IMPLEMENTASI MODEL SCIENTIFIC CRITICAL THINKING (SCT) MELALUI PEMBELAJARAN DARING UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN BERPIKIR KRITIS DAN SELF REGULATION PESERTA DIDIK PADA MATERI HIDROLISIS GARAM
Abstract
Telah dilakukan penelitian tentang implementasi model SCT melalui pembelajaran daring terhadap keterampilan berpikir kritis dan self regulation peserta didik SMAN 4 Banjarmasin. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui (1) perbedaan keterampilan berpikir kritis peserta didik, (2) perbedaan self-regulation peserta didik setelah mengikuti pembelajaran menggunakan model SCT dengan model pembelajaran konvensional dalam pembelajaran daring pada materi hidrolisis garam. Metode dalam penelitian ini adalah quasi experiment dengan desain penelitian non equivalent control group design. Sampel penelitian ini adalah peserta didik kelas XI MIPA 4 sebagai kelas eksperimen dan kelas XI MIPA 3 sebagai kelas kontrol di SMAN 4 Banjarmasin. Variabel bebas adalah model pembelajaran, sedangkan variabel terikat adalah keterampilan berpikir kritis dan self-regulation. Pengumpulan data menggunakan teknik test dan non-test. Teknik analisis data menggunakan analisis deskriptif dan inferensial menggunakan uji-t. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) terdapat perbedaan keterampilan berpikir kritis peserta didik antara kelas eksperimen dan kontrol (2) terdapat perbedaan self-regulation peserta didik antara kelas ekperimen dan kelas kontrol. Kelas eksperimen dengan penerapan model pembelajaran SCT lebih baik dibanding kelas kontrol dengan penerapan model pembelajaran kovensional untuk meningkatkan keterampilan berpikir kritis dan self-regulation peserta didik pada materi hidrolisis garam.
References
Handayani, O. I., & Wulandari, S. S. (2020). Pembelajaran Daring Sebagai Upaya Study Form Home (SFH) Selama Pandemi Covid-19. Jurnal Pendidikan Administrasi Perkantoran (JPAP), 8(3), 496-503.
Kasih, A., & Winarti, A. (2020). Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis dan Hasil Belajar Menggunakan Pendekatan Problem Posing Berorientasi HOTS (High Order Thinking Skill) pada Materi Hidrolisis Garam. Journal of Chemistry And Education, 4(1), 34-45.
Muttaqin, A., & Sopandi, W. (2016). Hubungan Antara Membaca Kritis dalam Pembelajaran Penemuan dan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa. Jurnal Ilmu Pendidikan dan Pengajaran, 8(1), 116-125.
Prasetyowati, E. N., & Suyanto. (2016). Peningkatan Penguasaan Konsep dan Keterampilan Berpikir Kritis Siswa Melalui Implementasi Model Pembelajaran Inkuiri pada Materi Pokok Larutan Penyangga. Jurnal Kimia dan Pendidikan Kimia, 5(7), 1-11.
Ramadhania, D. Y., Hairida, & Rasmawan, R. (2016). Keterampilan Berpikir Kritis Siswa Menggunakan Model Pembelajaran Inkuiri Terbimbing pada Materi Indikator Asam Basa. Journal of Advanced Academica (JAA), 5(7), 1-11.
Ramdass, D., & Zimmerman, B. J. (2011). Developing Self-Regulation Skills: The Important Role of Homework. Journal of Advanced Academica (JAA), 22(2), 194-218.
Rozali, Y. A. (2014). Hubungan Self-Regulation dengan Self Determination (Studi pada Mahasiswa Aktif Semester Genap 2013/2014, IPK <2,75, Fakultas Psikologi, Universitas X, Jakarta). Journal Psikologi, 12(2), 61-66.
Rusmansyah, Ibrahim, M., Yuanita, L., Muna, K., & Isnawati. (2018). Keterlaksanaan Model Pembelajaran Scientific Critical Thinking (SCT) untuk Melatih Keterampilan Berpikir Kritis dan Self Efficacy Mahasiswa Calon Guru Kimia pada Materi Koloid. Jurnal Inovasi Pendidikan Sains, 9(2), 121-132.
Rusmansyah, Wahyuni, L., Syahmani, & Juwita, H. (2020). Melatih Kemampuan Berpikir Kritis, Keterampilan Komunikasi dan Self Efficacy Siswa Menggunakan Model Scientific Critical Thinking (SCT). Peadegoria: Jurnal Kajian, Penelitian dan Pengembangan Kependidikan, 11(2), 93-98.
Rusmansyah, Yuanita, L., Ibrahim, M., Isnawati, & Prahani, B. K. (2019). Innovative Chemistry Learning Model: Improving Critical Thinking Skills and Self Efficacy of Pre-service Chemistry Teachers. Journal of Technology and Science Education, 9(1), 59-76.
Setiana, D. S., & Purwoko, R. Y. (2020). Analisis Kemampuan Berpikir Kritis Ditinjau daro Gaya Belajar Matematika Siswa. Journal Riset Pendidikan Kimia, 7(2), 163-177.
Sudarman. (2007). Problem Based Learning: Suatu Model Pembelajaran untuk Mengembangkan dan Meningkatkan Kemampuan Memecahkan Masalah. Jurnal Pendidikan Inovatif, 16(3), 2-7.
Sudjana. (2005). Metode Statistika. Bandung: Tarsino.
Sugiyono. (2015). Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: Alfabeta.
Widyaningsih, S., & Irfan, Y. (2018). Project Based Learning Model Based on Simple Teaching Tools and Critical Thinking Skills. Physics Education Journal, 1(1), 12-21.
Yasdar, M., & Muliyadi. (2018). Penerapan Teknik Regulasi Diri (Self regulation) untuk Meningkatkan Kemandirian Belajar Mahasiswa Program Studi Bimbingan Konseling STKIP Muhammadiyah Enfekang. EDUMASPUL, 2(2), 50-60.
Copyright (c) 2023 JCAE (Journal of Chemistry And Education)
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International License.