PENGEMBANGAN E-MODUL BERBANTUAN KOMIK KIMIA DENGAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN BERPIKIR KRITIS PESERTA DIDIK PADA MATERI LAJU REAKSI
Abstract
Kemampuan berpikir secara kritis ialah yang paling diperlukan di pendidikan abad 21 ini, sehingga penelitian ini memiiliki tujuan yaitu mengembangkan e-modul berbeantuan komik kimia untuk dengan model pembelajaran berbasis masalah atau PBL yang valid, praktis dan efektif pada materi laju reaksi untuk meningkatkan keterampilan berpikir kritis peserta didik. Jenis penelitian yang dilakukan merupakan penelitian pengembangan atau dikenal dengan R&D dengan model ADDIE melalui serangkaian tahapan instruksional yaitu analisis, desain, pengembangan, penerapan dan evaluasi. 5 Validator yang akan memvalisasi modul elektronik dan 30 peserta didik kelas XI MIPA 2 MA Negeri 1 Banjarmasin sebagai sampel uji kepraktisan dan keefektifan merupakan subjek dalam penelitian ini. Data penelitian dikumpulkan melalui dua jenis instrumen yaitu instrumen tes berupa soal uraian dan instrumen tes berupa angket dan lembar observasi. Data dianalisis menggunakan teknik analisis deskriptif dengan mengkategorikan hasil-hasil penelitian ke dalam kriteria kevalidan, kepraktisan dan keefektifan modul elektronik yang dikembangkan. Hasil uji (1) kevalidan menunjukkan bahwa modul elektronik yang dikembangkan valid dengan skor 4,3 dari 5, (2) kepraktisan menunjukkan bahwa modul elektronik sangat praktis dengan skor 4,5 dari 5, dan (3) keefektifan menunjukkan bahwa peningkatan berpikir kritis peserta didik pada kategori tinggi dengan n-gain 0,79. Hasil-hasil penelitian menunjukkan bahwa modul elektronik berbentuan komik kimia dengan model pembelajaran berbasis masalah valid, sangat praktis dan efektif untuk meningkatkan berpikir kritis peserta didik.
References
Anggraeni, Y., Bakti, I., & Mahdian, M. (2022). PERBEDAAN MOTIVASI DAN PERBEDAAN HASIL BELAJAR ANTARA MODEL PROBLEM BASED LEARNING MENGGUNAKAN LABORATORIUM RIIL DENGAN LABORATORIUM VIRTUAL. JCAE (Journal of Chemistry And Education), 5(2), 86-94. https://doi.org/10.20527/jcae.v5i2.1200
Annisa, A. R., Putra, A. P., & Dharmono, D. (2020). Praktikalitas media pembelajaran daya antibakteri ekstrak buah sawo berbasis macromedia flash. Quantum: Jurnal Inovasi Pendidikan Sains, 11(1), 72-80. http://dx.doi.org/10.20527/quantum.v11i1.8204
Atikah, N., Gistituati, N., Fitria, Y., & Syarifuddin, H. (2021). Validitas E-Modul Matematika Sekolah Dasar Berbasis Pendekatan Realistic Mathematics Education (RME). Jurnal Basicedu, 5(6), 6103-6109. https://doi.org/10.31004/basicedu.v5i6.1799
Branch, R. M. (2010). Instructional design: The ADDIE approach. In Instructional Design: The ADDIE Approach. Springer: New York.
Ennis, R. H. (1993). Critical thinking assessment. Theory Into Practice, 32(3), 179–186.
Hartati, M. S., & Billa, K. S. (2023). Efektivitas Model Problem Based Learning Terhadap Hasil Belajar Biologi Di Madrasah Aliyah Yasuruka Kota Bengkulu. Indonesian Journal Of Innovation Multidisipliner Research, 1(3), 238-248. https://doi.org/10.31004/ijim.v1i3.25
Istiqomah, I., Masriani, M., Rasmawan, R., Muharini, R., & Lestari, I. (2022). Pengembangan E-Modul Flipbook IPA Berbasis Problem Based Learning Pada Materi Pencemaran Lingkungan. Jurnal Basicedu, 6(5), 9156-9169. https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i5.3558
Izzah, A., Kusmaharti, D., & Yustitia, V. (2023). Pengembangan E-Modul Matematika Berbasis Problem Based Learning Untuk Memecahkan Masalah Matematika Materi Kecepatan Dan Debit Di Sekolah Dasar. Jurnal Lebesgue: Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika, Matematika Dan Statistika, 4(2), 1139- 1147. https://doi.org/10.46306/lb.v4i2.382
Kawete, M., Gumolung, D., & Aloanis, A. (2022). Pengembangan Video Pembelajaran Materi Ikatan Kimia dengan Model ADDIE sebagai Penunjang Pembelajaran di Masa Pandemi Covid-19. Journal of Chemistry Education, 4(1), 63-69. https://doi.org/10.37033/ojce.v4i1.374
Khairunnisa, K., Saadi, P., & Leny, L. (2022). Implementasi Model Problem Based Learning Berbasis Stem Dengan Media Virtual Reality Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Dan Self Regulation Peserta Didik. Quantum: Jurnal Inovasi Pendidikan Sains, 13(1), 96-108. http://dx.doi.org/10.20527/quantum.v13i1.12109
Kurniawati, K. R. A., Negara, H. R. P., Negara, H. R. P., & Sucipto, L. (2024). Implementation of Problem-Based Learning to Enhance Critical Thinking Skills in Mathematics. In Proceeding of International Seminar On Student Research In Education, Science, and Technology (Vol. 1, pp. 275-285).
Kusumastuti, A. (2013). Pengaruh Model PBL (Problem based learning) Menggunakan Media Gambar Bergerak (Animasi) Terhadap Hasil Belajar IPA Materi Pesawat Sederhana peserta didik Kelas VIII SMPN 2 Bobotsari Purbalingga, Skripsi, FPMIPA IKIP PGRI Semarang.
Laili, I., ., G., & ., U. (2019). Efektivitas Pengembangan E-Modul Project Based Learning pada Mata Pelajaran Instalasi Motor Listrik. Jurnal Ilmiah Pendidikan Dan Pembelajaran, 3(3), 306–315. https://doi.org/10.23887/jipp.v3i3.21840
Mawarni, J., & Hendriyani, Y. (2021). Pengembangan Media Pembelajaran E-Modul Interaktif Pada Matakuliah Pemrograman Visual Dengan Metode Pengembangan Addie. Jurnal Vokasi Informatika (JAVIT), 79-88. https://doi.org/10.24036/javit.v1i3.67
Meltzer, D. E. (2002). The relationship between mathematics preparation and conceptual learning gains in physics a posibble hidden variable in diagnostic pretes scores. American Association of Physics Teachers, 70(12). https://doi.org/10.1119/1.1514215
Meryastiti, V., Ridlo, Z. R., & Supeno, S. (2022). Identifikasi kemampuan berpikir kritis pada pembelajaran IPA siswa SMP negeri 1 glenmore kabupaten banyuwangi. Saintifika, 24(1), 20-29. https://doi.org/10.19184/saintifika.v24i1.29659
Novianti, N., Zaiyar, M. Z., Khaulah, S., Fitri, H., & Jannah, R. (2023). Pengembangan E-Modul Berbasis Problem Based Learning Terhadap Kemampuan Berfikir Kritis Siswa. JISIP (Jurnal Ilmu Sosial Dan Pendidikan), 7(3), 2369-2375. http://dx.doi.org/10.58258/jisip.v7i3.5370
Purnomo, N., Pujani, N. M., & Juniartina, P. P. (2021). Pengembangan Kamus IPA Berbasis Microsoft Excel Sebagai Suplemen Buku IPA Materi Sistem Ekskresi Manusia. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Sains Indonesia (JPPSI), 4(1), 58-68. https://doi.org/10.23887/jppsi.v4i1.33228
Ravista, N., Sutarno, S., & Harlita, H. (2021). Validity and practicality of guided inquiry-based e-modules accompanied by virtual laboratory to empower critical thinking skills. Jurnal Penelitian Pendidikan IPA, 7(SpecialIssue), 331-339. https://doi.org/10.29303/jppipa.v7iSpecialIssue.1083
Rayanto, Y., & Sugianti. (2020). Penelitian Pengembangan Model ADDIE dan R2D2: Teori & Praktek. Pasuruan: Lembaga Academic & Research Institute.
Redhana, I.W. (2019). Mengembangkan keterampilan abad ke-21 dalam pembelajaran kimia. Jurnal Inovasi Pendidikan Kimia, 13(1), 2239-2253. https://doi.org/10.15294/jipk.v13i1.17824
Ricu Sidiq, & Najuah. (2020). Pengembangan E-Modul Interaktif Berbasis Android pada Mata Kuliah Strategi Belajar Mengajar. Jurnal Pendidikan Sejarah, 9(1), 1–14. https://doi.org/10.21009/JPS.091.01
Rokhim, D. A., Habiddin, H., Agustina, N. I., & Nenohai, J. A. (2023). The effectiveness and validity of learning media based on IT for mentally disabled students in chemistry subject. Educación química, 34(4), 77-85. https://doi.org/10.22201/fq.18708404e.2023.4.84127
Romayanti, C., Sundaryono, A., & Handayani, D. (2020). Pengembangan E-Modul Kimia Berbasis Kemampuan Berpikir Kreatif dengan Menggunakan Kvisoft Flipbook Maker. Alotrop: Jurnal Pendidikan dan Ilmu Kimia. 4(1), 51-58. https://ejournal.unib.ac.id/alotropjurnal/article/view/13709
Rushapiana, R., Mahdian, M., & Rusmansyah, R. (2018). Penerapan model auditoy intellectually repetition (AIR) dalam pembelajaran kelarutan dan hasil kali kelarutan untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis dan hasil belajar. JCAE (Journal of Chemistry and Education), 1(3), 218-224.
Rusmansyah, R., Rahmah, S. A., Syahmani, S., Hamid, A., Isnawati, I., & Kusuma, A. E. (2023). The Implementasi Model PjBL-STEAM konteks lahan basah untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis dan self-efficacy peserta didik. JINoP (Jurnal Inovasi Pembelajaran), 9(1), 44–57. https://doi.org/10.22219/jinop.v9i1.23493
Sartika, W., Rahman, S. R., & Irfan, M. (2023). Empowering students' critical thinking skills using problem-based learning. Inornatus: Biology Education Journal, 3(2), 67-74. https://doi.org/10.30862/inornatus.v3i2.427
Sidik, F. D. M., & Kartika, I. (2020). Pengembangan e-modul dengan pendekatan problem based learning untuk peserta didik SMA/MA kelas XI materi gejala gelombang. Jurnal Penelitian Pembelajaran Fisika, 11(2), 185-201. https://doi.org/10.26877/jp2f.v11i2.6277
Smith, G., Ichda, M. A., Alfan, M., & Kuncoro, T. (2023). Literacy Studies: Implementation of Problem-based Learning Models to Improve Critical Thinking Skills in Elementary School Students. KnE Social Sciences, 222-233. https://doi.org/10.18502/kss.v8i10.13449
Sugihartini, N., & Yudiana, K. (2018). ADDIE sebagai model pengembangan media instruksional edukatif (MIE) mata kuliah kurikulum dan pengajaran. Jurnal Pendidikan Teknologi Dan Kejuruan, 15(2). https://doi.org/10.23887/jptk-undiksha.v15i2.14892
Syahmani, S. (2019). Self-regulated learning model with mind map to improve students cognition and metacognition skills in solving chemical problems. JPPS (Jurnal Penelitian Pendidikan Sains), 8(2), 1690-1698. https://doi.org/10.26740/jpps.v8n2.p1690-1698
Sugiyono. (2022). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Alfabeta.
Triwahyuningtyas, D., Ningtyas, A. S., & Rahayu, S. (2020). The problem-based learning e-module of planes using Kvisoft Flipbook Maker for elementary school students. Jurnal Prima Edukasia, 8(2), 199–208. http://dx.doi.org/10.21831/jpe.v8i2.34446
Wiranti, W., Iriani, R., Saadi, P., & Leny, L. (2023). PENGEMBANGAN MODUL ELEKTRONIK BERBASIS PROBLEM BASED LEARNING MENGGUNAKAN ISPRING UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN BERPIKIR KRITIS PESERTA DIDIK PADA MATERI REAKSI REDOKS. JCAE (Journal of Chemistry And Education), 6(2), 77-86. https://doi.org/10.20527/jcae.v6i2.1686
Copyright (c) 2024 JCAE (Journal of Chemistry And Education)
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International License.