MENINGKATKAN MOTIVASI DAN HASIL BELAJAR PADA MATERI REAKSI REDOKS DAN TATA NAMA SENYAWA MENGGUNAKAN MODEL ROTATING TRIO EXCHANGE (RTE) BERBANTUAN MEDIA AUDIO VISUAL
Abstract
Penelitian tentang penggunaan model pembelajaran rotating trio exchange (RTE) berbantuan media audio visual pada materi reaksi redoks dan tata nama senyawa di kelas X IPA 4 SMAN 8 Banjarmasin bertujuan untuk mengetahui motivasi, hasil belajar, dan respon peserta didik. Penelitian menggunakan rancangan penelitian tindakan kelas dengan 2 siklus. Instrumen penelitian berupa tes dan nontes. Data dianalisis dengan Teknik analisis kuantitatif dan analisis kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) terjadi peningkatan motivasi peserta didik dari kategori cukup tinggi menjadi tinggi, (2) terjadi peningkatan hasil belajar aspek pengetahuan sebesar 17% dengan rata-rata hasil belajar siklus I sebesar 59% (tidak tuntas) dan pada siklus II sebesar 76% (tuntas), terjadi peningkatan hasil belajar aspek sikap peserta didik dari predikat cukup menjadi baik, dan (3) peserta didik memberikan respon positif terhadap pembelajaran menggunakan model pembelajaran RTE berbantuan media audio visual pada materi reaksi redoks dan tata nama senyawa.
References
Nurhayati, W., Yasmi, A. E., dan Erviyenni. (2013). Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Rotating Trio Exchange (RTE) Sebagai Upaya Peningkatan Prestasi Belajar Siswa pada Pokok Bahasan Reaksi Reduksi Oksidasi di Kelas X SMA Negeri 2 Pekanbaru. Riau: Universitas Riau.
Nuryanti, Ni Wayan, Sihaloh, M., dan Lukum, A. (2014). Menggunakan Media Kartu pada Materi Reaksi Reduksi di Kelas X-1 SMA Negeri 1 Tapa. Goronntalo: UNG.
Sumarni, W., Soeprodjo, Puji R.K. (2009). Efektivitas Penerapan Metode Kasus Menggunakan Media Audio Visual Terhadap Hasil Belajar Kimia Siswa SMA. Jurnal Inovasi Pendidikan Kimia, 3(1).
Widodo, T., & Kadarwati, S. (2013). Higher Order Thinking Berbasis Pemecahan Masalah untuk Meningkatkan Hasil Belajar Berorientasi Pembentukan Karakter Siswa. Cakrawala pendidikan No.1.
Wilujeng, P.D., Rusman, Nasir, M. (2016). Penerapan Model ARCS untuk Meningkatkan Ketuntasan Belajar Siswa pada Materi Hidrokarbon SMAN 1 Baitussalam. Jurnal Ilmiah Mahasiswa Pendidikan Kimia (JIMPK),1(4).
Copyright (c) 2020 JCAE (Journal of Chemistry And Education)
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International License.