EFEKTIVITAS PENGGUNAAN MEDIA E-LEARNING BERBASIS WEBSITE UNTUK MENINGKATKAN MINAT BELAJAR PADA PEMBELAJARAN KIMIA

Sebuah Kajian Pustaka

  • Effie Dianti Program Studi Pendidikan Kimia FKIP Universitas Lambung Mangkurat
  • Gladys Wahidah Adibatuzzakiyah Mahasiswa
  • Khilda Khilda Program Studi Pendidikan Kimia FKIP Universitas Lambung Mangkurat
  • Rizki Nur Analita Program Studi Pendidikan Kimia FKIP Universitas Lambung Mangkurat
Keywords: efektivitas, kimia, media pembelajaran, website

Abstract

Media pembelajaran dengan internet yang dapat digunakan untuk keperluan pembelajaran yaitu website. Penggunaan media pembelajaran berbasis website diharapkan dapat membantu meningkatkan motivasi dan minat belajar siswa terhadap kelompok mata pelajaran-pelajaran yang dianggap sulit salah satunya pelajaran kimia yang konsepnya abstrak dan pembelajarannya monoton. Tujuan dari penelitian ini adaah untuk mengetahui efektifitas website untuk meningkatkan minat belajar peserta didik dalam pembelajaran kimia. Metode yang digunakan dalam penyusunan karya ilmiah ini adalah metode Systematic Literature Review dan metode PRISMA, yang menekankan pada pengumpulan data dari sumber pustaka dengan mencari referensi teori yang relevan dengan kasus dengan media pembelajaran berbasis website, dan peningkatan minat peserta didik dalam pembelajaran kimia dengan menggunakan website. Dalam analisis data, peneliti menggunakan teknik analisis isi. Teknik ini melibatkan proses mengkategorikan,dan menganalisis informasi yang relevan. Dengan penggunaan media pembelajaran berbasis website tidak hanya berfungsi sebagai alat bantu dalam proses pembelajaran, tetapi juga menjadi sumber belajar yang efektif, dapat meningkatkan motivasi dan minat belajar siswa, terutama dalam mata pelajaran yang dianggap sulit seperti kimia. Keunggulan website yaitu elegan, keragaman materi, interaktivitas yang membantu siswa memperoleh keterampilan belajar, menyediakan akses yang luas ke materi pembelajaran, sehingga dapat mengatasi kesulitan siswa dalam memahami konsep-konsep abstrak.

References

Alnast, H. (2021). Sistem Informasi Geografis Penyebaran Pondok Pesantren Kota Bandar Lampung. Jurnal Informatika Dan Rekayasa Perangkat Lunak (Jatika), 2(2), 248–253. Http://Jim.Teknokrat.Ac.Id/Index.Php/Informatika

Arman Berkat Cristian Waruwu, & Debora Sitinjak. (2022). Penggunaan Multimedia Interaktif Dalam Meningkatkan Minat Belajar Siswa Pada Pembelajaran Kimia. Jurnal Pendidikan Mipa, 12(2), 298–305. https://Doi.Org/10.37630/Jpm.V12i2.589

Aryanti, D., Kasmadi, N. *, Supardi, I., & Sumarti, S. (2020). Development Of The Website Based Chemistry Learning Integrated Evaluation To Measure Students Learning Interest In Colloids Material. Jise, 9(1), 12–18. http://Journal.Unnes.Ac.Id/Sju/Index.Php/Jise

Boulton, H. (2008). Managing E-Learning: What Are The Real Implications For Schools?” The Electronic Journal Of E-Learning, 6(1), 11-18.

Buchanan, T., Sainter, P., & Saunders, G. (2013). Factors Affecting Faculty Use Of Learning Technologies: Implications For Models Of Technology Adoption. Journal Of Computing In Higher Education, 25(1), 1–11. https://Doi.Org/10.1007/S12528-013-9066-6

Camel, V., Maillard, M. N., Piard, J., Dumas, C., Cladière, M., Fitoussi, G., Brun, E., Billault, I., & Sicard-Roselli, C. (2020). Chimactiv: An Open-Access Website For Student-Centered Learning In Analytical Chemistry. Journal

Of Chemical Education, 97(8), 2319–2326. https://doi.org/10.1021/Acs.Jchemed.0c00023

Faqih, M. (2020). Efektivitas Penggunaan Media Pembelajaran Mobile Learning Berbasis Android. 7(2), 27–34. https://Doi.Org/10.26618/Jk.V7i2.4556

Laksono, E. W., Rohaeti, E., & Irwanto, Dan. (N.D.). 2020. Instrumen Penilaian Kemampuan Berpikir Analitis Dan Keterampilan Proses Sains Kimia.

Nanda, E. H., & Agustini, R. (2023). Development of Website-Based Learning Media on Reaction Rate Material to Improve Student Learning Outcomes. Hydrogen: Jurnal Kependidikan Kimia, 11(4), 565. https://doi.org/10.33394/hjkk.v11i4.8523

Panjaitan, D. J., Ridwan, M., & Aprilia, R. (2022). Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Website Untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa Pada Masa Pandemi Covid-19. Aksioma: Jurnal Program Studi

Pendidikan Matematika, 11(2), 1524. https://Doi.Org/10.24127/Ajpm.V11i2.4875

Purba, P. B. E., Riris, I. D., & Muchtar, Z. (2021). Development of Website-Based Learning Media Integrated Inquiri Learning Strategies in Learning Thermochemical Matter Chemistry. Budapest International Research and

Critics in Linguistics and Education (BirLE) Journal, 4(1), 454–461. https://doi.org/10.33258/birle.v4i1.1658

Ramadhan, I. A. (2019). Pengembangan Media Pembelajaran Kimia Dengan Responsive Website. Journal of Tropical Chemistry Research and Education, 1(2), 55-60.

Schmidt-Mccormack, J. A., Muniz, M. N., Keuter, E. C., Shaw, S. K., & Cole, R. S. (2017). Design And Implementation Of Instructional Videos For Upper- Division Undergraduate Laboratory Courses. Chemistry Education

Research And Practice, 18(4), 749–762. https://Doi.Org/10.1039/C7rp00078b

Setyadi, D., & Qohar, D. A. (2017). Pengembangan Media Pembelajaran Matematika Berbasis Website Pada Materi Barisan Dan Deret. Kreano, 8(1), 1–7. https://Doi.Org/10.15294/Kreano.V8i2.5964

Published
2024-10-25
How to Cite
Dianti, E., Adibatuzzakiyah, G., Khilda, K., & Analita, R. (2024). EFEKTIVITAS PENGGUNAAN MEDIA E-LEARNING BERBASIS WEBSITE UNTUK MENINGKATKAN MINAT BELAJAR PADA PEMBELAJARAN KIMIA. JCAE (Journal of Chemistry And Education), 7(2), 70-78. https://doi.org/10.20527/jcae.v7i2.2718