PENERAPAN PEMBELAJARAN DENGAN “CHEMISTRY MYSTERY BOX” PADA MATERI SISTEM KOLOID UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN BERPIKIR KREATIF DAN KOLABORASI SISWA

  • Rahimah Rahimah Program Studi Pendidikan Kimia FKIP Universitas Lambung Mangkurat
  • Atiek Winarti Program Studi Pendidikan Kimia FKIP Universitas Lambung Mangkurat
  • Parham Saadi Program Studi Pendidikan Kimia FKIP Universitas Lambung Mangkurat
Keywords: Project Based Learning, chemistry mystery box, keterampilan berpikir kreatif, keterampilan kolaborasi, sistem koloid

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan 1) keterampilan berpikir kreatif, 2) hasil belajar pengetahuan, 3) keterampilan kolaborasi, dan 4) hasil belajar aspek sikap siswa SMA Negeri 6 Banjarmasin melalui penerapan pembelajaran dengan “chemistry mystery box” pada materi sistem koloid. Metode yang dipakai adalah quasi experiment dengan desain “nonequivalent control group”. Sampel penelitian, yaitu kelas eksperimen sebanyak 34 orang dan kelas kontrol sebanyak 35 orang. Pengumpulan data menggunakan instrumen tes (keterampilan berpikir kreatif dan hasil belajar pengetahuan) dan instrumen non tes berupa angket respon siswa dan observasi (keterampilan kolaborasi dan hasil belajar aspek sikap) melalui analisis deskriptif dan uji-t. Adapun variabel bebas dalam penelitian adalah model pembelajaran dan variabel terikatnya adalah keterampilan (berpikir kreatif dan kolaborasi), hasil belajar (pengetahuan dan sikap). Hasil yang diperoleh menunjukkan 1) tingkat pencapaian keterampilan berpikir kreatif siswa kelas eksperimen sebesar 77,39% dan kelas kontrol sebesar 73,46% 2) N-gain hasil belajar pengetahuan siswa kelas eksperimen sebesar 0,73 berkualifikasi tinggi dan kelas kontrol sebesar 0,63 berkualifikasi sedang 3) rata-rata keterampilan kolaborasi siswa kelas eksperimen sebesar 76,85% dan kelas kontrol sebesar 70,29% 4) rata-rata hasil belajar aspek sikap siswa kelas eksperimen sebesar 3,96 dan kelas kontrol sebesar 3,5.

References

Anwar, M. N., Aness, M., Khizar, A., Naseer, M., & Muhammad, G. (2012). Relationship of Creative Thinking with the Academic Achievements of Secondary School Students. International Interdisciplinary Journal of Education, 1(3), 44-47.

Anantyarta, P. A & Sari, R. L. I. (2017). Keterampilan Kolaboratif Dan Metakognitif Melalui Multimedia Berbasis Means Ends Analysis. Jurnal Biologi dan Pembelajaran Biologi, 2(2), 33-43.

Fatmawati, B. (2011). Pembelajaran Berbasis Proyek untuk Meningkatkan Keterampilan Berpikir Kreatif Mahasiswa. Jurnal Pengajaran MIPA, 16(2), 85-95.

Fitria, A. (2017). Pengaruh Model Pembelajaran Project Based Learning Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Materi Koloid di MAN Indrapuri Aceh Besar. Jurnal Universitas Islam Negeri Ar-raniry.1(2).

Greenstein, L. (2012). Assessing 21st Century Skill: A Guide to Evaluating Mastery and Authentic Learning. United States of America: Corwin A Sage Company.

Herlina, L., & Qurbaniah, M. (2017). Analisis Kemampuan Berpikir Kreatif Siswa Pada Materi Virus Kelas X Mas Al-Mustaqim Sungai Raya 2. Jurnal Bioeducation, 2(1), 11-14.

Kusmana. (2014). Kemampuan Berpikir Kreatif Matematis. Makalah pada Pengantar Kurikulum. FITK UIN Syarif Hidayatullah, Jakarta. Tidak dipublikasikan.

Mahanal, S., Ericka Darmawan, A. D., Corebima., & Zubaidah, S. (2017). Pengaruh Pembelajaran Project Based Learning (PjBL) Pada Materi Ekosistem Terhadap Sikap dan Hasil Belajar Siswa SMAN 2 Malang. Jurnal Biologi FMIPA Universitas Negeri Malang, 1(1).

Mardiana, R. (2017). Pengaruh Model Pembelajaran Berbasis Proyek (PjBL) Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Konsep Impuls dan Momentum. Skripsi Program Studi Pendidikan Fisika. Universitas Islam Negeri Syarif Hidayatullah.

Nehe, M., Edy Surya., & Syahputra, E. (2017). Creative Thinking Ability to Solving Equation an Non-Equation of Linear Single Variable in VII Grade Junior High School. Journal of advance research and Innovative Ideas in Education, 3.

Nurdin, F. S., Sulastry, T., & Hasri. (2018). Pengaruh Penggunaan Media Pembelajaran Berbasis Macromedia Flash 8 Pada Model Pembelajaran Kooperatif Melalui Pendekatan Saintifik Terhadap Motivasi dan Hasil Belajar (Study Pada Materi Pokok Laju Reaksi). Chemistry education review (CER), 1, 29-43.

Pradita, Y., Mulyani, B., & Redjeki, T. (2015). Penerapan Model Pembelajaran Project Based Learning untuk Meningkatkan Prestasi Belajar dan Kreativitas Siswa Pada Materi Pokok Sistem Koloid Kelas XI IPA Semester Genap Madrasah Aliyah Negeri Klaten Tahun Pelajaran 2013/2014. Jurnal Pendidikan Kimia, 4(1), 89-96.

Saenab, S., Yunus, S.R., & Virninda, A.N. (2017). PjBL untuk Pengembangan Keterampilan Mahasiswa: Sebuah Kajian Deskriptif tentang Peran PjBL dalam Melejitkan Keterampilan Komunikasi dan Kolaborasi Mahasiswa. Artikel: Universitas Negeri Makassar. http://ojs.unm.ac.id/semnaslemlit/article/viewFile/3739/2136.

Sadiqin, I. K., Istiadji, M., & Winarti, A. (2017). Mengoptimalkan Potensi Otak Kanan Siswa dalam Pembelajaran Kimia. Quantum, Jurnal Inovasi Pendidikan Sains,7 (1), 27-35.

Sari, K.A., Prasetyo, Z.K., & Wibowo, W.S. (2017). Pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik Berbasis Model Project Based Learning untuk Meningkatkan Keterampilan Kolaborasi dan Komunikasi Peserta Didik Kelas VII. Jurnal Pendidikan Ilmu Pengetahuan Alam-S1, 6(8).

Smarabawa, I., Arnyana, I., & Setiawan, I. (2013). Pengaruh Model Pembelajaran Sains Teknologi Masyarakat terhadap Pemahaman Konsep Biologi dan Keterampilan Berpikir Kreatif Siswa SMA. e-Journal Pendidikan Pascasarjana Universitas Pendidikan Ganesha, 3, 1-28.

Ulfah, M., Bakti, I., & Saadi, P. (2018). Penerapan Pembelajaran Project Based Learning dengan Tungas Mind-Map Pada Materu Larutan Penyangga. Jurnal Pendidikan Kimia, 1(2), 1-8.

Wahyu., Rusmansyah., & Sholahuddin. A. (2017). Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kreatif dan Self Efficacy Siswa Menggunakan Model Creative Problem Solving Pada Materi Sistem Koloid. Jurnal Pendidikan Kimia, 1(1).

Widoyoko, E. P. (2017). Penilaian Hasil Pembelajaran di Sekolah. Yogyakarta: Pustaka Belajar.

Yuliana., Prasetyo, Z.K., & Hastuti, P.W. (2018) Pengembangan Modul IPA Berbasis Project Based Learning untuk Menumbuhkan Kreativitas Peserta Didik Kelas VII SMP. Jurnal Pendidikan Ilmu Pengetahuan Alam-S1, 7(4).
Published
2020-02-07
How to Cite
Rahimah, R., Winarti, A., & Saadi, P. (2020). PENERAPAN PEMBELAJARAN DENGAN “CHEMISTRY MYSTERY BOX” PADA MATERI SISTEM KOLOID UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN BERPIKIR KREATIF DAN KOLABORASI SISWA. JCAE (Journal of Chemistry And Education), 3(2), 74-81. https://doi.org/10.20527/jcae.v3i2.344