IDENTIFIKASI KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS DAN EFIKASI DIRI SISWA SMA NEGERI KELAS XI IPA SE KOTA BANJARMASIN PADA MATERI LAJU REAKSI

  • Muhammad Naparin Program Studi Pendidikan Kimia FKIP Universitas Lambung Mangkurat
  • Rusmansyah Rusmansyah Program Studi Pendidikan Kimia FKIP Universitas Lambung Mangkurat
  • Almubarak Almubarak Program Studi Pendidikan Kimia FKIP Universitas Lambung Mangkurat
Keywords: Kemampuan berpikir kritis, laju reaksi, self efficacy, respon

Abstract

Penelitian ini bertujuan mengetahui tingkat kemampuan berpikir kritis siswa SMA Negeri. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI SMA Negeri di kota Banjarmasin. Pengambilan sampel dilakukan dengan teknik purposive random sampling artinya dari seluruh populasi dipilih 4 SMA Negeri yang tergolong tinggi yaitu SMA Negeri 2 Banjarmasin, tergolong sedang yaitu SMA Negeri  6 Banjarmasin dan SMA Negeri 8 Banjarmasin dan tergolong rendah yaitu SMA Negeri 12 Banjarmasin. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik tes untuk mengetahui kemampuan siswa pada materi laju reaksi kelas XI dan teknik angket. Teknik analisis data menggunakan teknik persentase. Hasil penelitian menunjukkan bahwa rata-rata kemampuan berpikir kritis siswa SMA Negeri 2 yaitu 75,5%,  lebih baik dari SMA Negeri 6 yaitu 74,5%, SMA Negeri 8 yaitu 61,4% dan SMA Negeri 12 yaitu 57,3%. Rata-rata sefl efficacy SMA Negeri 2 yaitu 89,6%, lebih baik dari SMA Negeri  6 Banjarmasin yaitu kritis yaitu 83%, SMA Negeri 8 Banjarmasin yaitu 81,4% dan SMA Negeri 12 Banjarmasin yaitu 78,7%. Respon terhadap soal kemampuan berpikir kritis SMA Negeri 2 yaitu 44,48 dan pada SMA Negeri 6 yaitu 42,78, kateria sangat baik sedang SMA baik pada model pembelajaran problem based learning berbasis lahan basah.

References

Rusmansyah, R., & Asranudin, A. (2017). Application of GI-TPS Model to Skills Critical Thinking and Self Efficacy. Journal of Educational Science and Technology (EST), 3(3), 198-203.

Bandura. (1986). Social Foundations Of Thought and Action. A Social.
Corebima. A. D. (2009). Pelatihan PBMP (Peberdayaan Berpikir Melalui Pertanyaan) Pada Pembelajaran Bagi Para Guru dan Mahasiswa Sains Biolog dalm Rangka RUKK VA. 25 Juni.

Depdiknas. (2006). Model Silabus dan Rencana Pelaksanaan Pembelajaran Mata Pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam. Jakarta: Depertemen Pendidikan Nasional.

Dilekli. Y. (2017). The Relationships Between Critical Thinking Skills And Learning Styles Of Gifted Students. European Jornal Of Education Studies, 2 (2).

Endriani, R., Sundaryono, A., & Elvia, R. (2018). Pengembangan Media Pembelajaran Kimia Menggunakan Video untuk Mengukur Kemampuan Berfikir Kritis Siswa. PENDIPA Journal of Science Education, 2(2), 142-146.

Hanifah, N. H. (2012). Peningkatan Self Efficacy Dan Berpikir Kritis Melalui Penerapan Model Pembelajaran Inkuiri Materi Pokok Asam Basa Kelas XI SMAN 9 Surabaya (Increase In Self Efficacy And Critical Thinking Through Implementation Model Study Of Inkuiry On Subject Matter O. Unesa Journal of Chemical Education, 1(2).

Hayudiyani, M., Arif, M., & Risnasari, M. (2017). Identifikasi Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Kelas X TKJ Ditinjau Dari Kemampuan Awal dan Jenis Kelamin Siswa di SMKN 1 Kamal. Jurnal Ilmiah Edutic, 4(1), 21-27.

Inggriyani. F dan Fazriyah. N. (2015). Analisis Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Dalam Pembelajaran Menulis Narasi di Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Dasar, 8 (1).

Jatisunda. M. G. (2017). Hubungan Self Efficacy Siswa SMP dengan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis. Jurnal Theorems (The Original Research Of Mathematics), 1 (2).

Lavadores. A. K. C, Escobedo. P. S and Sosa. J. P. (2017). Academia Self Efficacy Of High Achieving Students In Mexico. Journal Of Curriculum And Teaching, 6 (2).

Listiani, W. O. (2019). Peningkatan Kemampuan Berpikir Kritis Matematik Dan Self-Efficacy Siswa Sekolah Menengah Atas Dengan Model Pembelajaran Berbasis Masalah Kontekstual. Jurnal Pendidikan Matematika, 8(1), 67-77.

Mamu, H. D. (2014). Profil keterampilan berpikir kritis dan metakognisi siswa dalam pembelajaran IPA Biologi di SMP. Kreatif, 17(3).

Nugraha, A. J., Suyitno, H., & Susilaningsih, E. (2017). Analisis kemampuan Berpikir Kritis Ditinjau dari Keterampilan Proses Sains dan Motivasi Belajar melalui Model PBL. Journal of Primary Education, 6(1), 35-43.

Rahdar. A, Pourghaz. A and Marziyeh. A. (2018). The Impact Teaching Philosophy For Children on Critical Openness and Reflective Skepticism in Developing Critical Thinking and Self Efficacy. International Journal Of Instruction, 11 (3).

Salbiah, S. (2017). Profil Keterampilan Berpikir Kritis Siswa Menggunakan Pembelajaran Discovery Inquiry pada Konsep Koloid. JTK (Jurnal Tadris Kimiya), 2(1), 109-115.

Siregar, Y. A., & Sukatno, S. (2017). Hubungan Self-Efficacy dan Sikap Positif terhadap Prestasi Akademik Siswa SMK Negeri 1 Sipirok. MES: Journal of Mathematics Education and Science, 3(1), 22-29.

Sugiyono. (2012). Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif dan R & D. Bandung: Alfabeta.

Suhendi, H. Y., Utari, S., & Hasanah, L. (2018). Profil Kemampuan Berpikir Kritis dan Peningkatan Prestasi Belajar Siswa SMA melalui Penerapan Strategi Problem Solving dengan Reading Infusion. Gravity: Scientific Journal of Research and Learning Physics, 4(1).

Sulthon. (2014). Membangun Efikasi Diri Untuk Meningkatkan Performansi Siswa di Sekolah . Journal Elementary, 2 (2).

Toppin. N and Chitsonga. S. (2016). Critical Thinking Skills and Academic Maturity : Emerging Results From A Five-Year Quality Enhancement Plan (QEP) Study. Journal Of Inquiry & Action In Education, 7 (2).

Wati, R., Rusmansyah, R., & Sholahuddin, A. (2016). Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis dan Hasil Belajar Siswa Kelas XI IPA 2 SMA PGRI 4 Banjarmasin Pada Konsep Sistem Koloid Melalui Model Problem Based Learning. Quantum: Jurnal Inovasi Pendidikan Sains, 5(2).

Yunita, S., Rohiat, S., & Amir, H. (2018). Analisis Kemampuan Berpikir Kritis Mata Pelajaran Kimia pada Siswa Kelas XI IPA SMAN 1 Kepahiang. Alotrop, 2(1).

Zulfatin, V. L. (2014). Profil keterampilan proses sains siswa SMA dalam kegiatan praktikum materi elastisitas yang dinilai menggunakan penilaian kinerja (Doctoral dissertation, Universitas Pendidikan Indonesia).
Published
2020-05-26
How to Cite
Naparin, M., Rusmansyah, R., & Almubarak, A. (2020). IDENTIFIKASI KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS DAN EFIKASI DIRI SISWA SMA NEGERI KELAS XI IPA SE KOTA BANJARMASIN PADA MATERI LAJU REAKSI. JCAE (Journal of Chemistry And Education), 3(3), 106-117. https://doi.org/10.20527/jcae.v3i3.425