MENINGKATKAN HASIL BELAJAR DAN KETERAMPILAN MENGAMBIL KEPUTUSANDENGAN PENERAPAN MODEL POE PADA MATERI HIDROLISIS GARAM KELAS XI-MIA 2 MAN KELUA TAHUN PELAJARAN 2016/2017

  • Erni Muslimah Program Studi Pendidikan Kimia FKIP Universitas Lambung Mangkurat
  • Siti Halimah Nurdiniah Program Studi Pendidikan Kimia FKIP Universitas Lambung Mangkurat
  • Mahdian Mahdian Program Studi Pendidikan Kimia FKIP Universitas Lambung Mangkurat
Keywords: keterampilan mengambil keputusan, POE, hidrolisis

Abstract

Telah dilakukan penelitian tentang penerapan model POE pada materi hidrolisis garam di kelas XI-MIA 2 MAN Kelua tahun pelajaran 2016/2017. Tujuan penelitian ini adalah (1) meningkatkan ketuntasan aspek pengetahuan yang dimiliki siswa (2) meningkatkan keterampilan mengambil keputusan siswa terhadap pembelajaran menggunakan model POE. Jenis penelitian yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Penelitian tindakan kelas ini dilakukan dalam dua siklus dengan total tiga kali pertemuan. Tindakan dilakukan pada siswa kelas XI-MIA 2 MAN Kelua dengan jumlah 35 orang. Data dikumpulkan dan dianalisis secara kuantitatif dan kualitatif di setiap akhir siklus. Hasil analisis menunjukkan bahwa  (1) ketuntasan aspek pengetahuan siswa meningkat dari 57% menjadi 89%, (2) keterampilan mengambil keputusan siswa meningkat dari kategori terampil menjadi sangat terampil.

Published
2019-04-22
How to Cite
Muslimah, E., Nurdiniah, S., & Mahdian, M. (2019). MENINGKATKAN HASIL BELAJAR DAN KETERAMPILAN MENGAMBIL KEPUTUSANDENGAN PENERAPAN MODEL POE PADA MATERI HIDROLISIS GARAM KELAS XI-MIA 2 MAN KELUA TAHUN PELAJARAN 2016/2017. JCAE (Journal of Chemistry And Education), 1(1), 46-51. Retrieved from https://jtam.ulm.ac.id/index.php/jcae/article/view/64