IMPLEMENTASI PROBLEM BASED LEARNING BERKONTEKS LAHAN BASAH PADA MATERI STOIKIOMETRI
Abstract
Penelitian dilakukan untuk mengetahui keterampilan proses sains dan hasil belajar peserta didik SMA Negeri 12 Banjarmasin. Problem based learning adalah model pembelajaran yang digunakan. Penelitian ini menggunakan metode quasi-eksperiment yang dilakukan dalam empat pertemuan. Variabel bebasnya adalah model pembelajaran. Teknik pengambilan sampel menggunakan purposive sampling. Teknik pengumpulan data menggunkan test dan non-test. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis deskriptif dan analisis inferensial. Hasil penelitian menunjukkan perbedaan yang signifikan pada keterampilan proses sains dan hasil belajar sikap peserta didik. Perbedaan hasil belajar pengetahuan yang signifikan ditunjukkan dari hasil uji-t kelas eksperimen dan kontrol. Hasil respon peserta didik kelas eksperimen menunjukkan hasil yang baik pada model pembelajaran problem based learning berbasis lahan basah.
References
Agusfianor, R., Istyadji, M., & Saadi, P. (2017). Kajian Keberlanjutan Pemahaman Konsep Siswa pada Materi larutan elektrolit dan redoks Kelas X MIA 3 SMA Negeri 5 Banjarmasin Tahun Ajaran 2016/2017. Journal Of Chemistry And Education (JCAE), 1(1), 111-118.
Arends, R. I. (2008). Belajar untuk Mengajar Edisi Ketujuh. Terj. Soetjipto HP Yogyakarta: Pustaka Pelajar.(Buku Asli diterbitkan 2007).
Arfianawati, S., Sudarmin, M., & Sumarni, W. (2016). Model Pembelajaran Kimia Berbasis Etnosains untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa. Jurnal Pengajaran MIPA, 21(1), 46-51.
Ariani, M., Hamid, A., & Leny, L. (2017). Meningkatkan Keterampilan Proses Sains dan Hasil Belajar Siswa pada Materi Koloid dengan Model Inkuiri Terbimbing (Guided Inquiry) pada Siswa Kelas XI IPA 1 SMA Negeri 11 Banjarmasin. Quantum: Jurnal Inovasi Pendidikan Sains, 6(1), 98-107.
Atmojo, S. E. (2012). Profil Keterampilan Proses Sains dan Apresiasi Siswa terhadap Profesi Pengrajin Tempe dalam Pembelajaran IPA Berpendekatan Etnosains. Jurnal Pendidikan IPA Indonesia, 1(2), 34-40.
Ekapti, R. F. (2016). Respon Siswa dan Guru dalam Pembelajaran IPA Terpadu Konsep Tekanan Melalui Problem Based Learning. Jurnal Pena Sains, 3(2), 109-115.
Fitriani, N. R., Widiyatmoko, A., & Khusniati, M. (2016). The Effectiveness of Ctl Model Guided Inquiri-based in the Topic of Chemicals in Daily Life to Improve Students' Learning Outcomes and Activeness. Jurnal Pendidikan IPA Indonesia, 5(2), 278-283.
Hariyanto, & Suyono. (2015). Belajar dan Pembelajaran: Teori dan Konsep Dasar. Bandung: Remaja Rosdakarya
Hartini, E. M., Kusasi, M., & Iriani, R. (2017). Meningkatkan Keterampilan Proses Sains dan Hasil Belajar Melalui Model Problem Solving dengan Pendekatan Saintifik pada Materi Hidrolisis Garam. Journal Of Chemistry And Education (JCAE), 1(1), 37-45.
Hosnan, M. (2016). Pendekatan Saintifik dan Kontekstual Dalam Pembelajaran Abad 21 Kunci Sukses Implementasi Kurikulum 2013. Bogor: Ghalia Indonesia.
Johnson, D. W., & Johnson, F. P. (2012). Dinamika Kelompok dan Keterampilan. Jakarta: Indeks.
Khairunnisa, K., Saadi, P., & Leny, L. (2017). Pengembangan Media Pembelajaran “Buku Teka-Teki Kimia” untuk Kelas XI SMA. Journal Of Chemistry And Education (JCAE), 1(1), 151-155.
Lestari, Nurmilawati, & Santoso. (2015). Penerapan Problem Based Learning (Pbl) Untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Dan Sikap Sosial Peserta Didik Kelas ViiI. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Biologi 2015 UNM , 465-471.
Mungzilina, A. K., Kristin, F., & Anugraheni, I. (2018). Penerapan model pebelajaran problem based learning untuk meningkatkan tanggungjawab dan hasil belajar siswa kelas 2 SD. Jurnal Kajian Penelitian Pendidikan dan Pembelajaran , 184-195.
Murni, S. (2016). Meningkatkan Hasil Belajar IPA, Sikap Tanggung Jawab dan Kerjasama Melalui Model Problem Based Learning. Basic Education, 5(29), 2-781.
Nargundkar, S., Samaddar, S., & Mukhopadhyay, S. (2014). A Guided Problem‐Based Learning (PBL) Approach: Impact on Critical Thinking. Decision Sciences Journal of Innovative Education, 12(2), 91-108.
Puspita, L. S. (2014). Pengaruh Model Problem Based Learning Dengan Metode Eksperimen Disertai Teknik Concept Map Dan Mind Map Terhadap Prestasi Belajar Biologi Ditinjau Dari Motivasi Belajar Dan Aktivitas Belajar Siswa. Jurnal Inkuiri , 85-89.
Redhana, I. W. (2013). Model Pembelajaran Berbasis Masalah untuk Peningkatan Keterampilan Pemecahan Masalah dan Berpikir Kritis. Jurnal Pendidikan dan Pengajaran, 46(1), 78-86.
Wahyudi, A. (2015). Pengaruh Problem Based Learning terhadap Keterampilan Proses Sains dan Hasil Belajar Biologi Siswa Kelas X SMA Negeri Jumapolo Tahun Pelajaran 2013/2014. Bio-Pedagogi, 4(1), 5-11.
Wirda, W., Gani, A., & Khaldun, I. (2015). Penerapan Pembelajaran Model Problem Based Learning (Pbl) Untuk Meningkatkan Keterampilan Proses Sains Dan Motivasi Belajar Siswa Pada Materi Alat-alat Optik. Jurnal Pendidikan Sains Indonesia (Indonesian Journal of Science Education), 3(2), 131-142.
Copyright (c) 2020 JCAE (Journal of Chemistry And Education)
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International License.