MENINGKATKAN MOTIVASI DAN HASIL BELAJAR MELALUI MODEL PEMBELAJARAN AUDITORY, INTELLECTUALLY, REPETITION PADA MATERI LARUTAN PENYANGGA DI KELAS XI IPA SMA MUHAMMADIYAH 1 BANJARMASIN
Abstract
Telah dilakukan penelitian tentang penerapan model pembelajaran Auditory, Intellectually, Repetition pada materi larutan penyangga yang bertujuan untuk mengetahui (1) peningkatan aktivitas guru, (2) peningkatan aktivitas siswa, (3) motivasi belajar siswa, (4) peningkatan hasil belajar siswa. Penelitian ini menggunakan rancangan PTK dengan 2 siklus. Objek penelitian adalah siswa kelas XI IPA SMA Muhammadiyah I Banjarmasin dengan jumlah 26 siswa. Data dikumpulkan melalui teknik observasi, tes hasil belajar dan angket motivasi.Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) aktivitas guru meningkat dari 69,25% (baik) pada siklus I menjadi 84,17% (sangat baik) pada siklus II (2) aktivitas siswa meningkat dari 67,43% (cukup) pada siklus I menjadi 83,34% (baik ) pada siklus II (3) motivasi siswa meningkat dari 68% (sedang) pada siklus I menjadi 77 (tinggi) pada siklus II (4) terjadi peningkatan aspek afektif siswa dari 68,17% (baik) pada siklus I menjadi 78,46% (baik) pada siklus II (5) terjadi peningkatan aspek psikomotorik siswa dari 66,92% (cukup) pada siklus I menjadi 78,08% (baik) pada siklus II dan persentase hasil belajar kognitif meningkat dari 64,10% pada siklus I menjadi 83,63% pada siklus II.
References
Fauji, A., & Winarti, A. (2015). Meningkatkan KeterampilanBerpikir Kritis dan Hasil Belajar Siswa Melalui Model Pembelajaran Auditory, Intellectually, Repetition (AIR) pada Materi Hidrolisis Garam di Kelas XI IPA 2 SMA PGRI 6 Banjarmasin. Quantum, Jurnal Inovasi Pendidikan Sains, 1-10.Hamalik, O. (2014). Kurikulum dan Pembelajaran.Jakarta: Bumi Aksara.Hardiyanti, I. G., Wahyuni, D. S., & Darmawiguna, I. G. (2013). Pengaruh penggunaan model pembelajaran Auditory Intellectually Repetition (AIR) terhadap hasil belajar siswa kelas X. KARMAPATI, 519-524.Haryuningsih, A. D., & Sutarni, S. (2013). Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Auditory Intellectually Repetition dalam Pembelajaran Matematika Terhadap Hasil Belajar Ditinjau dari Kedisiplinan Siswa.Surakarta: Universitas Muhammadiyah Surakarta.Khadijah, S., & Sukmawati, R. (2013). Efektivitas Model Pembelajaran Auditory Intellectually Repetition dalam Pengajaran Matematika di Kelas VII MTs. Jurnal Pendidikan Matematika, 68-75.Shoimin, A. (2014). 68 Model Pembelajaran Inovatif dalam Kurikulum 2013.Yogyakarta: AR-RUZZ Media.Suriansyah, Aslamiah, Sulaiman, & Noorhafizah. (2014). Strategi Pembelajaran.Jakarta: PT Raja Grafindo.