MENINGKATKAN HASIL BELAJAR DAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS PESERTA DIDIK MENGGUNAKAN MODEL STUDENT TEAMS ACHIEVEMENT DIVISION (STAD) PADA MATERI KOLOID
Abstract
Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (PTK) bertujuan untuk mengetahui peningkatan hasil belajar dan kemampuan berpikir kritis setelah diterapkannya pembelajaran dengan menggunakan model pembelajaran Students Teams Achievement Division (STAD) pada materi koloid. Tiap siklus terdiri atas perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Subjek penelitian adalah 33 peserta didik kelas XI MIPA 1 SMAN 10 Banjarmasin. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu wawancara, observasi, tes, dan dokumentasi. Data yang terkumpul kemudian dianalisis dengan teknik analisis kualitatif dan kuantitatif. Data kualitatif meliputi tahap pengumpulan data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Untuk data kuantitatif menggunakan analisis statistik deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan tes hasil belajar peserta didik pada siklus I adalah 64,24 dan tergolong rendah dan terjadi peningkatan pada siklus II adalah 97,56 kategori sangat tinggi. Tes kemampuan berpikir kritis pada siklus I adalah 70 kategori tinggi dan terjadi peningkatan pada siklus II adalah 80 kategori sangat tinggi, hasil observasi kemampuan berpikir kritis pada siklus I adalah 9,58 kategori cukup baik dan terjadi peningkatan pada siklus II menjadi 15,05 kategori sangat baik. Respon peserta didik juga menunjukkan kategori setuju, dengan demikian model pembelajaran STAD dapat membantu pembelajaran dan meningkatkan hasil belajar dan kemampuan berpikir kritis peserta didik.
References
Nurjannah, & Kistian, A. (2020). Analisis Penerapan Kurikulum 2013 Terhadap Belajar Peserta Didik Kelas IV di SD Negeri Suak Timah Kecamatan Samatiga Kabupaten Aceh Barat. Jurnal Bina Gogik, 7(1), 79-89. https://garuda.kemdikbud.go.id/documents/detail/1663410
Purwanti, S., & Putri, R. Z. (2021). Pengembangan Modul Berbasis HOTS pada Tema 6 Materi Membandingkan Siklus Makhluk Hidup Kelas IV Sekolah Dasar. Elementary School Journal, 8(1), 155-160. https://jurnalfaktarbiyah.iainkediri.ac.id/index.php/sittah/article/view/422
Ratman, Nurafni, Mustapa, K., Jura, M. R., Nurida, & Nurasiah. (2022). Identification of Student Misconception using a Three-tie Diagnostic Test on Colloid. Jurnal Akademika Kimia, 11(2), 129-133. https://jurnal.fkip.untad.ac.id/index.php/jak/article/view/656
Wiryanto, Ainurrohmah, I., & Yasin, F. N. (2021). Keterlaksanaan Kurikulum 2013 untuk Melatih Kemampuan Berpikir Kritis Peserta Didik pada Masa Pembelajaran Online Pandemi Covid-19. Jurnal Kajian Pendidikan dan Hasil Pendidikan, 7(3), 186-193. https://journal.unesa.ac.id/index.php/PD/article/view/16370
Copyright (c) 2023 JCAE (Journal of Chemistry And Education)
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International License.