PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN LIVE STREAMING BERBASIS WEBSITE MENGGUNAKAN MODEL BLENDED LEARNING UNTUK MELATIHKAN KETERAMPILAN BERPIKIR KRITIS
Abstract
Kurang bervariasinya media pembelajaran saat ini mengakibatkan berpikir kritis pada peserta didik masih rendah. Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan media pembelajaran Live streaming berbasis Website meningkatkan keterampilan berpikir kritis peserta didik yang valid, praktis dan efektif. Produk yang dihasilkan berupa video. Penelitian pengembangan ini menggunakan model ADDIE. Model ADDIE terbagi menjadi lima fase yaitu, analisis, perencanaan, pengembangan, implementasi dan evaluasi. Subjek penelitian berjumlah 31 orang peserta didik kelas XI-MIPA 4 SMA Negeri 2 Banjarmasin. Hasil dari penelitian ini adalah media pembelajaran Live streaming berbasis Website yang dikembangkan memenuhi kriteria dalam kategori sangat valid, sangat praktis, dan efektif dalam kategori tinggi yaitu hasil Ngain berpikir kritis 0,74. Kesimpulannya adalah media pembelajaran Live streaming berbasis Website merupakan suatu media yang dapat digunakan pada proses pembelajaran bagi guru dan khususnya peserta didik untuk melatihkan kemampuan berpikir kritis.
References
Abroto, A., Maemonah, M., & Ayu, N. P. (2021). Pengaruh Metode Blended Learning Dalam Meningkatkan Motivasi dan Hasil Belajar Peserta didik Sekolah Dasar. Edukatif: Jurnal Ilmu Pendidikan, 3(5), 1993-2000. https://doi.org/10.31004/edukatif.v3i5.703
Agustiana, J., & Miterianifa, A. (2019). Analisis kemampuan berpikir kritis peserta didik pada materi koloid. SPEKTRA: Jurnal Kajian Pendidikan Sains, 5(1), 91- 98. http://dx.doi.org/10.32699/spektra.v5i1.80
Al Hasri, M. V., & Sudarmilah, E. (2021). Sistem Informasi Pelayanan Administrasi Kependudukan Berbasis Website Kelurahan Banaran. MATRIK: Jurnal Manajemen, Teknik Informatika dan Rekayasa Komputer, 20(2), 249-260. https://doi.org/10.30812/matrik.v20i2.1056
Almalki, A. D. A., & Elfeky, A. I. M. (2022). The Effect of Immediate and Delayed Feedback in Virtual Classes on Mathematics Students’ Higher Order Thinking Skills. Journal of Positive School Psychology, 432–440-432–440.
Alman, A., & Nugrahaeni, N. (2022). Media Pembelajaran Pop Up Book terhadap Hasil Belajar Matematika Peserta Didik Kelas II SD. Jurnal Papeda: Jurnal Publikasi Pendidikan Dasar, 4(2), 149-155. https://doi.org/10.36232/jurnalpendidikandasar.v4i2.2662
Amrian, S. D. (2022). Pengembangan Bahan Ajar Elektronik Modul (E-MODUL) Akuntansi Dasar Berbantuan Lectora Inspire Pada Materi Jurnal Penyesuaian Kelas X Akuntansi SMK Negeri 2 Teluk Kuantan (Doctoral dissertation, Universitas Islam Riau).
Anafi, K., Wiryokusumo, I., & Leksono, I. P. (2021). Pengembangan Media Pembelajaran Model Addie Menggunakan Software Unity 3D. Jurnal Education and development, 9(4), 433-438.
Andriyanti, B. W., & Prihastari, E. B. (2023). Efektivitas Model PBL Berbasis Etnomatematika Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Sekolah Dasar. Caruban: Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan Dasar, 6(1), 35-45.
Arikunto, S. (2014). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta.
Azmi, R. D., & Ummah, S. K. (2023). Pengembangan Aplikasi Android Berbasis Simulasi Interaktif Berbantuan MATLAB untuk Pembelajaran Matematika SMP Pasca Pandemi. Jurnal Cendekia: Jurnal Pendidikan Matematika, 7(1), 313-325.
Cabang, RM (2009). Desain instruksional: Pendekatan ADDIE (Vol. 722). New York: Peloncat.
Cabeza-Ramírez, L. J., Fuentes-García, F. J., & Muñoz-Fernandez, G. A. (2021). Exploring the emerging domain of research on video game Live Streaming in web of science: State of the art, changes and trends. International Journal of Environmental Research and Public Health, 18(6), 2917. https://doi.org/10.3390/ijerph18062917
Cahyadi, R. A. H. (2019). Pengembangan bahan ajar berbasis ADDIE model. Halaqa: Islamic Education Journal, 3(1), 35-42.
Cooper, D.R., dan Schindler, P.S., 2006. business Research Methods. Eight Edition. McGraw Hill/Irwin, New York, NY 10020.
Diana, P. Z., Wirawati, D., & Rosalia, S. (2020). Blended Learning dalam pembentukan kemandirian belajar. Alinea: Jurnal Bahasa, Sastra, dan Pengajaran, 9(1), 16-22. https://doi.org/10.35194/alinea.v9i1.763
Dewi, S. K., & Sudaryanto, A. (2020). Validitas dan reliabilitas kuisioner pengetahuan, sikap dan perilaku Pencegahan Demam Berdarah. Prosiding Seminar Nasional Keperawatan Universitas Muhammadiyah Surakarta 2020.
Elvinas, R., & Erita, Y. (2022). Pengembangan bahan ajar tematik untuk pembelajaran blended learning berbantuan aplikasi nearpod di kelas III sekolah dasar. Jurnal Cakrawala Pendas, 8(4), 1296-1307. https://doi.org/10.31949/jcp.v8i4.3135
Ennis. (2011). The Nature of Critical Thinking: An Outline of Critical Thinking Dispositions and Abilities. University of Illinois.
Fitriani, N. I., & Setiawan, B. (2018). Efektivitas Modul Ipa Berbasis Etnosains Terhadap Peningkatan Keterampilan Berpikir Kritis Peserta didik. Jurnal Penelitian Pendidikan IPA, 2(2), 71-81. https://doi.org/10.26740/jppipa.v2n2.p71-76
Fitriyah, A., & Ramadani, S. D. (2021). Pengaruh pembelajaran STEAM berbasis PjBL (Project-Based Learning) terhadap keterampilan berpikir kreatif dan berpikir kritis. Inspiratif Pendidikan, 10(1), 209-226. https://doi.org/10.24252/ip.v10i1.24695
Ginting, R., Yulistiyono, A., Rauf, A., Manullang, S. O., Siahaan, A. L. S., Kussanti, D. P., ... & Effendy, F. (2021). Etika Komunikasi dalam Media Sosial: Saring Sebelum Sharing (Vol. 1). Penerbit Insania.
Iriani, R., & Prayogi, R. (2016). Pengaruh Model Pembelajaran Guided Discovery Learning Pada Materi Larutan Asam dan Basa Terhadap Hasil Belajar dan Sikap Ilmiah Siswa Kelas XI IPA SMA Negeri 9 Banjarmasin Tahun Ajaran 2015/2016. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Kimia tahun 2016
Isnaini, N., Listiadi, A., & Subroto, W. T. (2022). Validitas dan Kepraktisan E-Modul berbasis Kontekstual Mata Pelajaran OTK Sarana dan Prasarana untuk Peserta Didik Program Keahlian Otomatisasi Tata Kelola Perkantoran. Jurnal Pendidikan Administrasi Perkantoran (JPAP), 10(2), 157-166. https://doi.org/10.26740/jpap.v10n2.p157-166
Juanda, Y., & Hendriyani, Y. (2022). Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Android pada Mata Kuliah Pemrograman Visual dengan Metode Addie. Jurnal Vokasi Informatika, 2(1), 20-30. https://doi.org/10.24036/javit.v2i1.81
Kurnia, T. D., Lati, C., Fauziah, H., & Trihanton, A. (2019, October). Model addie untuk pengembangan bahan ajar berbasis kemampuan pemecahan masalah berbantuan 3d pageflip. In Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Matematika (SNPM) (Vol. 1, No. 1, pp. 516-525).
Lityo, A., Hudianto, FI, Ijaya, KF, Shayne, K., Theodore, K., Michelle, N., ... & Sardjono, YG (2020). Proses Pembuatan Viva White Hand and Body Lotion di PT. Vitapharm.
Meryastiti, V., Ridlo, Z.R., & Supeno. (2022). Identifikasi Kemampuan Berpikir Kritis Pada Pembelajaran IPA Peserta didik SMP Negeri 1 Glenmore Kabupaten Banyuwangi. Saintifika, 24(01), 20-29.
N.F., Ikhlashul Amalia, et al. "Pengembangan LKPD Interaktif Berbasis Liveworksheet untuk Meningkatankan Hasil Belajar IPS Sekolah Dasar." Jurnal Basicedu, vol. 6, no. 5, 2022, pp. 8153-8162, doi:10.31004/basicedu.v6i5.3762.
Nugraheni, D., Mulyani, S., & Ariani, S. R. D. (2013). Pengaruh pembelajaran bervisi dan berpendekatan SETS terhadap prestasi belajar ditinjau dari kemampuan berpikir kritis siswa kelas X SMAN 2 Sukoharjo pada materi minyak bumi tahun pelajaran 2011/2012. Jurnal Pendidikan Kimia, 2(3), 34-41.
Nur, M., Winarti, A., & Iriani, R. (2022). Pengembangan E-Lkpd Interaktif Berbantuan Linktree Pada Materi Koloid Dengan Model Contextual Teaching and Learning Untuk Meningkatkan Motivasi Belajar dan Kemampuan Berpikir Kritis Peserta Didik. JCAE (Journal of Chemistry And Education), 6(1), 1-12. https://doi.org/10.20527/jcae.v6i1.1418
Pazlina, N., & Usmeldi, U. (2020). Pengembangan E-Modul Dasar-dasar Listrik dan Elektronika Berbasis Problem-Based Learning. Jurnal Pendidikan Teknik Elektro, 1(1), 71-74. https://doi.org/10.24036/jpte.v1i1.30
Pinunggul, R. I., Darmadi, D., & Apriandi, D. (2019). Metode ADDIE pada pengembangan media interaktif adobe flash pada mata pelajaran TIK. Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Anak Sekolah Dasar, 5(1), 23-30. https://doi.org/10.29100/jpsd.v5i1.1530
Purnasari, P. D., & Sadewo, Y. D. (2020). Perbaikan kualitas pembelajaran melalui pelatihan pemilihan model pembelajaran dan pemanfaatan media ajar di sekolah dasar wilayah perbatasan. Publikasi Pendidikan, 10(2), 125-132. https://doi.org/10.26858/publikan.v10i2.13846
Pusparini, S. T., Feronika, T., & Bahriah, E. S. (2018). Pengaruh model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) terhadap kemampuan berpikir kritis siswa pada materi sistem koloid. Jurnal Riset Pendidikan Kimia (JRPK), 8(1), 35-42. https://doi.org/10.21009/JRPK.081.04
Puspitasari, S., Hayati, K. N., & Purwaningsih, A. (2022). Efektivitas Penggunaan Model Blended Learning Terhadap Motivasi Belajar dan Hasil Belajar IPS. Jurnal Basicedu, 6(1), 1252-1262. https://dx.doi.org/10.31004/basicedu.v6i1.2186
Rachman, A., Sukrawan, Y., & Rohendi, D. (2019). Penerapan model Blended Learning dalam peningkatan hasil belajar menggambar objek 2 dimensi. Journal of Mechanical Engineering Education, 6(2), 145-152. https://doi.org/10.17509/jmee.v6i2.21784
Rahmat, R., & Irfan, D. (2019). Rancang Bangun Media Pembelajaran Interaktif Komputer dan Jaringan Dasar Di SMK. Voteteknika (Vocational Teknik Elektronika Dan Informatika), 7(1), 48–53. https://doi.org/10.24036/voteteknika.v7i1.103642
Retnawati, H. (2016). Analisis Kuantitatif Instrumen Penelitian. Yogyakarta: Parama Publishing.
Rohma, S., Subandowo, M., & Atiqoh, A. (2022). Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Web Model ADDIE untuk Mata Pelajaran Desain Grafis Percetakan. Muaddib: Studi Kependidikan dan Keislaman, 12(1), 100-110.
Rohmah, N. (2021). Media pembelajaran masa kini: aplikasi pembuatan dan kegunaannya. Awwaliyah: Jurnal pendidikan guru madrasah ibtidaiyah, 4(2), 176-181. https://doi.org/10.24036/voteteknika.v7i1.103642
Rosana, D., & Setyawarno, D. (2017). Statistika Terapan Untuk Penelitian Pendidikan. Yogyakarta: UNY Press
Saputra, H. N., & Salim, S. (2020). Potret sikap mahasiswa dalam penggunaan literasi digital. Jurnal Komunikasi Pendidikan, 4(2), 94-101. https://doi.org/10.32585/jkp.v4i2.667
Sari, L. Y., & Susanti, D. (2016). Uji efektivitas media pembelajaran interaktif berorientasi konstruktivisme pada materi neurulasi untuk perkuliahan perkembangan hewan. Jurnal BioCONCETTA, 2(1), 158-164. http://dx.doi.org/10.22202/bc.2016.v2i1.1806
Sugihartini, N., & Yudiana, K. (2018). ADDIE sebagai model pengembangan media instruksional edukatif (MIE) mata kuliah kurikulum dan pengajaran. Jurnal Pendidikan Teknologi Dan Kejuruan, 15(2). https://doi.org/10.23887/jptk-undiksha.v15i2.14892
Susanto, A. (2015). Teori Belajar dan Pembelajaran di Sekolah Dasar. Jakarta: Kencana Prenada Media Grup.
Suyanto, E., & Sartinem S. (2009). Pengembangan Contoh Lembar Kerja Fisika Peserta Didik dengan Latar Penuntasan Bekal Awal Ajar Tugas Studi Pustaka dan Kemampuan Proses untuk SMA Negeri 3 Bandar Lampung. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Tahun 2009. Bandar Lampung: Unila.
Wulandari, T. A. J., Sibuea, A. M., & Siagian, S. (2019). Pengembangan media pembelajaran berbasis multimedia interaktif pada mata pelajaran biologi. Jurnal Teknologi Informasi & Komunikasi Dalam Pendidikan, 5(1), 75-86. https://doi.org/10.24114/jtikp.v5i1.12524
Yanto, D. T. P. (2019). Praktikalitas media pembelajaran interaktif pada proses pembelajaran rangkaian listrik. INVOTEK: Jurnal Inovasi Vokasional dan Teknologi, 19(1), 75-82. https://doi.org/10.24036/invotek.v19i1.409
Yuddin, Z., & Musfikar, R. (2020). Analisis Efektifitas Video Live Streaming Sebagai Pembelajaran Berbasis Multimedia Pada SMK Negeri 2 Lhokseumawe. Journal of Informatics and Computer Science, 6(1), 33-37. https://doi.org/10.33143/jics.Vol6.Iss1.802
Zahir, A. (2020). Pengembangan Media Pembelajaran Live Streaming Pengetahuan Komputer Berbasis Website. d'ComPutarE: Jurnal Ilmiah Information Technology, 9(2), 1-7.
Copyright (c) 2024 JCAE (Journal of Chemistry And Education)
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International License.