The VALIDITAS PERANGKAT MODEL SCIENTIFIC CRITICAL THINKING MATERI LARUTAN ELEKTROLIT DAN NONELEKTROLIT UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH DAN SELF EFFICACY PESERTA DIDIK
Abstract
Salah satu permasalahan pembelajaran kimia yaitu peserta didik cenderung kesulitan menganalisis fakta dan konsep, serta hanya menerima pembelajaran tanpa adanya timbal balik dikarenakan pendidik menggunakan metode konvensional sehingga proses pembelajaran kurang menyenangkan. Penelitian ini bertujuan menghasilkan perangkat pembelajaran serta mengetahui hasil uji coba terbatas pada pembelajaran menggunakan model Scientific Critical Thinking terhadap materi larutan elektrolit dan nonelektrolit. Penelitian ini mengacu pada model Thianarajan yang dikenal dengan model 4-D dan dimodifikasi menjadi 3-D dengan tahap define, design, dan develop, karena penelitian ini dilakukan hanya untuk menghasilkan produk prototype serta keterbatasan waktu penelitian sehingga tahap keempat yaitu penyebaran atau disseminate tidak digunakan. Perangkat instrumen yang dikembangkan terdiri atas silabus, RPP, LKPD, soal tes kemampuan pemecahan masalah, angket self-efficacy, angket respon peserta didik dan modul ajar. Pengumpulan data menggunakan teknis tes dan nontes yang dianalisis menggunakan analisis deskriptif. Hasil penelitian menunjukan bahwa rata-rata validasi perangkat instrumen berdasarkan skala Aiken’s V berturut-turut ialah (0,83) (0,87), (0,86), (0,84), (0,845), (0.875), (0.86). Hasil uji coba terbatas peserta didik menunjukan rata-rata hasil pre-test dan post-test kemampuan pemecahan masalah ialah 48,78 (cukup kritis) dan 83,53 (sangat kritis), rata-rata pre-test dan post-test self-efficacy ialah 44,689 (tidak baik) dan 82,178 (baik), dan rata-rata respon peserta didik ialah 42,067 (sangat setuju).
References
Carole, W. &. (2007). Psikologi Jilid 2. Jakarta: Erlangga.
Hartini, E. M. (2017). Meningkatkan Keterampilan Proses Sains dan Hasil Belajar Melalui Model Problem Solving dengan Pendekatan Saintifik pada Materi Hidrolisis Garam. Journal of Chemistry and Education, 1, 47-45.
Izzati, S. (2015). Penerapan Model Pembelajaran SiMaYang Tipe II berbasis Multimedia Representasi dalam Meningkatkan Efikasi Diri dan Penguasaan Konsep Asam Basa. Skripsi.
Mulyasa, E. (2006). Memjadi Guru Profesional: Menciptakan Pembelajaran Kreatid dan Menyenangkan . Bandung: Remaja Rosdakarya.
Nurkhozin, M., & Mulyanti, S. (2021). Kimia Fundamental Berbasis Keterampilan Abad 21 Kelas X. Bandung: Yrama Media.
Norsaodah, D. N. (2022). Kemampuan Pemahaman Masalah Melalui Scaffolding Berdasarkan Motivasi Belajar Siswa. Jurnal Nasional Pendidikan Matematika, 6, 262-275.
Pritchard, A., & Woollard, J. (2010). Psychology for the Classroom: Constructivism and Social Learning. New York: Routledge.
Rahmawati, D. N. (2014). Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tie Number Head Together Berbasis Eksperimen untuk Meningkatkan Proses Sains Siswa SMP. Unnes Physic Education Journal, 1, 40-46.
Rusmansyah, H. N. (2021). Train Student's Science Process Skills and Self-Efficacy in Online Learnig Using the Scientific Critical Thinking (SCT) Model assisted by Google Classroom and google meet. Journal of Phisics: Conference Series, 1-8.
Rusmansyah, W. L. (2020). Melatih Kemampuan Berpikir Kritis, Keterampilan Komunikasi, dan Self Efficacy Siswa Menggunakan Model Scientific Critical Thinking (SCT). Paedagoria: Jurnal Kajian, Penelitian dan Pengembangan Kependidikan, 11, 93-98.
Rusmansyah, Yuanita, L., Ibrahim, M., & Isnawati. (2018a). Improving Critical Thinking Skills and Self Efficacy Through Scientific Critical THonking Model. Advances in Social Science volume. Education and Humanities Research, 274.
Rusmansyah, Yunita, L., Ibrahim, M., Isnawati, & Prahani, B. K. (2019). Innovative Chemistry Learning Model: Improving Critical Thinking Skills and Self Efficacy of Pra-service Chemistry Teachers. Journal of Technology and Science Education, 9(1), 59-76.
Rusmansyah, Yuanita, L., Ibrahim, M., Muna, K., & Isnawati. (2018b) Keterlaksanaan Model Pembelajaran Scientific Critical THinking (SCT) untuk Melatihkan Keterampilan Berpikir Kritis dan Self Efficacy Mahasiswa Calon Guru Kimia Pada Materi Koloid. QUANTUM: Jurnal Inovasi Pendidikan Sains, 9(2), 121-132.
Sohibun, & Yolanda, R. (2019). Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Virtual Laboratory Menggunakan Pendekatan Mini Laboratory Untuk Meningkatkan Kemandirian Belajar dan Kemampuan Pedagogik Calon Guru Pada Mata Kuliah Eksperimen dan Media Pembelajaran Fisika. Gravity: Jurnal Ilmiah Penelitian dan Pembelajaran Fisika, 5(1), 13-24.
Yusuf, M. (2016). Metode Penelitian: Kuantitatif, Kualitatif dan Penelitian Gabungan. Jakarta: Prenada Media Group.
Copyright (c) 2024 JCAE (Journal of Chemistry And Education)
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International License.