IMPLEMENTASI MODEL INQUIRY BASED LEARNING (IBL) BERBANTUAN MEDIA PERMAINAN KATA-LIST TERHADAP MOTIVASI DAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI KESETIMBANGAN ION DAN pH LARUTAN PENYANGGA

  • Linda Safitri Program Studi Pendidikan Kimia FKIP Universitas Lambung Mangkurat
  • Parham Saadi Program Studi Pendidikan Kimia FKIP Universitas Lambung Mangkurat
  • Rusmansyah Rusmansyah Program Studi Pendidikan Kimia FKIP Universitas Lambung Mangkurat
Keywords: IBL, media permainan kata-list, motivasi, hasil belajar, kesetimbangan ion dan pH larutan penyangga

Abstract

Telah dilakukan penelitian tentang implementasi model inquiry based learning (IBL) berbantuan media perminan kata-list terhadap motivasi dan hasil belajar. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui (1) perbedaan pada motivasi siswa, (2) perbedaan pada hasil belajar, (3) hubungan antara motivasi dan hasil belajar, (4) respon siswa. Metode penelitian ini adalah quasi experiment dengan desain equivalent control group. Sampel penelitian adalah kelas MIA 3 sebagai kelas kontrol dan MIA 1 sebagai kelas eksperimen di SMA Negeri 10 Banjarmasin. Variabel bebas adalah model IBL berbantuan media permainan kata-list, sedangkan variabel terikat adalah hasil belajar dan motivasi. Data dikumpulkan menggunakan teknik non-tes dan tes. Inferensial dan dekriptif merupakan teknik analisis data yang digunakan. Hasil yang diperoleh menunjukan adanya (1) perbedaan motivasi secara signifikan antara pembelajaran yang menerapkan pendekatan saintifik dengan berbantuan media permainan kata-list dan pembelajaran dengan pendekatan saintifik, (2) perbedaan hasil belajar pengetahuan yang signifikan pada pembelajaran yang menerapkan pendekatan sainfitik dengan berbantuan media permaianan kata-list dan pembelajaran dengan pendekatan saintifik, (3) hubungan positif antara motivasi dengan hasil belajar siswa, (4) siswa memberi respon sangat positif terhadap pembelajaran yang menerapkan model IBL berbantuan media permainan kata-list.

References

Aprilia,I. T., Nuswoti, M., Susilaningsih, E. (2015). Pengembangan media flash berbasis pembelajaran inkuiri untuk meningkatkan hasil belajar siswa. Jurnal Inovasi Pendidikan Kimia, 9, 1607-1616.

Astyana, K., Leny., Saadi, P. (2017) Pengaruh model inkuiri terbimbing bervisi sets terhadap keterampilan proses sains dan hasil belajar larutan penyangga siswa kelas XI PMIA SMAN 3 Banjarmasin. Journal of Chemistry and Education, 1, 65-72.

Ekayani, N. L. P. (2017). Pentingnya penggunaan media pembelajaran untuk meningkatkan prestasi belajar siswa, ResearchGate, 1-11.

Farhan, M., & Retnawati, H. (2014). Keefektifan pbl dan ibl ditinjau dari prestasi belajar, kemampuan representasi matematis, dan motivasi belajar. Jurnal Riset Pendidikan Matematika, 1, 227-240.

Fatonah, D. S. R., Ashadi., & Haryono. (2016). Studi komparasi pembelajaran kimia menggunakan model inquiry based learning (ibl) dan problem based learning (pbl) pada materi termokimia kelas XI SMAN 1 Sukoharjo dengan memperhatikan kemampuan matematik tahun pelajaran 2015/2016. Jurnal Pendidikan Kimia (JPK), 5, 36-42.

Fitriyani, D., Darwis, Z., & Kartika, I. R. (2017). Pengaruh pembelajaran inkuiri terbimbing berbasis SETS terhadap hasil belajar kimia pada materi larutan penyangga. Jurnal Riset Pendidikan Kimia, 7, 66-69.

Ismail., Enawaty, E., & LestariI. (2018). Pengaruh penggunaan media pembelajaran videoscribe terhadap hasil belajar siswa materi ikatan kimia. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran, 7, 1-10.

Jafar, R. A., Side, S.,& Maryono. (2018). Pengaruh metode everyone is a teacher here terhadap motivasi dan hasil belajar siswa kelas X SMA Negeri 18 Makassar pada materi pokok ikatan kimia. Jurnal Chemica, 19, 36-45.

Nurdin, F., Sulastry, T., Hasri (2018). Pengaruh penggunaan media pembelajaran berbasis macromedia flash 8 pada model pembelajaran kooperatif melalui pendekatan saintifik terhadap motivasi dan hasil belajar (study pada materi pokok laju reaksi). Chemistry education review (CER), 1, 29-43.

Puspadewi , A., & Syahmani. (2016). Meningkatkan hasil belajar siswa dengan model pembelajaran problem based learning (pbl) berbantuan modul dalam materi larutan penyangga. Quantum Jurnal Inovasi Pendidikan Sains, 7, 19-26.

Rahmadani, S., Rasmiwetti., Azmi, J. (2015). Penggunaan media permainan ular tangga untuk meningkatkan prestasi belajar siswa pada pokok bahasan hidrokarbon di kelas XI SMA As-shofa Pekanbaru. Jurnal Online Mahasiswa Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, 2, 1-10.

Salam, M., Muharram., & Aulia, A.(2016). Pengaruh media animasi dalam model pembelajaran think pair share (tps) terhadap hasil belajar siswa kelas X sains SMAN 1 Pinrang studi pada materi pokok ikatan kimia. Jurnal Chemica, 17, 103-112.

Salipah., Sudarmin., Haryani, S. (2016). Pengaruh model pembelajaran inquiry berbantuan playing card terhadap hasil belajar siswa. Chemistry in Education, 5, 1-7.

Septiani, D., Sumarni, W., & Saptorini. (2014). Efektivitas model inkuiri berbantuan modul dalam meningkatkan pemahaman konsep dan keterampilan generik sains. Jurnal Inovasi Pendidikan Kimia, 8, 1340-1350.

Syah, M. (2003). Psikologi Belajar. Jakarta: Rajawali Press.

Tyas, A. S., & Lazulva. (2018). Pengaruh inkuiri terbimbing melalui media adobe flash terhadap hasil belajar. Jurnal Tadris kimiya, 3, 182-189.
Published
2020-02-07
How to Cite
Safitri, L., Saadi, P., & Rusmansyah, R. (2020). IMPLEMENTASI MODEL INQUIRY BASED LEARNING (IBL) BERBANTUAN MEDIA PERMAINAN KATA-LIST TERHADAP MOTIVASI DAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI KESETIMBANGAN ION DAN pH LARUTAN PENYANGGA. JCAE (Journal of Chemistry And Education), 3(2), 82-89. https://doi.org/10.20527/jcae.v3i2.343