MODEL PEMBELAJARAN DEBAT AKTIF BERBASIS ICT PADA MATERI KOLOID DAN KETERAMPILAN BERPIKIR KRITIS SISWA
Abstract
Tujuan penelitian ini untuk mengetahui keefektifan model pembelajaran debat aktif berbasis ICT dalam mengukur keterampilan berpikir kritis peserta didik. Secara khusus, penelitian ini memiliki tujuan yaitu: (1) Menganalisis perbedaan keterampilan berpikir kritis peserta didik yang belajar materi koloid dengan menggunakan model pembelajaran debat aktif berbasis ICT dan menggunakan model pembelajaran Ekspoiotori, (2) Mendiskripsikan respon peserta didik yang menggunakan model pembelajaran debat aktif berbasis ICT. Dalam penelitian ini dilaksanakan menggunakan metode kuasi eksperimen dengan desain penelitian pretest-posttest non equivalen group design sebanyak total tujuh kali pertemuan. Teknik pengambilan sampel dengan menggunakan purposive sampling, teknik pengambilan data menggunakan angket dan tes. Data instrumen penelitian yang diperoleh untuk dianalisis menggunakan uji-t. Hasil pada penelitian menunjukkan bahwa: (1) Terdapat perbedaan yang signifikan pada keterampilan berpikir kritis peserta didik antara pembelajaran model debat aktif berbasis ICT dengan model pembelajaran Ekspositori. (2) Penerapan model pembelajaran debat aktif berbasis ICT dapat memberikan respon positif pada peserta didik.
References
Fauziyah. (2019). Pembelajaran model inquiri training berbantu metode debat untuk meningkatkan kemampuan berargumentasi dan hasil belajar siswa pada mata pelajaran pendidikan agama islam di kelas XI SMA Negeri 7 Cirebon. Jurnal Pendidikan, 4(4), 101-114.
Firdauzi, Widiantie, & Handayani. (2019). Penerapan model pembelajaran PBL dipadu metode debat terhadap kemampuan berargumen. Jurnal Pendidikan dan Biologi, 11(3), 49-54.
Fuchs, B. (2014). The Writing in on the wall: Using Padlet for Ehole-Class engagement. Loex Quarterly, 3(4), 7-9.
Kemendikbud. (2013). Kemendikbud. Retrieved September 19, 2018, from Karakteristik berpikir peserta didik: www.Kemendikbud.go.id/Main
Kirna, M. I., Sudria, N. B., & Tegeh, M. I. (2015). Apa Respoden dan harapan siswa SMA tentang Blanded Learning. Jurnal Pendidikan dan Pengajaran, 3(5), 15-36.
Maulina, Mashudi, & Sulistyarini. (2016). Efektivitas pembelajaran metode debat terhadap kemampuan berpikir kritis dan kemampuan berkomunikasi pada mata pelajaran ekonomi. Jurnal Pendidikan Untan, 5(6), 1-17.
Nurchabibah. (2011). Keefektifan metode debat aktif dalam pembelajaran diskusi pada siswa kelas X SMA Negeri 1 Kutowinangun. Program Studi Bahasa dan Sastra Indonesia Fakultas Bahasa dan Seni Universitas Yogyakarta, 5(2), 71-79.
Nurviyani, V. (2018). Fostering college students critical reading skill through padlet aplication. Jurnal Pendididkan Bahasa dan Satra, 17(4), 66-74.
Pratama, H., Nurcahyo, K., Hertanto, M. A., Marina, R., Rosyidah, S., & Kristianto, V. A. (2016). Panduan Debat Kompetitif. Yogyakarta: Andi.
Suryadi, A. (2007). Pemanfaatan ICT dalam pembelajaran. Jurnal Pendidikan Terbuka Jarak Jauh, 8(3), 83-98.
Syahmani, Iriani, B., & Aisyah, N. (2018). Pengaruh E-learning berbasis Schoology pada hasil belajar dan keterampilan pemecahan masalah di indonesia kimia. Advances in Social Science, Education and Humanities Research, 274(5), 301-307.
Wahdan, W. Z., Sulistina, O., & Sukariningsih, D. (2017). Analisis kemampuan berargumen ilmiah materi ikatan kimia peserta didik SMA, MAN dan Perguruan Tinggi Tingkat I. J-PEK, Jurnal Pembelajaran Kimia, 2(2), 30-40.
Widodo, W., Qosyim, A., & Pramesswari, A. S. (2016). Penerapan strategi debat aktif untuk melatihkan keterampilan berpikir kritis. Jurnal Pendidikan Sains, 7(3), 17-24.
Widoyoko, E. P. (2016). Teknik Penyususan Intrumen Penelitian. Yogyakarta: Pustaka Belajar.
Winarti, A., & Fauji, A. (2015). Meningkatkan keterampilan berpikir kritis dan hasil belajar siswa melalui model pembelajaran Auditory, Intellectually, Repetition (AIR) pada materi hidrolisis garam di kelas XI IPA 2 SMA PGRI 6 Banjarmasin. Quantum Jurnal Inovasi Pendidikan, 6(2), 1-10.
Copyright (c) 2020 JCAE (Journal of Chemistry And Education)
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International License.