PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN INKUIRI TERBIMBING TERHADAP HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK PADA MATERI KOLOID

  • Raida Fadia Putri Program Studi Pendidikan Kimia FKIP Universitas Lambung Mangkurat
  • Bambang Suharto Program Studi Pendidikan Kimia FKIP Universitas Lambung Mangkurat
  • Rusmansyah Rusmansyah Program Studi Pendidikan Kimia FKIP Universitas Lambung Mangkurat
Keywords: inkuiri terbimbing, hasil belajar, koloid

Abstract

Penelitian ini bertujuan mengetahui perbedaan signifikan hasil belajar pada peserta didik kelas XI IPA dengan penerapan model pembelajaran, yaitu model inkuiri terbimbing dan inkuiri konfirmasi. Kegiatan ini menggunakan quasi experiment dengan “pretest-posttest nonequivalent control group design". Sampel yaitu peserta didik kelas XI IPA 1 dan XI IPA 2. Pengumpulan data menggunakan teknik non-tes dan tes melalui analisis inferensial dan deskriptif. Hasil dari penelitian menunjukkan, terdapat perbedaan hasil belajar peserta didik ranah pengetahuan kelas eksperimen dengan persentase ketuntasan 30% dan kelas control dengan persentase ketuntasan 3,7%.

References

Ambarsari, W., Santosa, S., & Maridi, M. (2013). Penerapan pembelajaran inkuiri terbimbing terhadap keterampilan proses sains dasar pada pelajaran biologi peserta didik kelas VIII SMP Negeri 7 Surakarta. Jurnal Pendidikan Biologi , 81-95.

Andrianie, D., Sudarmin, & Wardani, S. (2018). Representasi untuk mereduksi miskonsepsi pada siswa materi redoks melalui penerapan model pembelajaran inkuiri terbimbing berbantuan LKS. jurnal chemistry in education , 7 (2), 69-76.

Arief, H. S., Maulana, & Sudin, A. (2016). Meningkatkan Motivasi Belajar Melalui Pendekatan Problem Based Learning (PBL). Jurnal Pena Ilmiah , 141-150.

Arikunto, S. (2015). Dasar-Dasar Evaluasi Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara.

Chairisa, N., Sholahuddin, A., &Leny. (2016). Perbedaan Literasi Ilmiah dan Hasil Belajar Pada Materi Sistem Koloid Antara Pembelajaran yang Menggunakan Model Inkuiri Terbimbing Dengan Metode Eksperimen Riil dan Eksperimen Animasi. Jurnal Quantum Inovasi Pendidikan Sains, 156-175.

Dianta, N., & Supraptono, E. (2016). Penerapan SFAE Berbantu Prezi Terhadap Motivasi Belajar dan Ketrampilan Siswa Dalam Mengoperasikan Software Spreadsheet. Jurnal Penelitian Pendidikan Indonesia , 1-7.

Fajarianingtyas, D., & Yuniastri, R. (2015). Upaya reduksi miskonsepsi siswa pada konsep reaksi redoks melalui model guided inquiry di SMA Negri I Sumenep. jurnal lentera sains , 5 (2), 37-46.

Hidayati, N., Leny, & Iriani, R. (2018). Pengaruh Model Pembelajaran Inquri Based Learning Dengan Pendekatan Flipped Classroom Terhadap Self effi Efficacy Dan Hasil Belajar Kesetimbangan Ion Dalam Larutann Garam. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Kimia , 99-107.

Hosnan. (2014). Pendekatan Saintifik dan Kontekstual dalam Pembelajaran Abad 21. Bogor: Ghalia Indonesia.

Indrayanti, N. D., Ariani, S. R. D., &Haryono. (2014). Studi Komparasi Metode Pembelajaran TGT dan STAD terhadap Prestasi Belajar Pada Materi Larutan Elektrolit dan Non Elektrolit ditinjau dari Sikap Ilmiah Siswa Kelas X di SMA Negeri 7 Surakarta Tahun Pelajaran 2013/2014. Jurnal Pendidikan Kimia (JPK), 3(4), 109-117.

Masitoh, I. D., Marjono, & Ariyanto, J. (2017). Pengaruh Model Pembelajaran Inkuiri Terbimbing terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Peserta didik Kelas X MIA pada Materi Pencemaran Lingkungan di Surakarta. Bioedukasi, X(1), 71-79.

Mualifah, Suyono, & Yuanita. (2013). Mencegah Miskonsepsi Siswa pada Kesetimbangan Kimia Menggunakan Model Inkuiri Terbuka dan Remediasi Menggunakan Strategi Conceptual Change. Jurnal UNESA , 3 (1), 306-311.

Paralita, F., Eny, E., &Rahmat, R. (2015). Pengaruh Model Inkuiri Terbimbing Terhadap Hasil Belajar Materi Larutan Elektrolit dan Non Elektrolit di SMA. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran. 4(11).

Restami, M. P., Kusuma, K., &Pujiani, M. (2013). Pengaruh Model Pembelajaran POE (Predict-Observe-Explain) terhadap Pemahaman Konsep dan Sikap Ilmiah ditinjau dari Gaya Belajar Siswa. e-Journal Program Pascasarjana Universitas Pendidikan Ganesha, 4(3), 211-218.

Sidik, T. I., Masykuri, M., &Mulyani, B. (2016). Penerapan Model Pembelajaran Teams Games Tournament (TGT) Dilengkapi Adobe Flash Untuk Meningkatkan Aktivitas dan Prestasi Belajar Siswa Pada Materi Kelarutan dan Hasil Kali Kelarutan Kelas XI IPA di SMAN 2 Boyolali Tahun Pelajaran 2014/2016. Jurnal Pendidikan Kimia, 5(1), 41-45.

Sugiyono. (2015). Metode Penelitian pendidikan pendekatan Kuantitatif, Kualitatif dan R & D. Bandung: ALFABETA.

Sukma, Komariyah, L., & Syam, M. (2016). Pengaruh Model Pembelajaran Inkuiri Terbimbing (Guided Inquiry) dan Motivasi Terhadap Hasil Belajar Fisika Peserta didik. Jurnal Saintifika , 59-63.

Supardi. (2013). Aplikasi Statistika dalam Penelitian: Konsep Statistika yang Lebih Komprehensif. Jakarta: Change Publication.

Syafitri, W. (2010). Analisis Keterampilan Proses Sains Siswa Melalui Pendekatan Inkuiri Pada Konsep Sistem Koloid. Skripsi .
Published
2020-01-29
How to Cite
Putri, R., Suharto, B., & Rusmansyah, R. (2020). PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN INKUIRI TERBIMBING TERHADAP HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK PADA MATERI KOLOID. JCAE (Journal of Chemistry And Education), 3(2), 47-54. https://doi.org/10.20527/jcae.v3i2.339