PENGEMBANGAN E-MODUL PEMBELAJARAN KIMIA ASAM-BASA BERBASIS MODEL PROBLEM BASED LEARNING (PBL) BERKONTEKS LAHAN BASAH UNTUK MENINGKATKAN LITERASI SAINS
Abstract
Abstrak. Pengembangan e-modul kimia asam basa berbasis model Problem based learning (PBL) berkonteks lahan basah ini dilakukan untuk meningkatkan keterampilan literasi sains siswa di SMA PGRI 6 Banjarmasin. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis kevalidan, kepraktisan, dan keefektifan dari e-modul yang dikembangkan. Desain pengembangan pada penelitian ini menggunakan desain R&D dengan model 4D (Defind, Design, Develop, Desseminate). Subjek penelitian ini adalah siswa kelas XI MIPA 1 SMA PGRI 6 Banjarmasin sebanyak 22 orang siswa pada uji coba perorangan, uji coba kelompok kecil dan uji coba keseluruhan. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui angket dan tes. Teknik analisis data menggunakan teknik persentase yang mana hasil analisis validitas menunjukkan e-modul yang dikembangkan sangat valid dengan skor 97,91%. Hasil analisis kepraktisan pada uji coba perorangan, uji coba kelompok kecil, dan uji coba terbatas menujukkan e-modul yang dikembangkan sangat praktis dengan skor 3,75. Pada analisis keefektifan uji coba terbatas menunjukkan e-modul yang dikembangkan efektif dengan N-gain dikategori tinggi dengan skor rata-rata 0,73. Hasil analisis penelitian ini menunjukkan bahwa e-modul pembelajaran kimia asam basa bebasis model Problem Based Lerarning (PBL) layak digunakan sebagai bahan ajar dalam pembelajaran.
Kata kunci : E-modul, Problem Based Learning, literasi sains, lahan basah, asam basa.
References
Akbar, S. (2013). Instrumen Perangkat Pembelajaran. Bandung: Rosdakarya.
Arikunto, S. (2013). Prosedur Penelitian: Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta.
Cohen, R. J., & Swerdlik. (2010). Psychology Testing and Assessment: An Introduction to Test and Measurement. New York: McGraw-Hill.
Darmayasa, I. K., Jampel, I. N., & Simamora, A. H. (2018). Pengembangan Emodul IPA Berorientasi Pendidikan Karakter di SMP Negeri 1 Singaraja. Jurnal Jurusan Teknologi Pendidikan, 51-62.
Denti, N. E. (2022). Analisis Bibliometrik. (Doctoral Dissertation, UIN Raden Intan Lampung).
Dwiyanti, I., Supriatna, A. R., & Marini, A. (2021). Studi Fenomenologi Penggunaan E-Modul Dalam Pembelajaran Daring Muatan Ipa Di Sd Muhammadiyah 5 Jakarta. . Pendas : Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar,74–88.
Febriana, F.D., Dan Norida Canda Sakti, Pengembangan E-Modul Berbasis Kontekstual Sebagai Pendukung Pembelajaran Jarak Jauh Kelas X IPS, Jurnal PROFIT, 2021, 8 (1): 47-58
Feriyanti, N., Sholeh Hidayat, dan Luluk Asmawati, Pengembangan e-Modul Matematika Untuk Siswa SD, Jurnal Teknologi Pendidikan dan Pembelajaran, 2019, 6(1): 1-12.
Kemendikbud. (2013). Standar Proses Pendidikan Dasar dan Menengah. Jakarta: Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan.
Maltby, E. (1986). Waterlogged wealth. London: Earthscan.
Notohadiprawiro, T. (1999). Lingkungan Kalimantan Peluang dan Kendala Bagi Pengelolaannya. . Jurnal Manusia dan Lingkungan, 17.
Nur, M., Winarti, A., & Iriani R. (2022). Pengembangan E-Lkpd Interaktifberbantuan Linktree Pada Materi Koloid Dengan Model Contextual Teachingand Learning Untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Dan Kemampuan Berpikirkritis Peserta Didik. JCAE (Journal of Chemistry And Education), 6(1), 1-12.
Priyanthi, K. A. (2017). Pengembangan E-modul Berbantuan Simulasi Berorientasi Pemecahan Masalah Pada Mata Pelajaran Komunikasi Data (Studi Kasus Siswa Kelas XI TKJ SMK Negeri 3 Singaraja. Jurnal Karmapati, 5-7
Rohida, L. (2018). Pengaruh Era Revolusi industri 4.0 terhadap kompetensi sumber daya manusia. Jurnal Manajemen Bisnis Indonesia, 5-7.
Romayanti, C., Sundaryono, A., & Handayani, D. (2020). Pengembangan E-Modul Kimia Berbasis Kemampuan Berpikir Kreatif Dengan Menggunakan Kvisoft Flipbook Maker. ALOTROP, 4(1), 51–58.
Riduan, M., Kusasi, M., & Almubarak, A. (2021). Pengembangan E-Modul Berbasis Model Scientific Critical Thinking (Sct) Untuk Meningatkan Literasi Sains Dan Hasil Belajar Peserta Didik Pada Materi Larutan Penyangga. JCAE (Journal of Chemistry And Education), 5(2), 44-56.
Shofiyah, F. (2018). Model Problem Based Learning (PBL) dalam Melatih Scientific Reasoning Siswa. Jurnal Penelitian Pendidikan IPA,, 33-38.
Serevina, & Dkk. (2018). Development of E-module Based on Problem Based Learning (PBL) on Heat and Temperature to Improve Student’s Science Process Skill. Journal of Educational Technology, 26–36.
Sari, W., Jufrida, & Pathoni, H. (2017). Pengembangan Modul Elektronik Berbasis 3D Pageflip Professional pada Materi Konsep Dasar Fisika Inti dan Struktur Inti Mata Kuliah Fisika Atom dan Inti. Jurnal Pendidikan Fisika, 1-10.
Satriawati, & Helena. (2015). Pengembangan EModul Interaktif sebagai Sumber Belajar Elektronika Dasar Kelas X SMKN 3 Yogyakarta. E-journal Universitas Negeri Yogyakarta, 188-196.
Syukra , H., Andromeda, Pengembangan E-Modul Kesetimbangan Kimia Berbasis Inkuiri Terbimbing Terintegrasi Virtual Laboratory Untuk SMA/MA, Ranah Research: Journal Of Multidisciplinary Research And Development , 2019, 1(4): 877-886.
Thiagrajan, S., Semmel, M. I., & Semmel, D. S. (1974). Instructional Development for Training Teachers of Exceptional Children: A Sourcebook. Indiana: Indiana University.
Ulya, H., Rudibyani, R., & Efkar, T. (2018). Pengembangan Modul Kimia Berbasis Problem Solving Pada Materi Asam Basa Arrhenius. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Kimia, 129-141.
Wati, M., Misbah, M., Haryandi, S., & Dewantara, D. (2020). The effectiveness of local wisdom-based static fluid modules in the wetlands environment. Physics Education Journal, 102-108.
Copyright (c) 2024 JCAE (Journal of Chemistry And Education)
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International License.