFAN MEDIA PREZI DAN FLASH TERHADAP HASIL BELAJAR KOGNITIF SISWA DENGAN MODEL PEMBELAJARAN CONNECTING, ORGANIZING, REFLECTING & EXTENDING MATERI HIDROLISIS GARAM DI SMA NEGERI 6 BANJARMASIN. JCAE (Journal of Chemistry And Education), 1(1), 58-64. Retrieved from https://jtam.ulm.ac.id/index.php/jcae/article/view/67