MODEL PEMBELAJARAN PREDICT-OBSERVE-EXPLORE (POE) PADA MATERI HIDROLISIS GARAM UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN BERPIKIR KRITIS DAN HASIL BELAJAR
Abstract
Telah dilakukan penelitian tentang penggunaan model pembelajaran POE (Predict-Observe-Explore) pada materi hidrolisis garam untuk meningkatkan keterampilan berpikir kritis dan hasil belajar. Penelitian ini menerapkan jenis Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang terdiri dari dua siklus. Subjek penelitian adalah 34 orang siswa di kelas XI MIPA 2 SMA Negeri 4 Banjarmasin. Adapun variabel yang diteliti yaitu meliputi aktivitas guru, aktivitas siswa, keterampilan berpikir kritis, hasil belajar kognitif, hasil belajar afektif dan hasil belajar psikomotorik. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa dengan penerapan model POE aktivitas guru meningkat dari kategori cukup baik dengan skor 31,38 pada siklus I meningkat menjadi 41,00 dengan kategori baik pada siklus II, aktivitas siswa meningkat dari kategori cukup aktif dengan skor 27,50 pada siklus I meningkat menjadi 41,13 yang dikategorikan aktif pada siklus II, keterampilan berpikir kritis meningkat dari kategori cukup kritis dengan nilai sebesar 65,04 pada siklus I menjadi kritis dengan nilai sebesar 72,29 pada siklus II, hasil belajar kognitif dari ketuntasan 44,22% meningkat menjadi 82,34%, hasil belajar afektif dari kategori cukup baik dengan skor 12,21 pada siklus I meningkat menjadi 15,33 yang dikategorikan baik pada siklus II dan hasil belajar psikomotor dari kategori cukup terampil dengan skor 62,11 pada siklus I meningkat menjadi terampil dengan skor 77,49 pada siklus II.
References
Azreen, R., & Mohamed, M. (2014). The perception of critical thinking and problem solving skill among malaysian undergraduate student. Journal Social and Behavioral Science. 1 (172) , 725-732. doi: 10.1016/j.sbspro.2015.01.425.
Cohen, R. J. (2009). Psychological testing and assessment: an introduction to tests and measurement, 7th edition. New Yo rk: McGraw-Hill.
Dian, M., Kus, S., & Suryadi, B. (2014). Pengaruh model pembelajaran POE menggunakan metode eksperimen dan demonstrasi terhadap prestasi belajar siswa pada pokok bahasan larutan penyangga kelas XI SMA Al Islam 1 Surakarta. Jurnal Pendidikan Kimia. 3 (3) , 11-16.
Esra, K., & Ponar, D. (2010). A study towards correcting student misconceptions related to the color issue in light unit with POE technique. Journal Procedia Social and Behavioral Science. 2 (2) , 3134-3139. doi: 10.1016/j.sbspro.2010.03.477.
Facione. (2014). Critical thinking: what it and why it counts. California: Insight Assessment.
Fisher, A. (2008). Berpikir kritis sebuah pengantar. Jakarta : Erlangga.
Grozdanka, G., Alexander, S., & ALexandra, G. R. (2015). Critical thinking of student-indicator of quality in higher education. Journal Social and Behavioral Science. 191 , 691-596. doi: 10.1016/j.sbspro.2015.04.501.
Gurbunovs, A., Kapenieks, A., & Cakula, S. (2016). Self-dicipline as a key indicator to improve learning outcomes in e-learning environment. Journal Social and Behavioral Science. 1 (231) , 256-262. doi: 10.1016/j.sbspro.2016.09.100.
Henie, Susilo, H., & Ibrohim. (2015). Improving critical thinking skills through the integration of problem based learning and group investigation. Journal International for Lesson and Learning Studies. 5 (1) , 36-44. doi: 10.1108/IJLLS-10.2014-0042.
Herbert, N. (2017). Using critical thinking teavhing methods to increase student succes: an action research project. Journal of Teaching and Learning in Higher Education. 20 (1) , 17-31.
Jeniffer, B., & Peter, W. (2015). Cognitive presence in virtual collaborative learning assessing and improving critical thinking in discussion forums. Journal Interctive Technology and Smart Education. 13 (1) , 52-70. doi: 10.1008/ITSE-10.001.2016.0002.
Kwan, W., & Angelina, W. (2015). Effect of the constructivist learning environment on students critical thinking abillity: cognitive and motivational variables as mediators. Journal of Educational Research. 70 , 69-79. doi: 10.1016/j.ijer.2015.02.006.
Kyndt, E., Coertjens, L., Petegem, P. V., & Donche, V. (2015). The development of student motivation in the translation from secondary to higher education: a longitudinal study. Journal Learning and Individual Difference. 39 , 144-123. doi: 10.1016/j.lindif.2015.03.001.
Linda, A. N., Kurnia, J. A., & Maulana. (2016). Pengaruh model POE berbantuan permainan tradisional terhadap keterampilan berpikir kritis siswa pada materi gaya. Jurnal Pena Ilmiah 1 (1) , 181-190.
Luqia, I. F. (2015). Penerapan model pembelajaran POE disertai eksperimen pada materi pokok hidrolisis garam untuk meningkatkan aktivittas dan prestasi belajar siswa kelas XI MIA. Jurnal Pendidikan Kimia , 955-102.
Metta, U., Nyoman, K., & Putu, P. (2016). Penerapan model pembelajaran predict, observe, Explore untuk meningkatkan hasil belajar IPA. Jurnal PGSD , 1-10.
Othman, R., Yunos, M., Mohaffyza, & Yee, H. (2015). Disparity of learning styles and higher order thinking skills among technical student. Journal Social and Behavioral Science. 20 , 143-152. doi: 10.1016/j.sbspro.2015.08.127.
Permatasari, O. (2011). Keefektivan model pembelajaran POE berbasis kontekstual dalam meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa SMP kelas VIII pada bahasan tekanan. Jurnal Pendidikan Fisika. 1 (1) , 1-7.
Praweenya, S., Jaemjan, S., & Dachakupt, P. (2015). Virtual fied trips with inquiry learning and critical thinking process: a learning model to enhance student science learning outcomes. Journal Procedia Social and Behavioral. 1 (197) , 1721-1726. doi: 10.1016/j.sbspro.2015.07.226.
Riva, D., Yenni, D., & Masril. (2015). Pengaruh penerapan bahan ajar berbasis karakter melalui model pembelajaran POE terhadap hasil belajar siswa kelas XI SMAN 5 Padang. Jurnal Pendidikan. 5 (1) , 139-146.
Shanty, Bakti, M., & Budi, M. (2015). Penerapan model pembelajaran POE untuk meningkatkan aktivitas dan prestasi belajar siswa pada materi pokok larutan penyangga kelas XI MIPA 1 SMA Negeri 2 Sukoharjo tahun pelajaran 2014/2015. Jurnal Pendidikan Kimia. 4 (4) , 139-146.
Slayana, Z. (2016). A model of Critical Thinking as an Important Attribute for Success in the 21st Century. Journal Social and Behavioral Science. 1 (3), 102-108. doi : 10.1016/j.sbspro.2016.10.034.
Suyanto, P., Hadi, P., & Suharto, L. (2012). Keefektivan pengunaan model predict, observe, Explore untuk meningkatkan keterampilan berpikir kritis dan kreatif siswa. Jurnal Pendidikan Fisika. 1 (1) , 1-11.
Windawati. (2016). Efektivitas model pembelajaran POE untuk meningkatkan kemampuan berpikir evaluatif siswa pada materi larutan elektrolit dan non elektrolit. Jurnal Pendidikan Kimia. 1 (1) , 1-5.
Wulandari, D. (2015). Teori belajar kontruktivis Piaget dan Vygotsky. Journal of Mathematics and Education , 191-198.
Yulianto, E., & Sopyan, A. (2014). Penerapan model pembelajaran predict, observe, Explore (POE) untuk meningkatkan keterampilan berpikir kritis dan kognitif fisika SMP. Jurnal Inovasi. 3 (3) , 1-6.
Copyright (c) 2024 JCAE (Journal of Chemistry And Education)
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International License.