MENINGKATKAN KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH DAN HASIL BELAJAR MELALUI MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM SOLVING MATERI REAKSI REDUKSI DAN OKSIDASI
Abstract
Telah dilakukan penelitian guna meningkatkan (1) hasil belajar (a) pengetahuan, (b) sikap, (c) keterampilan, dan (2) kemampuan pemecahan masalah melalui model problem solving pada materi reaksi redoks. Penelitian dilakukan di kelas X MIPA 5 SMAN 2 Banjarmasin. Hasil penelitian menunjukkan: (1) hasil belajar (a) pengetahuan meningkat sebesar 32,41%, (b) sikap meningkat sebesar 54,84%, (c) keterampilan meningkat sebesar 51,61%, dan (2) kemampuan pemecahan masalah meningkat sebesar 47,43%.
References
Amanda, R. R., Suharto, B., & Mahdian. (2017). Meningkatkan Aktivitas dan Hasil Belajar Siswa dengan Model Pembelajaran Inkuiri Terbimbing pada Materi Redoks. QUANTUM Jurnal Inovasi Pendidikan Sains, 8(1), 43-51.
Arif, Istiadji, M., & Syahmani. (2018). Implementasi Problem Based Learning Berbantuan Diskusi Daring terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah dan Hasil Belajar Kimia pada Materi Larutan Penyangga. Journal of Chemistry and Education, 1(3), 237-244.
Ariyanto, M., Kristin, F., & Anugraheni, I. (2018). Penerapan Model Pembelajaran Problem Solving untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis dan Hasil Belajar Siswa. Jurnal Guru Kita, 2(3), 106-115.
Aryanti, R. & Kusasi, M. (2016). Pembelajaran Kimia Berbasis Problem Solving Menggunakan Laboratorium Riil dan Virtual Ditinjau dari Gaya Belajar dan Hasil Belajar pada Materi Larutan Elektrolit dan Nonelektrolit. QUANTUM Jurnal Inovasi Pendidikan Sains, 7(2), 135-138.
Bashir, M. A., Kabir, R., & Rahman, I. (2016). The Value and Effectiveness of Feedback in Improving Students’ Learning and Professionalizing Teaching in Higher Education. Journal of Education and Practice, 7(16), 38-41.
Dasrita, Y. (2018). Meningkatkan Hasil Belajar Kimia Siswa Kelas XI SMA Negeri 1 Bangkinang Melalui Metode Pembelajaran Problem Solving. Jurnal Pendidikan Tambusai, 2(5), 1116-1126.
Hartini, E. M., Kusasi, M., & Iriani, R. (2017). Meningkatkan Keterampilan Proses Sains dan Hasil Belajar Melalui Model Problem Solving dengan Pendekatan Saintifik pada Materi Hidrolisis Garam. Journal of Chemistry and Education, 1(1), 37-45.
Hasan, B. (2019). The Analysis of Students’ Critical Thinking Ability with Visualizer-Verbalizer Cognitive Style. International Journal of Trends Education Research, 2(3), 142-147.
Iqbal, M., Rudibyani, R. B., & Efkar, T. (2018). Penerapan Model Problem Solving dalam Meningkatkan Penguasaan Konsep Materi Asam Basa Arrhenius. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Kimia, 7(1), 50-62.
Kemmis, S., McTaggart, R., & Nixon, R. (2014). The Action Research Planner. Victoria: Springer.
Kharisma, F. N., Susilowati, S. M. E., & Ridlo, S. (2018). Problem Solving Ability in Four Models of Learning. Journal of Innovative Science Education, 7(2), 229-236.
Novianti, D., Rusmansyah, & Kusasi, M. (2017). Meningkatkan Aktivitas dan Hasil Belajar Siswa Melalui Model Pembelajaran Problem Posing pada Materi Larutan Penyangga. Journal of Chemistry and Education, 1(1), 15-27.
Nurdyansah, S., Masitoh, & Bachri, B. S. (2018). Problem Solving Model with Integration Pattern: Student’s Problem Solving Capability. Advances in Social Science, Education, and Humanities Research, 173, 258-261.
Nursidah, Suharto, B., & Rusmansyah. (2019). Penerapan Model Guided Discovery Learning untuk Meningkatkan Keterampilan Berpikir Kritis dan Hasil Belajar. Jurnal Vidya Karya, 34(1), 26-38.
Putri, F. R., Suharto, B., & Rusmansyah. (2019). Penerapan Model Pembelajaran Inkuiri Terbimbing terhadap Hasil Belajar Peserta Didik pada Materi Koloid. Journal of Chemistry and Education, 3(2), 47-54.
Santi, Suharto, B., & Leny. (2019). Model Project Based Learning Berbantuan Media Chemondro, Motivasi, dan Hasil Belajar. Jurnal Vidya Karya, 34(2), 122-131.
Saygili, S. (2017). Examining the Problem Solving Skills and the Strategies Used by High School Students in Solving Non Routine Problems. E-International Journal Education Research, 8(2), 91-114.
Simamora, R. E., Saragih, S., & Hasratuddin. (2019). Improving Students’ Problem Solving Ability and Self-Efficacy through Guided Discovery Learning in Local Culture Context. International Electronic Journal of Education, 14(1), 51-72.
Singaravelu, S. (2017). Problem Solving Ability of Higher Secondary Chemistry Students. IOSR Journal of Research and Method in Education, 7(4), 19-22.
Ulya, H., Rudibyani, R. B., & Efkar, T. (2018). Pengembangan Modul Kimia Berbasis Problem Solving pada Materi Asam Basa Arrhenius. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Kimia, 7(1), 129-141.
Vogler, A. M., Prediger, S., Quasthoff, U., & Heller, V. (2018). Students’ and Teachers’ Focus of Attention in Classroom Interaction Subtle Sources for the Reproduction of Social Disparities. Education Research Journal, 30, 299-323.
Winarti, E. & Suharto, B. (2017). Meningkatkan Motivasi dan Hasil Belajar Melalui Model Pembelajaran Auditory, Intellectually, Repetition pada Materi Larutan Penyangga di Kelas XI IPA SMA Muhammadiyah 1 Banjarmasin. Journal of Chemistry and Education, 1(1), 28-36.
Zulfah & Senam. (2018). Problem Solving Ability of Students with Disciplinary Literacy Instruction. International Journal of Cognitive Research in Science, Engineering, and Education, 6(2), 81-88.
Copyright (c) 2020 JCAE (Journal of Chemistry And Education)
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International License.